Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p42-59Keywords:
supervisi, kolaboratif, kinerja guruAbstract
Salah satu peranan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru, dapat dilakukan dengan pelaksanaan supervisi. Pendekatan kolaboratif, dimana kepala sekolah sebagai supervisor bersama dengan guru bersepakat untuk menetapkan struktur, proses, dan kriteria untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh guru. Penerapan kemampuan kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi kolaboratif secara periodik dapat meningkatkan kinerja guru dalam: 1) mengembangkan perangkat pembelajaran, 2) melaksanakan pembelajaran, 3) melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik, 4) melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian. Melalui supervisi edukatif kolaboratif yang dilakukan secara periodik untuk meningkatkan kinerja guru, turut meningkatkan kualitas pembelajaran yang berpengaruh pada hasil belajar peserta didik yang juga meningkat, dan terjalin hubungan yang kooperatif dan kolegial antara kepala sekolah dan guru pada satuan pendidikan yang dipimpin.References
Depdikbud. 1985. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.
Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-undang Nomor Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Panduan Supervisi Akademik. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 tentang Guru dan Dosen. 2005. Jakarta: Deputi Mensesneg Bidang Perundang-undangan.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 tentang tentang Guru. 2008. Jakarta: Sekretariat Negara RI.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Jakarta.
Peraturan Dirjen Dikdasmen Nomor 506/C/PP/2004 tentang Penilaian Perkembangan Anak Didik. 2004. Jakarta: Depdiknas.
Abin Syamsuddin Makmun. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.

