Desain Sistem Kontrol Kecepatan Motor DC Dengan Metode Optimization Genetic Algorithm Pada Lift Konvensional

Authors

  • Khrisna Budi Prasetyo Universitas Negeri Surabaya
  • Endryansyah Endryansyah Universitas Negeri Surabaya
  • I Gusti Putu Asto Universitas Negeri Surabaya
  • Lilik Anifah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/inajet.v3n2.p66-75

Keywords:

Lift, Genetic Algorithm, PID, Motor DC, Matlab

Abstract

Teknologi semakin maju pada jaman sekarang dan berkembang sangatlah cepat, salah satunya alat transportasi dalam gedung bertingkat yaitu lift. Lift merupakan teknologi modern saat ini yang mempunyai fungsi membawa orang atau barang dari satu tingkat ke tingkat yang lainnya yang bergerak secara vertikal. Penelitian saat ini yang dilakukan bertujuan untuk melihat hasil respon sistem menggunakan PID metode Optimization Genetic Algorithm pada prototipe lift dikarenakan dapat mengurangi overshoot dan mempercepat waktu naik dari plant tersebut. Dalam penelitian sistem lift dengan menggunakan metode algoritma genetika mendapatkan nilai parameter PID dengan Kp = 8,946; Ki = 3,898, Kd = 0,011. Ketika memperoleh parameter PID dan dimulasikan pada simulink, dapat dilihat hasil respon sistem yang stabil dengan overshoot pada sistem ini sebesar 0.327%. Respon sistem yang optimal terdapat di setpoint 29 rpm dengan waktu tunak (Ts) sebesar 1.168s. Error Stedy State sebesar 0,3%, waktu naik (Tr) sebesar 0,601s dan waktu tunda (Td) sebesar 0.2032 s.

References

Andrian, Kusuma, S. 2019. Rancang Bangun Sistem Kontrol PID untuk Kontrol Kecepatan Prototipe Elevator Berbasis Labview. Universitas Negeri Surabaya

Andi. Adriansyah, Hidayatama Oka. 2013. Perancangan Prototipe Lift Menggunakan Mikrokontroler Arduino ATMEGA 328P. Jurnal Teknologi Listrik, Universitas Mercu Vol. 4, No 3.September, 2013.

Beny. Nugraha, Yudistiro. 2015. Perancangan dan Pengujian Miniatur Lift Arduino Menggunakan RFID Sebagai Sistem Identifikasi Lantai. SINERGI Vol. 19, Universitas Mercu Buana.

Ervani, Rizki. 2014 Optimalisasi Aliran Daya Menggunakan Metode Algoritma Genetika Sortasi Non-Dominasi (NSGA-II) pada Mikrogrid Stand-Alone Mengingat Umur Baterai, Teknik Elektro ITS, Surabaya.

Fedric, Fernando. 2017. Pengoptimalan Pengontrol Pid Menggunakan Algoritma Genetik untuk Kontrol Sistem Kemudi Rudal Otomatis. Tugas Akhir, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Frengki, Tri R. 2016. Angkat Protoripe Dua Lantai di Tempat Parkir Mobil PLC (Programmable Logic Controller). Artikel Ilmiah. Program Studi Teknik Elektro Universitas Negeri Malang.

Gama, Dwi, Nefanda. 2015. Meminimalkan Deviasi Tegangan Menggunakan GA (Algoritma Genetik) Sehingga Optimal DG (Distriubted Generation) dan Lokasi Kapasitor Didapat pada Jaringan Distribusi Radial Tiga Fasa. Tesis. Jurusan Teknik Elektro. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

I Ketut, Sukarasa. 2016. Pengaruh Kontrol PID pada Motor DC dengan Program Simulink. Artikel Ilmiah. Jurusan Fisika. Universitas Negeri Udayana.

Luthfi, Fakhrudin N. 2015. Sistem Kontrol Kecepatan Motor DC pada Lift Barang Menggunakan Kontroler PID Berbasis Atmega 2560. Malang. Jurnal Skripsi Universitas Brawijaya

Ogata, Katsuhiko. 2010. Teknik Kontrol Modern Edisi Kelima".

Rahmatillah, Gany. 2019. Sistem Kontrol Kecepatan Motor DC dalam Lift Prototipe Menggunakan Kontroler PI Berbasis Tidak Berbasis. Universitas Negeri Surabaya

Richardus, Dhimas. K.A. 2015. Merancang Kontrol Kecepatan Mesin Arus Searah Tanpa Sikat Menggunakan PID - Algoritma Genetika. Jurnal. Universitas Gadjah Mada.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; 28

Downloads

Published

2021-04-01

Issue

Section

Articles
Abstract views: 510 , PDF Downloads: 758