Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Amalia Ratna Zakiah Wati Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p46-57

Keywords:

strategi pengelolaan kelas, prestasi belajar, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis data tentang Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, dan Solusi dari hambatan yang terjadi dalam Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMPN 1 Turi Lamongan. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas data yang meliputi triangulasi dan membercheck. Selanjutnya dilakukan Uji transferabilitas dan Uji dependabilitas. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, kondensasi data, menyajikan data, serta verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian Strategi pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar, maka diperlukan sebuah adanya strategi. SMPN 1 Turi Lamongan memiliki beberapa strategi untuk pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu Membangun Kerjasama dengan Siswa dalam Pembelajaran, Menciptakan Iklim Pembelajaran yang Kondusif, Evaluasi Proses Belajar Mengajar. Dalam strategi pengelolaan kelas ada faktor yang mendukung antara lain: faktor kurikulum, sarana, guru, siswa,keluarga. Dalam strategi pengelolaan kelas akan ditemui berbagai faktor penghambat. Hambatan tersebut bisa datang dari guru sendiri, dari peserta didik, lingkungan keluarga ataupun karena faktor fasilitas. Solusi dalam mengatasi hambatan strategi pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah dengan cara memaksimalkan programnya,dan apabila ada faktor penghambat dari keluarga maka siswa perlu dibimbing dari keluarga, dan diperlukan kesadaran yang tinggi dari siswa akan hak dan kewajibannya.

References

<p>Akdon. (2007). <em>Strategic Management for Educational Management</em> <em>(Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan)</em>. Bandung : Alfabeta.     </p><p>Creswell, John, W. (2009). <em>Research Design Pendekatan Penelitian Kualitatif</em>. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Penterjemah Achmad Fawaid.</p><p>Dalyono, M. (2009). <em>Psikologi Pendidikan</em>. Jakarta : PT. Rineka Cipta.</p><p>Evertson, C. M. &amp; Weinstein, C. S. (2006). <em>Research, practice, and contem</em><a href="file:///E:/UNESA/JDMP/Selesai/8.%20Vol%205%20No%201%20September%202020/Siap/REVISI%20JURNAL%20AMALIA%20RATNA%202%20-%20amalia%20wati.docx#_msocom_1">[1]</a> <em>porary issues</em>. Handbook of Classroom Management. Mahwah, NJ : Larence Erlbaum Associates, Inc.</p><p>Gaffar, M.F. (2004). <em>Membangun Kembali Pendidikan Nasional dengan Fokus</em> : <em>Pembaharuan Manajemen Perguruan Tinggi pada Era Globalisasi. </em>Surabaya : Makalah Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia V, 5-9 Oktober 2004.</p><p>Gibson, John M. Ivancevich., dan <em>James</em> H. <em>Donnelly </em>Jr. 2000. <em>Organizations : Behaviour, Structure and Process</em>. New York : Prentice Hall.</p><p>Hatten, K. J. and Hatten, M. L. (1996). Strategic Groups, Asymmetrical Mobility Barriers, and Contestability. <em>Strategic Management Journal</em>. United States of America : Elsevier Inc.<em> </em></p><p>Marzano, R. J. (2003). <em>What Works in Schools. Translating Research into Action</em>. Alexandria, VA : Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD).</p><p>Miles, M.B., Huberman, A.M., dan Saldana, J. (2014). <em>Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook</em>, 3<sup>th</sup> Edition. USA : Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.</p><p>Mulyasa. (2006). <em>Manajemen Berbasis Sekolah</em>. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.</p><p>Nawawi, H. (1989). <em>Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. </em>Jakarta : PT Haji Mas Agung.</p><p>Purwanto, N. (2009). <em>Ilmu Pendidikan Teori dan Praktis</em>. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.</p><p>Robbins, S. P., & Coulter, M. (2010). <em>Manajemen</em>. Edisi Kesepuluh. Jakarta : penerbit Erlangga.</p><p>Silalahi<em>, </em>Arifin. (2006).<em> Program Kelas Unggulan</em>, <a href="http://digilib.unila.ac.id/724/3/BAB%2011.PDF">http://digilib.unila.ac.id/724/3/BAB%2011.PDF</a>, diakses pada Mei 2019.</p><p>Stoner, James, A. F.,  Freeman, & Gilbert. (2000). <em>Manajemen.</em> Alih Bahasa Wilhelmus W. Bakowatun dan Benyamin Molan. Jakarta : Intermedia.</p><p>Sugiyono. (2017). <em>Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods)</em>. Bandung : Alfabeta.</p><p>Supriyono, A. (2009). <em>Penyelenggaraan Kelas Unggulan di SMA Negeri 2 Ngawi.</em>  Tesis. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.</p><p>Surya, M. (2004). <em>Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran</em>. Bandung : Pustaka Bani Quraisy.</p><p>Syaodih, N. S. (2003). <em>Landasan Psikologi Proses Pendidikan</em>. Bandung : Remaja Rosdakarya.</p><p>Terry, G. R. 1997. <em>Principle of Management. </em>New Work : Richard D. Irwin, Inc.</p><p>Yamin, M., & Ansari, B. I. (2009). <em>Teknik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. </em>Jakarta : Gaung Persada Press.</p>Wubbels, T., Brekelmans, M., Van Tartwijk, J., &amp; Admiraal, W. (1999). <em>Interpersonal relationships between teachers and students in the classroom</em>. In H.C. Waxman &amp; H.J. Walberg (Eds.), New directions for teaching practice and research (pp. 151-170). Berkeley, CA : McCutchan.<div><hr align="left" size="1" width="33%" /><div><div><p>

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 46–57. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p46-57
Abstract views: 7383 , PDF Downloads: 9078