Bimbingan Klasikal dengan Metode Scavenger Hunt dalam Mencegah Academic Burnout pada Santri Pondok Pesantren Al-Amin Sooko Mojokerto Jawa Timur

Authors

  • Muhammad Farid Ilhamuddin Universitas Negeri Surabaya
  • Lutfi Saksono Universitas Negeri Surabaya
  • Ainur Rifqi Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Academic Burnout, Pesantren, Bimbingan Klasikal, Scavenger Hunt, Kesejahteraan Akademik

Abstract

Pondok pesantren memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kompetensi generasi muda melalui sistem pendidikan berbasis boarding school yang mengintegrasikan kurikulum formal dan kepesantrenan. Dinamika kehidupan di pesantren yang menuntut kedisiplinan dan keseimbangan antara akademik dan kegiatan kepesantrenan dapat menjadi tantangan bagi sebagian santri, yang berpotensi memunculkan gejala academic burnout. Kondisi ini ditandai dengan rasa lelah secara emosional, menurunnya semangat belajar, serta berkurangnya kepercayaan diri dalam menghadapi tantangan akademik. Jika tidak dikelola dengan baik, hal ini dapat memengaruhi kesejahteraan akademik dan psikologis santri. Untuk mencegah hal tersebut terjadi di Pondok Pesantren Al-Amin, program pengabdian kepada masyarakat mengusulkan intervensi berbasis bimbingan klasikal dengan metode Scavenger Hunt. Bimbingan klasikal bertujuan memberikan pemahaman mengenai academic burnout, sementara Scavenger Hunt dirancang untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran santri terhadap academic burnout serta membekali mereka dengan strategi yang dapat diterapkan untuk menjaga keseimbangan akademik dan kesejahteraan psikologis.

References

Amria, Serly, and Lailatuzzahro Al-akhda Aulia. 2023. “Dampak Efikasi Diri Terhadap Kejenuhan Belajar Pada Santri.” Jurnal Gesi 2(1): 51–61.

Andriati, Novi. 2015. “Pengembangan Model Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri.” Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).

Camacho, Danielle J, and Jill M Legare. 2015. “Opportunities to Create Active Learning Techniques in the Classroom.” Journal of Instructional Research 4: 38–45.

Dwiningsih, Kusumawati, D Kartika Maharani, Dian Savitri, Aiza Alya, Ilo Isaloka, and M Danu Erlangga. 2023. “Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Berbasis Project Based Learning (PJBL) Bagi Guru SMA Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah.” Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6(6): 1920–33.

Fatimah, Dewi Nur. 2017. “Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Self Control Siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta.” HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam 14(1): 25–37.

Halid, Ahmad. 2019. “Hidden Curriculum Pesantren: Urgensi, Keberadaan Dan Capaiannya.” TARBIYATUNA (e-Journal) 12(2): 140–50.

Harumbina, Diah Ayu, Dinda Rizki Khoirunnisa, and Siti Maryam. 2022. “Bimbingan Klasikal: Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Assertive: Islamic Counseling Journal 1(1): 61–75.

Hasni, Nafisah Itsna, Evi Supriatun, and Sari Artauli Lumban Toruan. 2023. “Penerapan Psikoedukasi Dalam Penanganan Stress Akademik Pada Siswa Di SMAN 1 Sliyeg Kabupaten Indramayu.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Nadimas) 2(1): 49–60.

Indrastoeti, Jenny, and Hasan Mahfud. 2015. “Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Experiental Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial.” Mimbar Sekolah Dasar 2(2): 140–51.

Izah, Nurul, Dewi Khurun Aini, and Baidi Bukhori. 2023. “Stress Dan Strategi Coping Pada Mahasiswa Yang Bertempat Tinggal Di Pondok Pesantren.” Journal of Islamic and Contemporary Psychology 3(1s): 231–42.

Muta’Aaly, Astridienna Yanuarlin, Nina Permata Sari, and Eklys Cheseda Makaria. 2023. “The Efficacy Of The ‘Miracle Question’ and ‘Exception Question’ Techniques In Reducing Academic Burnout.” Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling 5(2).

Schaufeli, Wilmar B, Isabel M Martinez, Alexandra Marques Pinto, Marisa Salanova, and Arnold B Bakker. 2002. “Burnout and Engagement in University Students: A Cross-National Study.” Journal of cross-cultural psychology 33(5): 464–81.

Suleman, Muh Asharif. 2024. “Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Experiential Learning.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9(3): 1530–38.

Wirayanti, Wirayanti, E Erna, C Cherawati, and S Khaerani. 2024. “Metode Pendidikan Tradisional Pesantren Dalam Membina Akhlak Santri (Studi Pesantren Nahdlatul Ulum Kabupaten Maros).” Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial 1(10): 424–37.

Published

2025-04-08

How to Cite

Ilhamuddin, M. F., Saksono, L., & Rifqi, A. (2025). Bimbingan Klasikal dengan Metode Scavenger Hunt dalam Mencegah Academic Burnout pada Santri Pondok Pesantren Al-Amin Sooko Mojokerto Jawa Timur. ABISATYA : Journal of Community Engagement, 2(2), 142–152. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/abisatya/article/view/39396
Abstract views: 64 , PDF Downloads: 61