Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Mata Kuliah Menggambar Bangunan Sipil
DOI:
https://doi.org/10.26740/inajet.v2n2.p57-65Abstract
Media video pembelajaran digunakan untuk mendukung dalam penyampaian materi dalam kegiatan perkuliahan online non tatap muka di masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media berbentuk video pembelajaran pada mata kuliah menggambar bangunan sipil yang digunakan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar mahasiswa dalam menggambar dengan aplikasi Autocad. Model pengembangan media video pembelajaran yang digunakan adalah model pengembangan dari metode 4-D (four D model) diadaptasi dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel (Thiagarajan, 1974) yang telah dimodifikasi dan rancangan ujicoba I dan II menggunakan one group pretest-postest design. Kelayakan
perangkat media video pembelajaran ditelaah atau direview oleh validator. Kelayakan, keefektifan, keterlaksanaan, dan respon terhadap media video pembelajaran diujicobakan pada dosen dan mahasiswa secara online. Instrumen digunakan untuk mengumpulkan data-data penelitian, meliputi (1) hasil dari ujicoba kelayakan media video, (2) hasil ujicoba keefektifan media video, (3) hasil ujicoba keterlaksanaan media video, dan (4) hasil dari ujicoba media video terhadap respon implementasi pada pembelajaran di mata kuliah menggambar bangunan sipil. Setelah diperoleh data-data tersebut selanjutnya dilakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video dinyatakan layak digunakan, media video efektif digunakan dalam pembelajaran, implementasi dari ujicoba penerapan media video pembelajaran dapat meningkatkan proses dan hasil dalam menggambar bangunan sipil, terutama pada banagunan
rumah 2 lantai menggunakan aplikasi Autocad, dan diperoleh hasil respon positif dari implementasi pembelajaran
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)