Beralih ke menu navigasi utama Beralih ke bagian utama Beralih ke bagian footer website

Articles

Vol 2 No 1 (2024): ABISATYA: Journal of Community Engagement

Kemah Keberagaman Dan Penguatan Masyarakat Cakap Digital Di Desa Widodaren Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi Sebagai Rintisan Desa Pancasila

Telah diserahkan
January 23, 2024
Diterbitkan
2024-06-05

Abstrak

Penguatan nilai keberagaman dalam bingkai ke Indonesiaan kebutuhan bagi semua eleman demi tercapainya visi dan cita-cita nasional yang termaktub pada konstitusi. Selain itu penguatan literasi digital melalui empat pilarnya yakni Etika Digital, Budaya Digital, Keterampilan Digital dan Keamanan digital menjadi kebutuhan yang mendesak. Warga Desa Widodaren, Kabupaten Ngawi menjadi salah satu Rintisan Desa Pancasila Universitas Negeri Surabaya dengan aktivitas pengabdian melalui Training for Facilitator (TFF) yakni Kemah Mahasiswa Literasi digital yang melahirkan modul literasi digital yang diterapkan pada saat kemah keberagaman yang diikuti Pemuda Desa yang nantinya akan menjadi fasilitator didesanya untuk memperkuat keberagaman dan literasi digital. Kegiatan ini tercapai sesuai dengan rencana dan program juga tepat sasaran guna menuju Indonesia Maju.

Referensi

  1. Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2017). Peta Gerakan Literasi Digital Di Indonesia: Studi Tentang Pelaku, Ragam Kegiatan, Kelompok Sasaran Dan Mitra Yang Dilakukan Oleh Japelidi. Informasi, 47(2), 149. https://doi.org/10.21831/informasi.v47i2. 16079
  2. Kurnia, N., & Wijayanto, X. . (2021). Kolaborasi sebagai kunci: Membumikan kompetensi literasi digital Japelidi. In Cakap Bermedia Digital (p. 154). Kementerian Komunikasi dan Informatika, Japelidi, Siberkreasi
  3. Latif, Yudi, (2015), Revolusi Pancasila, Mizan, Bandung
  4. Latif, Yudi, (2011) Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2011.
  5. Ryberg, T., & Georgsen, M., 2010. Enabling Digital Literacy: Development of MesoLevel Pedagogical Approaches. Universitetsforlaget. Nordic Journal of Digital Literacy, Vol. 5, 2010, NR 02, 88-100.
  6. Stefany, dkk. (2017). Literasi Digital Dan Pembukaan Diri, (Studi Korelasi Penggunaan Media Sosial Pada Pelajar Remaja di Kota Medan. Universitas Sumatera Utara.