PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PESERTA DIDIK DI TINGKAT TAMAN KANAK-KANAK
DOI:
https://doi.org/10.26740/etj.v2n1.p34-44Keywords:
Learning Media, Kindergarten, DevelopmentAbstract
Sejalan dengan itu perbaikan dan penyesuaian kurikulum nasional terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan jaman. Dinamika pendidikan dewasa ini ditandai dengan suatu pembeharuan dan transformasi pemikiran tentang hakekat pembelajaran sebagai suatu proses yang aktif, interaktif dan konstruktif. Titik central setiap peristiwa pembelajaran terletak pada keberhasilan peserta didik dalam mengorganisasikan pengalamannya, Mengembangkan berfikir dan mengimplementasikan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam penelitian pengembangan ini, pengembang menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Model pengembangan Lee & Owens memiliki 5 tahapan yang dilakukan oleh pengembang. Lima tahapan yang dikemukakan oleh Lee & Owens ialah (1) Tahap Analisis (Analysis),(2) Tahap Desain (Design), (3) tahap Pengembangan (Development), (4) Tahap Penerapan (Implementation), (5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Dalam penelitian pengembangan ini, pengembang menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Model pengembangan Lee & Owens ialah suatu model pengembangan untuk membuat sebuah prototype pembelajaran yang menggunakan multimedia. Dari hasil uji coba para ahli dan uji cpba lapangan dapat ditarik kesimpulan bahwa multimedia yang dikembangkan telah valid dan layak untuk digunakan.
References
Agustin, A. N., & Kurniawan, A. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Variasi Permainan Senam Lantai Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science and Health, 3(6). https://doi.org/10.17977/um062v3i62021p369-380
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://doi.org/10.30605/JSGP.4.1.2021.591
Cahyati, N. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Karakter Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 2(02), 75. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1033
Chauca, M., Phun, Y., Curro, O., Chauca, C., Yallico, R., & Quispe, V. (2021). Disruptive innovation in active activity-based learning methodologies through digital transformation. International Journal of Information and Education Technology, 11(4). https://doi.org/10.18178/ijiet.2021.11.4.1512
Dewi, S. R., & Haryanto, H. (2019). Pengembangan multimedia interaktif penjumlahan pada bilangan bulat untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 9. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.3059
Faqih, A., & Pratama, F. A. (2019). Pengembangan Adaptive Learning Berbasis Multimedia 3D Materi Sistem Bilangan Real. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 2(0). Retrieved from https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/381
Fratiwi, N. J., Samsudin, A., Ramalis, T. R., Saregar, A., Diani, R., Irwandani, … Ravanis, K. (2020). Developing memori on Newton’s laws: For identifying students’ mental models. European Journal of Educational Research, 9(2). https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.699
Gunawan, F., Soepriyanto, Y., & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Drill And Practice Meningkatkan Kecakapan Bahasa Jepang Ungkapan Sehari-Hari. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p187
Halim, F. A., Wan Muda, W. H. N., Zakaria, N., & Samad, N. H. B. A. (2020). The potential of using augmented reality (AR) technology as learning material in TVET. Journal of Technical Education and Training, 12(1 Special Issue). https://doi.org/10.30880/jtet.2020.12.01.012
Isnaeni, I., & Agustina, Y. (2018). AN INCREASE IN LEARNING OUTCOME STUDENTS IS THROUGH THE DEVELOPMENT OF ARCHIVE E-MODULE BASED ON THE FLIPBOOK WITH DISCOVERY LEARNING MODEL. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 4(3). https://doi.org/10.17977/um003v4i32018p125
Jawab, T., Anak, P., & Dini, U. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENGEMBANGKAN.
Khamparia, A., & Pandey, B. (2017). Impact of interactive multimedia in E-learning technologies: Role of multimedia in E-learning. Enhancing Academic Research With Knowledge Management Principles, 199–227. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-2489-2.CH007
Kristanto, A., Sulistiowati, & Pradana, H. D. (2021). Brain-Based Online Learning Design in The Disruptive Era for Students in University. Journal of Educational and Social Research, 11(6), 277. https://doi.org/10.36941/jesr-2021-0147
Kurniati, A., Jannah, N., & Fitraini, D. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 51–62. https://doi.org/10.24014/JURING.V4I1.11334
Lestiyanawati, R. (2020). The Strategies and Problems Faced by Indonesian Teachers in Conducting e-learning during COVID-19 Outbreak. CLLiENT (Culture, Literature, Linguistics, and English Teaching), 2(1). https://doi.org/10.32699/cllient.v2i1.1271
Lim, S. L., & Yeo, K. J. (2021). A systematic review of the relationship between motivational constructs and self-regulated learning. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1). https://doi.org/10.11591/IJERE.V10I1.21006
Martins, B. R., Jorge, J. A., & Zorzal, E. R. (2021). Towards augmented reality for corporate training. Interactive Learning Environments, 0(0), 1–19. https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1879872
Nikolawatin, Z., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA TUTORIAL BAHASA ISYARAT UNTUK SISWA TUNARUNGU SLB BC KEPANJEN. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p015
Nisa’, L. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6283
Octafiana, W., Ekosusilo, M., & Subiyantoro, S. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Pesawat Sederhana Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 168. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.131
Pendekatan, D., Model, P., Yang, M., & Siswa, A. (2017). PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN YANG MENGAKTIFKAN SISWA. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 45–62. https://doi.org/10.33650/EDURELIGIA.V1I2.45
Pradana, H. D., & Kuswandi, D. (2018). Augmented Reality Learning Materials for Motion Picture Making Subject. 6(3), 108–114. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jph/article/view/11810
Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Adalah, 4(1), 49–56. Retrieved from http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15394/7199
Rahardjo, T., Degeng, N., & Soepriyanto, Y. (2019). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MOBILE LEARNING BERBASIS ANRDROID AKSARA JAWA KELAS X SMK NEGERI 5 MALANG. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p195
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sintya, Y. R., Sutadji, E., & Djatmika, E. T. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13905
Solodikhina, M. V., & Solodikhina, A. A. (2019). Development of critical thinking of master’s degree students using stem cases. Obrazovanie i Nauka, 21(3). https://doi.org/10.17853/1994-5639-2019-3-125-153
Sumbawati, M. S., Munoto, Basuki, I., Ismayati, E., & Rijanto, T. (2020). Student Learning Independence in Online Learning Depends on Motivation. https://doi.org/10.2991/aer.k.201124.062
Tambunan, S. A. (2021). ANALISA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG DI KELAS DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(1), 23–27. https://doi.org/10.21831/JPTS.V3I1.41883
Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Engembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 791–800.
Ziaurrahman, Z., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan e-learning adaptif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk kelas X SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 119–129. https://doi.org/10.21831/JITP.V4I2.10458