Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Restoran dengan Intervening Kesadaran Pajak

Authors

  • Indah Hapsari Program Studi Akuntansi, FEB Universitas Hayam Wuruk Perbanas, Surabaya

Keywords:

Kualitas pelayanan pajak, Sanksi pajak, Kesadaran pajak, Kepatuhan wajib pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak, dengan kesadaran pajak sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan 98 responden wajib pajak pemilik restoran yang berkedudukan di Surabaya. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji regresi linear berganda serta analisis jalur dengan sobel test. Berdasarkan kedua pengujian tersebut, diperoleh hasil bahwa kualitas pelayanan pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak restoran, dan kesadaran pajak dapat memediasi pengaruh diantara keduanya. Sementara itu, sanksi pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak restoran, dan kesadaran pajak juga tidak mampu memediasi pengaruh diantara kedua variabel tersebut. Hal ini mengindikasikan bahwa kualitas pelayanan yang maksimal dan memadai merupakan faktor eksternal yang lebih disukai dibandingkan keberadaan sanksi, terutama dalam hal yang mampu mendorong tingkat kesadaran dan kepatuhan wajib pajak restoran di Kota Surabaya.

References

Bahri, S. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 20(1), 1-15

Febtrina, A., Ahmad, A.W., & Mustika, R. (2022). Pengaruh Pelaksanaan Self Assessment System, Pengetahuan Perpajakan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Restoran di Kota Padang. Jurnal Akuntansi, Bisnis dan Ekonomi Indonesia, 1(1), 15-24

Firmansyah, A., Harryanto, H., & Trisnawati, E. (2022). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Sanksi Perpajakan, dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Sistem Informasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pajak Indonesia (Indonesian Tax Review), 6(1), 130-142

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Diponegoro

Heider, F. (1958). The Psychology of Interpersonal Relations. New York: Wiley

Laila, N.F., Maharani, H., & Akbar, M. (2022). Pengaruh Transparansi Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Pemeriksaan, Sanksi, dan Omset Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Restoran. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 10(3), 68-83

Mianti, Y.F., & Budiwitjaksono, G.S. (2021). Pengaruh Pengetahuan dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dimediasi Kesadaran Wajib Pajak. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 11(2), 349-359

Pemerintah Daerah Kota Surabaya. (2011). Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 4 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah

Prastika, Y.S., Bahri, S., & Arief, M. (2022). Pengaruh Motivasi Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap kepatuhan Wajib Pajak dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening di KPP Pratama Medan Petisah. Jurnal Akuntansi, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi. 3(1), 504-516

Pravasanti, Y.A., & Pratiwi, D.N. (2021). Pengaruh Kesadaran, Pemahaman, Sanksi, dan Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Moderating Preferensi Risiko. Jurnal Akuntansi dan Pajak. 21(2), 405-411

Pulungan, D.Z. (2022). Pengaruh Religiusitas, Sosialisasi Perpajakan, dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan WP dengan Kesadaran WP sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Bisnis Digital. 1(2), 270-279

Ramadhanty, A. & Zulaikha, Z. (2020). Pengaruh Pemahaman Tentang Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sistem Transparansi Perpajakan, Kesadaran Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Diponegoro Journal of Accounting. 9(4), 1-12

Safitri, D & Silalahi, S.P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus, Pemahaman Peraturan Perpajakan, dan Penerapan Sistem E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak: Sosialisasi Perpajakan Sebagai Pemoderasi. Jurnal Akuntansi dan Pajak. 20(2), 145-153

Sulistyowati, M., Ferdian, T., & Girsang, R.N. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi kasus Pada Wajib Pajak yang Terdaftar di Samsat Kabupaten Tebo). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis. 1(1), 29-45

Utami, S., & Amanah, L. (2018). Pengaruh Sosialisasi, Pengetahuan Pajak, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan dengan Kesadaran Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. 7(4), 1-22

Yadinta, P., Suratno, S. & Mulyadi, J.M.V. (2018). Kualitas Pelayanan Fiskus, Dimensi Keadilan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Riset Akuntansi dan Perpajakan. 5(2), 201-212

Yuliati, N.N., & Fauzi, A.K. (2020). Literasi Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, dan Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Akuntansi Bisnis & Manajemen. 27(2), 26-44

Widajantie, T.D. & Anwar, S. (2020). Pengaruh Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor, Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Pajak, dan Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Kantor Bersama Samsat Surabaya Selatan). Behavioral Accounting Journal. 3(2), 129-143

Wijayanah, W. & Basuki, B. (2022). Implementasi Strategi Meningkatkan Kepatuhan Pajak Restoran dengan Pendekatan Enforcement Paradigm, Service Paradigm, dan Trust Paradigm. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan. 10(1), 103-116

Jawapos.com. 2022. Setoran Pajak Restoran di Kota Surabaya Masih Seret. (https://www.jawapos.com/surabaya/25/10/2022/setoran-pajak-restoran-di-kota-surabaya-masih-seret/. Diakses pada 07 November 2022)

Jawapos.com. 2023. Tidak Ada Relaksasi Pajak Restoran dari Pemkot Surabaya Tahun Ini. (https://www.jawapos.com/surabaya/15/01/2023/tidak-relaksasi-pajak-restoran-dari-pemkot-surabaya-tahun-ini/. Diakses pada 23 Januari 2023)

News.detik.com. 2021. Ada Hotel-Restoran Nunggak pajak, DPRD Surabaya: Harus Ada Punishment!. (https://news.detik.com/berita/d-5848351/ada-hotel-restoran-nunggak-pajak-dprd-surabaya-harus-ada-punishment. Diakses pada 07 November 2022)

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Hapsari, I. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Restoran dengan Intervening Kesadaran Pajak. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 12(1), 1–10. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/akunesa/article/view/22558
Abstract views: 495 , PDF Downloads: 363