Manajemen Layanan Transportasi Bus Sekolah di Kota Surabaya

Authors

  • Nandha Putri Maghfiroh Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p36-45

Keywords:

manajemen layanan khusus, transportasi sekolah

Abstract

Penelitian ini didasari oleh fenomena kemacetan yang terjadi di Surabaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis kecukupan peserta didik pada layanan transportasi bus sekolah, keselamatan peserta didik, serta efisiensi yang diberikan kepada peserta didik yang diberikan oleh pihak Dinas Perhubungan kota Surabaya untuk peserta didik yang menggunakan layanan transportasi bus sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan rancangan yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk pengecekkan keabsahan data dalam penelitian ini yakni menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas,dan konfirmabilitas. Hasil penelitian di Dinas Perhubungan kota Surabaya selaku pengelola layanan bus sekolah menunjukkan (1) kecukupan pada layanan transportasi bus sekolah dapat dilihat melalui kapasitas daya tampung serta fasilitas yang terdapat didalam bus sekolah; (2) keselamatan peserta didik pada layanan transportasi bus sekolah dapat dilihat melalui perawatan terhadap bus sekolah yang dilakukan oleh pihak Dinas Perhubungan kota Surabaya; (3) efisiensi yang akan diperoleh oleh peserta didik yang menggunakan layanan transportasi bus sekolah yang diberikan oleh pihak Dinas Perhubungan kota Surabaya.

References

<p>(<a href="http://dishub.surabaya.go.id/">http://dishub.surabaya.go.id//</a>), diakses pada 11 November 2018. </p><p>Erni, T. S., & Kurniawan, S. 2017. <em>Pengantar Manajemen.</em> Jakarta: Kencana.</p><p>Feriyanto, A., & Endang, S. Triana. 2015. <em>Pengantar Manajemen</em>. Yogyakarta: Media Tera</p><p>Handoko,T. H. 2003. <em>Manajemen. </em>Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.</p><p>Iriyanti, D. R. 2014. <em>Peran Humas dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan di perusahaan daerah air minum (pdam) tirtamarta Yogyakarta: </em>Pendidikan Administrasi Perkantoran. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.</p><p>Kusmintardjo. 1993. <em>Pengelolaan Layanan Khusus di sekolah Jilid II. </em>Malang: Proyek OKF IKIP Malang.</p><p>Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor SK.967/AJ.202/D/RJD/2007 Tentang <em>Teknis Penyelenggaraan Angkutan Sekolah</em></p><p>Polantas Surabaya. 2018. Tentang <em>daerah titik kemacetan yang ada di kota Surabaya</em></p><p>Rosdiana, W. 2016. <em>Evaluasi program bus sekolah di kota Surabaya. </em>Surabaya.</p><p>Sugiyono. 2013. <em>Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&amp;D</em>. Bandung: Alfabeta.</p><p>Suryosubroto, B. 2012. <em>Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat</em>. Jakarta: Rineka Cipta</p><p>Undang-undang RI Nomor 22 tahun 2009 tentang <em>Lalu Lintas dan Angkutan Jalan </em></p><p>Undang-undang RI Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.</p><p>Undang-undang RI Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah</p><p>Warpani, S. P. 2002. Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. </em>Bandung: ITB</p><p>Werang, B. R. 2015. <em>Manajemen Pendidikan di sekolah. </em>Yogyakarta: Media Akademi</p><p>Zainuddin. 2015. <em>Kemacetan surabaya masuk empat besar dunia.</em> Dalam Harian<em> </em>Surya, 6 Februari. Surabaya</p><p>Zulkarnain, W. 2018 <em>Manajemen Layanan Khusus Di Sekolah</em>. Jakarta: PT. Bumi Aksara</p>Zulkarnain, N. 2010. <em>Manajemen Humas Di Lembaga Pendidikan.</em> Malang: UMM Press

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Maghfiroh, N. P. (2020). Manajemen Layanan Transportasi Bus Sekolah di Kota Surabaya. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 36–45. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p36-45
Abstract views: 896 , PDF Downloads: 1737