Pengembangan Pembelajaran Daring Mata Kuliah Manajemen Peserta Didik Dalam Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Karwanto Karwanto Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya
  • Aditya Chandra Setiawan Universitas Negeri Surabaya
  • Adinda Rahma Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Dewi Laras Iswahyuni Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n2.p130-138

Keywords:

Pengembangan, Pembelajaran, Daring, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran daring pada mata kuliah Manajemen Peserta Didik di Angkatan 2019 (Kelas A dan B) melalui platform Google Classroom dan pengembangan bahan ajar mahasiswa untuk membantu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi perkuliahan Manajemen Peserta Didik. Hal ini sangat penting karena dengan menggunakan platform Google Classroom dan didukung dengan bahan ajar dapat memudahkan mahasiswa dalam belajar dan diskusi meskipun tidak tatap muka secara langsung. Metode yang digunakan adalah ADD (Analysis, Design, Development) bahan ajar mahasiswa dan pemanfaatan platform Google Classroom untuk pembelajaran daring.

Author Biography

Karwanto Karwanto, Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya

References

<p>Gok, T. (2016). The Effects of Social Networking Sites on Students Studying and Habits. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 8593.</p><p>Gorder, L. (2008). A Study of Teacher Perceptions of Instructional Technology Integration in the Classroom. The Delta Pi Epsilon Journal Spring/Summer, L(2), 6376.</p><p>Morrison, G. R. (2010). Designing Effective Instruction (6th ed.). New York: John Wiley &amp; Sons Inc.</p><p>Mourlam, D. (2014). Social Media and Education: Perception and Need for Support. I-Managers Journal on School Educational Technology, 9(3), 2328.</p><p>Sacks, M. A., &amp; Graves, N. (2012). How Many œFriends Do You Need? Teaching Students How to Network Using Social Media. Business Communication Quarterly, 75(1), 8088. https://doi.org/10.1177/1080569911433326</p><p>Setiawan, A. C. (2015). Persepsi dan Sikap Peserta Didik tentang Media Jejaring Sosial dalam Pemanfaatannya untuk Belajar di SLTA Kota Malang. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(5), 408.</p><p>Setiawan, A. C. (2017). Persepsi dan Sikap Guru Tentang Pendayagunaan Media Jejaring Sosial dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 714718.</p><p>Sonhadji, A. (2013). Manusia, Teknologi, dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.</p><p>Warner, A., Eames, C., &amp; Irving, R. (2014). Using Social Media to Reinforce Environmental Learning and Action-Taking for School Students. International Electronic Journal of Environmental Education, 4(2), 8396.</p><p>WHO. (2020). Coronavirus. Retrieved from World Health Organizatiom website: https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1</p><p>Wikipedia. (2020). Google Kelas. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Kelas</p><p>Yeo, M. M. . (2014). Social Media and Social Networking Applications for Teaching and Learning. European Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 5362.</p>

Downloads

Published

2022-07-11

How to Cite

Karwanto, K., Trihantoyo, S., Setiawan, A. C., Putri, A. R., & Iswahyuni, D. L. (2022). Pengembangan Pembelajaran Daring Mata Kuliah Manajemen Peserta Didik Dalam Masa Pandemi Covid-19. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(2), 130–138. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n2.p130-138
Abstract views: 317 , PDF Downloads: 361