EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN PELATIHAN PEMBINAAN IDEOLOGI PANCASILA BAGI GURU MENGGUNAKAN MODEL KIRKPATRICK

Authors

  • Tri Suhartati Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.26740/etj.v2n1.p45-55

Keywords:

Evaluasi, Pendidikan dan Pelatihan, Pembinaan Ideologi Pancasila

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengukur sejauh mana pengaruh Pendidikan dan pelatihan (Diklat)  Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) terhadap peserta diklat PIP, dikarenakan program diklat ini merupakan suatu program yang sangat penting dalam pembumian nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya program Pendidikan dan pelatihan PIP ini peserta diklat dapat meningkatkan kompetensi nilai, pengetahuan dan tindakannya dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila di lingkungan kerja maupun masyarakat.  Penelitian ini menggunakan model evaluasi Kirkpatrick yang dipakai untuk mengukur sejauh mana pengaruh suatu pelatihan terhadap seseorang.  Langkah-langkah dalam melaksanakan kegiatan evaluasi pelatihan Kirkpatrick terdapat 4 aspek, sebagai berikut: 1) Evaluasi Reaksi (Evaluating Reaction) memberikan reaksi positif dan menyenangkan, 2) Evaluasi Belajar (Evaluating Learning) Rata-rata nilai peserta diklat PIP adalah 76,02 dengan katagori baik, 3) Evaluasi Tingkah Laku (Evaluating Behavior) hasil aktualisasi ada 103 orang peserta mengumpulkan laporan aktualisasi, dan 4) Evaluasi Hasil (Evaluating Result) adanya peningkatan dari hasil pre-test dan post-test dengan kategori baik.

References

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur), Cetakan Kedelapan. Jakarta: Rosda Karya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. & Cepi. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Catalanello, & Kirkpatrick, D.L. (1968). Evaluation training programs the state of the art. Training and Development Journal, 22, 2-9. 1968.

Daryanto. (2008). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Renika Cipta.

Hasibuan, M.S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Kirkpatrick, D.L. & Kirkpatrick, J.D. (2008). Evaluating Training Programs. San Fransisco: Berrett-Koehler Publisher.

Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2018 tentang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Praslova, L. (2010). Adaptation of Kirkpatrick’s four level model of training criteria to assessment of learning outcomes and program evaluation in higher education. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, (22), 215-225.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suwatno. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam organisasi publik dan Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta

Published

2022-04-20

How to Cite

Suhartati, T. (2022). EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN PELATIHAN PEMBINAAN IDEOLOGI PANCASILA BAGI GURU MENGGUNAKAN MODEL KIRKPATRICK. Educational Technology Journal, 2(1), 45–55. https://doi.org/10.26740/etj.v2n1.p45-55
Abstract views: 666 , PDF Downloads: 583