Manajemen Program Kelas Khusus Olahraga
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n1.p60-70Keywords:
manajemen, pembinaan, program kelas khusus olahragaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan mengenai manajemen program kelas khusus olahraga di SMP Negeri 3 Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian di lapangan dapat dijelaskan sebagai berikut, 1) Perencanaan yang meliputi penentuan tujuan, sasaran dan rencana anggaran. Pengorganisasian melibatkan beberapa komponen sekolah. Pelaksanaan berjalan sesuai dengan perencanaan. Pengawasan dilakukan dengan melihat laporan dari pelatih terkait kehadiran siswa dan perkembangan dari siswa sekaligus perkembangan proses latihannya, serta membuat laporan kepada pemerintah. 2) Sistem pembinaannya yaitu siswa tetap mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas dan di wajibkan mengikuti latihan pada cabang olahraga yang di tekuni minimal 10 jam setiap minggu. Pembinaan latihan sepakbola dan atletik sesuai dengan program latihan yang di buat, proses latihan menggunakan fasilitas penunjang yang disediakan oleh sekolah dan menggunakan fasilitas milik pemerintah daerah setempat. Layanan khusus yang diberikan yaitu siswa tidak di wajibkan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan mendapatkan layanan khusus dari BK. 3) Dampak dari pogram yaitu dapat mengangkatnya citra sekoah, meningkatkan motivasi siswa, meningkatnya prestasi dalam bidang olahraga terutama pada cabang olahraga atletik.
References
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.

