ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Sumayyah Rahma Dina Universitas Negeri Jakarta
  • Maratun Nafiah Universitas Negeri Jakarta
  • Rosinar Siregar Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/etj.v2n1.p1-9

Kata Kunci:

Pemahaman Konsep, Matematika, Media Realia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis penggunaan media realia terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan menggunakan studi literatur. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian ini berupa dekripsi penggunaan media realia dalam pembelajaran matematika akan membantu kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif maupun komparatif beberapa penelitian menunjukkan bahwa peserta didik merespon positif penggunaan realia dalam kegiatan pembelajaran. Hasil ini diperoleh berdasarkan hasil observasi dan angket yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya. Dengan penggunaan media realia terbukti dapat menarik minat peserta didik untuk melakukan pembelajaran. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media realia pada pembelajaran matematika berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-20

Cara Mengutip

Dina, S. R., Nafiah, M., & Siregar, R. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR. Educational Technology Journal, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.26740/etj.v2n1.p1-9
Abstract views: 774 , PDF Downloads: 938