Does Halal Label Increase Product Sales?
DOI:
https://doi.org/10.26740/ajhs.v1i1.34872Keywords:
Halal Label, Micro, Small and Medium Enterprises, Increasing Product SalesAbstract
This study was conducted to determine whether the halal label increases product sales. The background of this study is because of the large number of MSMEs in Indonesia, especially those engaged in the food and beverage sector, with the government program regarding free halal certificates and the number of Indonesian people with a Muslim majority. This study is qualitative and uses the atlas.ti method to be able to explore data further and review existing literature, as well as make it easier to explore the interview results. With the presence of a halal label on MSMEs, it can help provide branding for a product, so that it can help create higher product sales, although there is no one factor that will increase sales, it can be one of the factors.
References
Alim, S. (2022). PENGARUH LABEL HALAL, CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK MS GLOW. https://journal-upmi.com/index.php/jtip/article/view/11/11
Ardiyanto, T. (2021). PERSEPSI LABEL HALAL PADA PRODUK MAKANAN DALAM KEMASAN OLEH MAHASISWA STKIP BABUNNAJAH PANDEGLANG BANTEN. https://journal.halalunmabanten.id/index.php/ijma/article/view/33/31
Babang, R. R. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Sentra Tenun Prailiu dalam Meningkatkan Penjualan Kain Tenun Sumba TimurRirin Rambu Babang1, Asfira Rachmad Rinata21,2Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Tribhuwana TunggadewiEmail: patihririn2015@gmail.comAbstract: Wo. https://jkn.unitri.ac.id/index.php/jkn/article/view/24/20
BPJPH. (2022). Tentang BPJPH. https://bpjph.halal.go.id/detail/sertifikasi-halal
Cay, S. (2020). Strategi Pemasaran E-commerce Untuk Meningkatkan Volume Penjualan(Studi Kasus UMKM di Kota Tangerang Selatan). https://www.jurnalmandiri.lkd-pm.com/index.php/mandiri/article/view/132/89
Christin, A. dkk. (2024). ANALISIS PENGGUNAAN LABEL HALAL TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM MEMBELI PRODUK MINUMAN MOMOYO DI KOTA PEKANBARU.
Elnizar, N. E. (2023). Ingat! Mulai 2024, Makanan dan Minuman Wajib Bersertifikat Halal. https://www.hukumonline.com/berita/a/ingat-mulai-2024--makanan-dan-minuman-wajib-bersertifikat-halal-lt657ac45200964/
Gusrizaldi, R. (2016). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENJUALAN DI INDRAKO SWALAYAN TELUK KUANTAN.
Hasan, S. K. (2014). ANALISIS PENGGUNAAN LABEL HALAL TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM MEMBELI PRODUK MINUMAN MOMOYO DI KOTA PEKANBARU.
Herdiansyah, H. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Salemba Humanika.
Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. https://stiemmamuju.e-journal.id/FJIIM/article/view/83/40
Junaidi. (2020). Fenomena Label Halal is it a Awareness or Branding.
Muhamad, N. (2021). Jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah/UMKM di Indonesia Berdasarkan Kelasnya (2021). Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/13/usaha-mikro-tetap-merajai-umkm-berapa-jumlahnya
Mursadad, A. (2024). PERAN SERTIFIKASI HALAL TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA UMKM DI KECAMATAN TELANAI PURA JAMBI. https://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/article/view/2958/2796
Permatasari, N. A. (2023). PENGARUH BRAND IMAGE, PROMOSI, DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GERRY SALUT. https://ejournal.warunayama.org/index.php/triwikrama/article/view/335/327
Rahim, S. (2023). PENGARUH SERTIFIKAT HALAL TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PENJUALAN USAHA DI SEKTOR FOOD AND BEVERAGE KOTA MAKASSAR. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jbk/article/view/3817/2007
Rusman, A. (2021). Pelatihan Analisis Data Kualitatif dengan Software Atlas.ti 8 Pada Prodi Magister Pendidikan Dasar UMP. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3195174&val=28102&title=PELATIHAN ANALISIS DATA KUALITATIF DENGAN SOFTWARE ATLASti 8 PADA PRODI MAGISTER PENDIDIKAN DASAR UMP
Saleh, S. (2020). PENGARUH LABEL HALAL, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KEMASAN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM RIAU. http://ejournal.iseiriau.or.id/index.php/economica/article/view/34/24
Santika, E. F. (2023). Produk Bersertifikasi Halal RI Capai 1,42 Juta Produk pada 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/25/produk-bersertifikasi-halal-ri-capai-142-juta-produk-pada-2023
Segati, A. (2018). PENGARUH PERSEPSI SERTIFIKASI HALAL, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP PERSEPSI PENINGKATAN PENJUALAN.
Wicahyono, A. (2023). Analisis Kepemilikan Sertifikat Halal Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha Kripik ASAN96. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/2453/2050
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

