Implementasi Aplikasi Kontrol Progres Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Kolaborasi

Authors

  • Umi Kholifah Universitas PGRI Madiun
  • Nurulita Imansari Universitas PGRI Madiun
  • Ihtiari Prastyaningrum Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.26740/inajet.v4n2.p50-55

Abstract

Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Studi Proyek Independen mensyaratkan komunikasi yang intens antar pelaksana proyek. Komunikasi intens terjadi antara mahasiswa, dosen pendamping, dan mitra. Agar komunikasi ini efektif dan efisien serta menyeluruh pada semua aspek diperlukan sebuah sistem realtime yang dapat diakses secara mudah oleh semua pelaku proyek. Sistem ini diwujudkan dalam bentuk aplikasi yang dinamakan kontrol progress proyek. Melalui aplikasi ini seluruh rangkian kegiatan proyek akan terekam dengan baik. Disediakan juga akses untuk rangkaian bahan ajar lain yaitu buku ajar dan petunjuk praktikum. Aplikasi ini mengintegrasikan learning skills dan computational thinking skills terutama kemampuan komunikasi dan kolaborasi mahasiswa. Indikator dari komunikasi dan kolaborasi diorganisasi dalam bentuk kegiatan bermakna melalui aplikasi kontrol progres proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah one group pretest-postest design. Instrumen yang digunakan adalah angket dan lembar observasi yang dapat mengukur variabel komunikasi dan kolaborasi. Hasil penelitian menunjukkan semua frekuensi perolehan indikator komunikasi dan kolaboraborasi meningkat setelah menggunakan aplikasi kontrol progress proyek. Semua indikator komunikasi dan kolaborasi berapa diatas 50% setelah mendapat perlakuan (menggunakan aplikasi kontrol progress proyek)

Downloads

Published

2022-06-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 401 , PDF Downloads: 428