Perancangan Mesin Penyiraman Taman Menggunakan Fuzzy Logic

Authors

  • Pangga Aji Sanca Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/inajet.v1n1.p28-34

Abstract

Air merupakan zat yang sangat penting bagi kehidupan tanaman yang berada di taman. Tanpa adanya air, kehidupan tanaman tidak akan subur, karena air merupakan kebutuhan utama tanaman pada taman. Waktu dan kondisi pemberian air juga masuk dalam faktor bagi kehidupan tanaman yang berada di taman. Pada taman biasa, pengkebun sulit untuk memperhatikan kondisi-kondisi dimana tanaman pada taman sangat membutuhkan air, seperti pada kondisi hujan dan kekeringan. Atau banyaknya tenaga yang dikeluarkan untuk menyirami taman yang sangat luas. Penelitian ini sistem penyiraman pada taman akan dibuat otomatis dengan menggunakan Fuzzy Logic. Sistem penyiraman taman ini diatur otomatis dengan menggunakan dua factor yaitu suhu dan kelembapan tanah. Dan kedua factor tersebut yang akan menentukan apakah taman memerlukan air atau tidak. Hasil dari tugas penyiraman taman secara otomatis ini adalah dapat menjaga tanaman yang terdapat pada taman tetap subur. Penyiraman juga dapat dapat berfungsi dengan baik. Memudahkan pengkebun supaya tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga

References

Sri Kusuma Dewi, Heri Purnomo, 2010, Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan, Yogyakarta, Graha Ilmu..

M. Bathan, Ma Carla, Paula Jianelli. (2013). Automated Irrigation System Using Thermoelectric Generator As Soil Moisture Detector. Research Congress De La Salle University Manila March (7-9)

Sofyan, 2005, Penerapan Fuzzy Logic pada Sistem Pengaturan Jumlah Air Berdasarkan Suhu dan Kelembapan, Jakarta.

Winoto, Ardi, 2008, Mikrokontroler AVR ATmega 8/16/32/8535 danPemrogramannya dengan Bahasa C pada winAVR, Bandung : Informatika Bandung.

Gardner, F.P., R.B. Pearce dan R.L. Mitchel, (1985),The Phisiology Field Crop. Diterjemahkam oleh Susilowati H., 1991, Fisiologi Tanaman Budidya, Indonesia University Press, Jakarta.

Pamungkas, Harly Yoga, Eru Puspita, Taufiqqurrahman (2010). Alat Monitoring Kelembaban Tanah dalam Pot berbasis Mikrokontroler AT Mega 168 dengan Tampilan Output pada Situs Jejaring Sosial Twitter Pembudidaya dan Penjual Tanaman Hias Anthurium. Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.

Sri Teguh, 2011, Implementasi Mode Fuzzy Logic Untuk Pengaturan Kelembapan Tanah pada Tanaman Cabai, http://www.eepistis.edu.

Downloads

Published

2022-03-19
Abstract views: 686 , PDF Downloads: 3106