PENGARUH ADVERTISING INTENSITY, INVENTORY INTENSITY, DAN SALES GROWTH TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK

Authors

  • Dewi Susanti Universitas Negeri Surabaya
  • Made Dudy Satyawan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/akunesa.v9n1.p%25p

Keywords:

Advertising intensity, Inventory Intensity, Sales Griowth, Agresivitas Pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh Advertising Intensity, Inventory Intensity, dan Sales Growth terhadap Agresivitas Pajak. Populasi penelitian ini seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama peiode 2014 sampai 2018. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive samplingdan diperoleh 96 sampel. Regresi linear berganda dengan program IBM SPSS 26 digunakan untuk menganalisis data penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Advertising Intensity dan Sales Growth berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak, sedangkan Inventory Intensity tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak

References

<p>Andhari, P. A. S., &amp; Sukartha, I. M. (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility , Profitabilitas , Inventory Intensity , Capital Intensity Dan Leverage Pada Agresivitas Pajak. <em>E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana</em>, <em>18</em>(03), 21152142.</p><p>Anindyka, D., Pratomo, D., &amp; Kurnia. (2018). Pengaruh Leverage (DAR), Capital Intensity dan Inventory Intensity Terhadap Tax Avoidance (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2011-2015). <em>E-Proceeding of Management</em>, <em>5</em>(1), 713719.</p><p>Badertscher, B., Katz, S. P., &amp; Rego, S. O. (2010). <em>The Impact of Private Equity Ownership on Portfolio Firms Corporate Tax Planning</em>.</p><p>Darmadi, I. N. H. (2013). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pajak Dengan Indikator Tarif Pajak Efektif. In <em>E-jurnal Akuntansi Universitas Diponegoro</em> (Vol. 26).</p><p>Direktur Jendral Pajak. <em>Peraturan Menteri Keuangan Nomor 02/PMK.03/2010 Tentang Biaya Promosi Yang Dapat Dikurangkan Dari Penghasilan Bruto</em>. , (2010).</p><p>Frank, M. M., Lynch, L. J., &amp; Rego, S. O. (2009). Tax Reporting Aggressiveness and Its Relation Financial Reporting University of Virginia. <em>Accounting Review</em>, <em>84</em>(2), 467496.</p><p>Hidayat, W. W. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Penghindaran Pajak: Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Di Indonesia. <em>Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT</em>, <em>3</em>(1), 1926. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i1.82</p><p>Ikatan Akuntansi Indonesia. (2008). <em>PSAK NO.14 Tentang Persediaan Revisi 2008</em> (Vol. 14). Dewan Standar Akuntansi Keuangan.</p><p>Kementerian Keuangan. <em>Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 219/PMK.011/2012 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 81/PMK.03/2009 Tentang Pembentukan Atau Pemupukan Dana Cadangan Yang Boleh Dikurangkan Sebagai Biaya</em>. , (2012).</p><p>Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2019). <em>Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2018</em>.</p><p>Kompas. <em>Coca-Cola Diduga Akali Setoran Pajak</em>. (online). Diakses dari https://ekonomi.kompas.com pada tanggal 10 Januari 2020.</p><p>Maryanti, E. (2016). Analisis Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan dan Struktur Aktiva Terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. <em>Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia</em>, <em>1</em>(2), 143151. https://doi.org/10.23917/reaksi.v1i2.2730</p><p>Masrullah, Mursalim, &amp; Suun, M. (2018). <em>Pengaruh Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, Leverage, dan Sales Growth Terhadap Tax Avoidance Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia.16</em>(2), 142165.</p><p>Maulidah, H. A., &amp; Prastiwi, D. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Intensitas Modal, dan Persaingan Terhadap Agresivitas Pajak Perusahaan. <em>Jurnal Akuntansi Unesa</em>, <em>8</em>(1).</p><p>Nabilla, S. S., &amp; Zulfikri, I. (2018). Pengaruh Risiko Perusahaan, Leverage (Debt to Equity ratio) Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoidance). <em>Jurnal Akuntansi</em>, <em>27</em>(2), 141151. https://doi.org/10.24961/j.tek.ind.pert.2017.27.2.141</p><p>Nguyen, A. (2015). <em>Product Market Advertising and Corporate Tax Aggressiveness</em>.</p><p>Richardson, G., &amp; Lanis, R. (2007). Determinants of the variability in corporate effective tax rates and tax reform: Evidence from Australia. <em>Journal of Accounting and Public Policy</em>, <em>26</em>(6), 689704. https://doi.org/10.1016/j.jaccpubpol.2007.10.003</p><p>Romadhina, A. P. (2017). Pengaruh Beban Iklan dan Intensitas Persediaan terhadap Agresivitas Pajak. <em>Journal of Economic and Management</em>, <em>2</em>(1), 113.</p><p>Rosa Dewinta, I., &amp; Ery Setiawan, P. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Tax Avoidance. <em>E-Jurnal Akuntansi</em>, <em>14</em>(3), 15841615.</p><p>Suandy, E. (2011). <em>Perencanaan Pajak Edisi</em> (5th ed.). Jakarta: Salemba Empat.</p><p>Tanoto, T., &amp; Soepriyanto, G. (2013). Analisis Dampak Reformasi Perpajakan PPh Badan dan Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Tarif Pajak Efektif pada Perusahaan Go Public Indonesia. <em>Academic Journal &amp; Books at Questa Online Library</em>.</p><p>Watts, R. L., &amp; Zimmerman, J. L. (1990). Positive Accounting Theory: A Ten Year Perspective. <em>Accounting Review</em>, <em>65</em>(1), 131156.</p>

Downloads

Published

2020-09-15

How to Cite

Susanti, D., & Satyawan, M. D. (2020). PENGARUH ADVERTISING INTENSITY, INVENTORY INTENSITY, DAN SALES GROWTH TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 9(1). https://doi.org/10.26740/akunesa.v9n1.p%p
Abstract views: 3452 , PDF Downloads: 3166 , PDF Downloads: 0 , PDF Downloads: 0