Kreativitas dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Sebagai Strategi Pemasaran Kesenian Tradisional di Indonesia

Main Article Content

Eli Irawati

Abstract

Pemberdayaan sumber daya manusia dalam kreativitas dan pemasaran memegang peranan penting ketika membahas praktik dan pengelolaan seni pertunjukan lokal-tradisional Indonesia. Pemberdayaan sumber daya manusia berlaku saat pengorganisasian atau produksi suatu seni pertunjukan sedangkan kreativitas yang menjadi salah satu tolak ukur menarik-tidaknya suatu karya seni dan akhirnya berpengaruh pada nilai jual karya itu. Aktivitas pemasaran akan mempertimbangkan hal-hal berupa produk apa yang ingin kita buat, berapa nilainya, bagaimana strategi/cara, dimana produk akan dipasarkan, dan siapa target dari produk yang akan dipasarkan. Produksi karya seni pertunjukan merupakan suatu kerja kolektif akan melibatkan berbagai dimensi pekerjaan dan tentunya harus ada sinergi antara œyang di depan layar dengan œyang di belakang layar, antara œyang dijual dan œyang menjual. Hal ini semestinya dipertimbangkan oleh para pengelola organisasi seni tradisional karena pengemasan pertunjukan yang tetap memaknai esensi kekhasan suatu kesenian tradisional, tentunya tidak terlepas dari sumber daya manusia yang handal dan kreatif dalam mengelola organisasi atau produksi seni pertunjukan lokal-tradisional. Sebaiknya tidak hanya terpaku pada individu yang tampil di panggung atau produknya saja, melainkan juga harus mempertimbangkan pentingnya individu-individu yang bekerja œdi belakang layar, yaitu divisi promosi/pemasaran dan sebagainya. Konsep mengenai kreativitas juga semestinya diterapkan diaplikasikan dalam strategi pemasaran produk tersebut. Sehingga suatu sajian multi aspek pertunjukan dapat diolah secara kreatif baik pada unsur utamanya maupun unsur-unsur pendukungnya.

Keyword: kreativitas, pemberdayaan, sumber daya manusia, strategi pemasaran, kesenian tradisional.

Article Details

How to Cite
Irawati, E. (2018). Kreativitas dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Sebagai Strategi Pemasaran Kesenian Tradisional di Indonesia. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.26740/geter.v1n1.p1-8
Section
Articles

References

Amabile, T.M., dkk. 1996. œAssesing the Work Environment for Creativity. Dalam The Academy of Management Journal, Vol. 39, No. 5: 1154-1184.

Irawati, Eli. 2016. œTransmisi Kelentangan dalam Masyarakat Dayak Benuaq.Resital, Vol. 17, No. 1: 1-25.
.
Kotler, Philip. 2001. Marketing Management Millenium Edition. Edisi Kesepuluh. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Moeliono, Anton M. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sulistiyani, Ambar Teguh & Rosidah. 2009. Manajemen Sumber daya manusia: Konsep, Teori dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik. Edisi Kedua. Yogyakarta: Graha Ilmu.

http://www.negerikuindonesia.com/2015/06/tari-angguk-tarian-tradisional-dari.html.

http://www.infofky.com.