Manajemen Program Kelas Khusus Olahraga

Authors

  • Ika Zahrotul Maulida

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n1.p60-70

Keywords:

manajemen, pembinaan, program kelas khusus olahraga

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan  mengenai manajemen program  kelas khusus olahraga di SMP Negeri 3 Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian di lapangan dapat dijelaskan sebagai berikut, 1) Perencanaan yang meliputi penentuan tujuan, sasaran dan rencana anggaran. Pengorganisasian melibatkan beberapa komponen sekolah. Pelaksanaan berjalan sesuai dengan perencanaan. Pengawasan dilakukan dengan melihat laporan dari pelatih terkait kehadiran siswa dan perkembangan dari siswa sekaligus perkembangan proses latihannya, serta membuat laporan kepada pemerintah. 2) Sistem pembinaannya yaitu siswa tetap mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas dan di wajibkan mengikuti latihan pada cabang olahraga yang di tekuni minimal 10 jam setiap minggu. Pembinaan latihan sepakbola dan atletik sesuai dengan program latihan yang di buat, proses latihan menggunakan fasilitas penunjang yang disediakan oleh sekolah dan menggunakan fasilitas milik pemerintah daerah setempat. Layanan khusus yang diberikan yaitu siswa tidak di wajibkan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan mendapatkan layanan khusus dari BK. 3) Dampak dari pogram yaitu dapat mengangkatnya citra sekoah, meningkatkan motivasi siswa, meningkatnya prestasi dalam bidang olahraga terutama pada cabang olahraga atletik.

References

<p>Ahmad, F. 2016. Athlete Perceptions of Coaching Effectiveness and Athlete Level Outcomes in           Team and Individual Sports: A Cross-Cultural Investigation. Human Kinetics Journals. Vol.     32. No. 3. (Diakses pada 7 November 2018)</p><p>Arikunto, S. 2000. Manajemen Kurikulum. Yogyakarta: FIP UNY.</p><p>Meester, D., et al. 2014. Extracurricular school-based sports as a motivating vehicle for sports participation in youth: a cross-sectional study. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity. Vol. 11. No. 48. (Diakses pada 28 Oktober 2018)</p><p>Huda, K., dkk. 2017. Manajemen Kelas Bakat Istimewa    Olahraga (BIO) di SMP Eks Karesidenan      Surakarta. Pendidikan Olahraga Pascasarjana UM. (Diakses pada 21 Oktober 2018)</p><p>Kemendiknas. 2018. Petunjuk Pelaksanaan Pengelolaan Program Kelas Olahraga.</p><p>Mulatu, M., dan Bezabih, W. 2018. Perceptions and practices of   EFL teachers in implementing active learning in English classes: the case of three selected secondary schools in     Dawro zone, SNNPRS, Ethiopia. International Journal of Education. Vol. 10, No. 2. (Diakses pada 28 Oktober 2018)</p><p>Pahlevi, R., dkk. 2016. Manajemen Sarana dan Prasarana Untuk            Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 25. No. 1. (Diakses pada 7 November 2018)</p><p>Rahayu, R. T. 2013. Pembinaan Kelas Khusus Bakat        Istimewa Olahraga (BIO) di SMA Negeri 4            Yogyakarta. Hanata Widya. Vol. 2. No. 6. (Diakses pada 23 Oktober 2018)</p><p>Ramadaniawan, N. N., Sugiyanto, S. 2018. Anthropometrics and physical fitness factors as determinants of futsal dribbling           and passing skills of    extracurricular students aged 12-15 years. International Journal of Education, Vol. 10. No. 2. (Diakses pada 27 Oktober 2018)</p><p>Rohman, M. dan Amri, S. 2012. Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.</p><p>Sajoto. 1995. Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisisk dalam Olahraga. Bandung: Dahara Prize.</p><p>Soetjipto dan Kosasi, R. 2004. Profesi Keguruan. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.</p><p>Sudjana, N. 2004. Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production.</p><p>Suryosubroto, B. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.</p><p>Handayani, T. 2017. Evaluasi Program Kelas Khusus Olahrga di  SMA Negeri 1 Seyegan. Jurnal Hanata Widya.<em> </em>Vol. 6. No.       4. (Diakses pada 21 Oktober 2018)</p><p>Utami, W. F. 2014. Analisis Pembinaan Atlet Kelas Remaja Cabang Olahraga Pencak Silat di Kelas Olahraga SMP Negeri 1 Suboh Kabupaten Situbondo. Jurnal Kesehatan Olahraga.<em> </em>Vol. 2. No. 1. (Diakses pada 26 Oktober 2018)</p><p>Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945</p><p>Undang-Undang Nomor  20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional</p><p>Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem   Keolahragaan Nasional</p><p>Winarno. 1990. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar       Mengajar. Jakarta: Widya Duta.</p>

Downloads

Published

2019-10-01

How to Cite

Maulida, I. Z. (2019). Manajemen Program Kelas Khusus Olahraga. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 2(1), 60–70. https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n1.p60-70
Abstract views: 814 , PDF Downloads: 1030