Evaluasi Efektivitas Pelaksanaan Audit Operasional Aktivitas Pelayanan Jasa Penginapan Pada Hotel Equator Surabaya

Authors

  • Rudi Partono Fakultas Ekonomi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jaj.v3n1.p87-114

Keywords:

Operational audit, effectiveness, internal control

Abstract

Abstract

Fungsi dasar perhotelan adalah pemberian pelayanan penginapan secara baik demi kepuasan tamu untuk memenuhi fungsi dasar tersebut bagian unit yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung, Salah satu unit yang terkait secara langsung adalah unit resepsionis yang betugas melakukan pelayanan terrhadap tamu yang akan menginap. Baik buruk tingkat pelayanan terhadap tamu tergantung pada proses pelayanan yang memuaskan terhadap tamu. Hotel Equator Surabaya menyesuaikan dengan kondisi perkembangan saat ini dengan melakukan langkah kerja audit operasional pada resepsionis hotel dalam penelitian untuk menilai efektivitas. Tujuan dari penelitian ini memberikan gambaran menyeluruh mengenai fungsi pelayanan jasa suatu perusahaan untuk menemukan kelamahan dan hambatan yang akan mengakibatkan kurang maksimal hasil yang diperoleh. Evaluasi mengungkapkan pengendalian intern pada sistem pelayanan yang memerlukan perbaikan-perbaikan demi kepuasan tamu dan meningkatkan kualitas pelayanan hotel tersebut.

References

Arens, Alvin, Randal. J. Elser and Mark Beasley.2003. Auditing an Integrated Approach. New Jersey: Prentice Hall International.
Boynton, Johson, Kell. 2001. Modern Auditing seventh edition. USA : John Willey and Sons.
Halim, Abdul. 2001. Auditing (Dasar-dasar audit laporan keuangan) edisi kedua (edisi revisi). Yogyakarta : UPP AMP YKPN.
Jusup. A.L, Haryono. 2001. Auditing (pengauditan) cetakan pertama. Yogyakarta : STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi).
Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi edisi ketiga cetakan ketiga. Jakarta : Salemba Empat.
2002. Auditing edisi keenam cetakan pertama. Jakarta : Salemba Empat.
Rangkuti, Freddy. 2000. Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.
Reider, Rob.2002. Operational Review edisi ketiga. New York : John Willey & Sons, Inc.
Sawyer, Lawrence.B, Dittenhofer, Mortimer. A, Scheiner, James. H. 2005. Sawyers Internal Auditing edisi kelima buku ketiga. The Instite of Internal Auditors. Terjemahan diterbitkan Penerbit Salemba Empat.
Simamora, Hendry. 2002. Auditing I cetakan pertama. Yogyakarta : UPP AMP YKPN.
Sukrisno Agoes. 2000. Auditing (Pemeriksaan Akuntan) oleh Kantor Akuntan Publik edisi kedua cetakan kedua. Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sunarto. SE, MM. 2003. Auditing edisi revisi cetakan pertama. Yogyakarta: Panduan.
Tunggal, Amin Widjaja. 2000. Audit Manajemen Kontemporer edisi revisi. Jakarta: Harvindo.
_______. 2000. Internal Auditing (suatu pengantar). Jakarta : Harvindo.

Downloads

Published

2011-10-19

How to Cite

Partono, R. (2011). Evaluasi Efektivitas Pelaksanaan Audit Operasional Aktivitas Pelayanan Jasa Penginapan Pada Hotel Equator Surabaya. AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 3(1), 87–114. https://doi.org/10.26740/jaj.v3n1.p87-114
Abstract views: 2157 , PDF Downloads: 1709