PENGEMBANGAN MEDIA ENGCITA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • Nabilah Azzahra Universitas Negeri Jakarta
  • Nina Nurhasanah Universitas Negeri Jakarta
  • Nidya Chandra Muji Utami Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/etj.v2n1.p10-21

Keywords:

Media Engcita, Pendidikan Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan, ADDIE

Abstract

Tujuan dari pengembangan media engklek cinta tanah air (engcita) untuk mengembangkan media engcita agar mengenal berbagai macam suku dan bangsa yang ada di Indonesia setelah menggunakan engklek cinta tanah air (engcita) dan juga menguji kelayakan engklek cinta tanah air dalam mengembangkan karakter cinta tanah air kepada peserta didik. Pembelajaran PPKn masih membutuhkan media pembelajaran lain sebagai alternative karena pembelajaran PPKn di SD sejatinya adalah pembelajaran awal mengenai norma dan adab yang berlaku di masyarakat mulai dari lingkungan paling dekat (keluarga) sampai lingkungan luar (masyarakat umum). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian Research and Development (R&D). pengembangan model yang digunakan adalah ADDIE yang meliputi lima tahap, yakni: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Analisis data penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis kuantitatif  dan data kualitatif. Data kualitatif pada penelitian ini diperoleh dari wawancara hasil analisis kebutuhan. Data kuantitatif adalah data yang memaparkan hasil pengembangan produk menggunakan kuesioner. Berdasarkan penilaian dari ahli (expert review), guru serta evaluasi produk oleh peserta didik terhadap media engcita yang dikembangkan Sangat Layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dan efisien serta sesuai kebutuhan peserta didik

References

Abdul Kosim. (2019). Internalisasi Pendidikan Karakter Berbasis School Culture. Jurnal Wahana Karaya,3(1), 241.

Adang Ismail, & Fadillah. (2017). Bermain dan permainan. PT fajar interpratama mandiri.

Cheung, L. (2016). Using ADDIE model of instructional design to teach chest radiograph interpretation. .

Dr.Wina Sanjaya, M. P. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran - Dr. Wina Sanjaya, M.Pd- Google Books. Kencana,Prenadamedia Group.

Egi, & mega rima. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena.

Eko, P. W. (2016). Teknik teknik penyusunan instrumen penelitian. Pustaka Pelajar.

Erfayliana, Y. (2016). Aktivitas Bermain dan Perkembangan Jasmani Anak. Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran Dasar, 3(1), 146.

Euis Kurniati. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Prenadamedia Group.

Hanafi. (2017). KONSEP PENELITIAN R&D DALAM BIDANG PENDIDIKAN. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2).

Kuncahyono. (2017). ANALISIS PENERAPAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 5(2), 777–785.

Novi Mulyani. (2016). Super asyik permainan tradisional anak Indonesia. Diva Press.

Prof. Dr. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Restu Ria Wantika. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Berdasarkan Teori Beban Kogniti. Jurnal Buana Pendidikan, 23, 43.

Setiawati MZ dan Adi Fatimah Rahmawati. (2019). PERANAN GURU DALAM PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

Talizaro Tafonao. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT

BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).

Vina Buana Gayu, & Siti Uswatun Kasanah. (2019). No Title. Jurnal Penelitian Inovatif Pembelajaran, 4 No 2.

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Azzahra, N., Nurhasanah, N., & Utami, N. C. M. . (2022). PENGEMBANGAN MEDIA ENGCITA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER. Educational Technology Journal, 2(1), 10–21. https://doi.org/10.26740/etj.v2n1.p10-21
Abstract views: 305 , PDF Downloads: 281