Meningkatkan Kreativitas dan Pemahaman Budaya Tionghoa Melalui Pelatihan Seni Lukis Tiup pada Siswa SD Islam Cheng Hoo Surabaya
Keywords:
Pelatihan, Lukis Tiup, Budaya Tionghoa, SD Islam Cheng HooAbstract
Pelatihan seni lukis tiup Tiongkok di SD Islam Cheng Hoo Surabaya merupakan bagian dari program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Surabaya. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya Tionghoa kepada siswa sekolah dasar melalui seni lukis tiup yang unik, yang mencerminkan filosofi harmoni dengan alam. Metode pelatihan meliputi penyajian materi dan praktik langsung dengan pendekatan experiential learning. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap budaya Tionghoa tetapi juga mengasah kreativitas mereka melalui pengalaman langsung. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa siswa antusias mengikuti kegiatan ini, terlihat dari kreativitas mereka dalam menghasilkan karya seni yang dipamerkan di kelas. Selain itu, pelatihan ini juga mempererat hubungan antarbudaya di lingkungan sekolah multikultural. Dengan pendekatan lintas budaya yang efektif, program ini diharapkan dapat diperluas ke lebih banyak sekolah untuk mendukung keberlanjutan pendidikan budaya Tionghoa di Indonesia.
References
Amanah, N., Bahari, Y., & Fatmawati. (2014). Akulturasi Budaya Tionghoa dan Melayu pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin FKIP Untan Pontianak. Jurnal Kebudayaan, 6(1), 22–34.
Christian, S. A. (2017). Identitas budaya orang Tionghoa Indonesia. Jurnal Cakrawala Mandarin, 1(1), 11–22.
Fadli, Z. A., Ratna, M., Hastuti, N., Widiandari, A., & Saraswati, D. (2017). Pengenalan dan Pelatihan Kaligrafi Jepang bagi Siswa SMU di Jawa Tengah. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 65–69.
Koentjaraningrat. (1999). Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan.
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Meliana, H., & Rudiansyah, R. (2022). Legenda dan Makna Festival Pertengahan Musim Gugur Bagi Masyarakat Tionghoa di Kota Medan. CHANGLUN: Chinese Language, Literature, Culture and Linguistic, 1(1), 52–68.
Salihin, A. (2013). Kreativitas Seniman Berlandaskan Budaya. Jurnal Mahasiswa ISI Padang Panjang. Retrieved from https://www.isi-padangpanjang.ac.id/kreativitas-seniman-berlandaskan-budaya.
Septiriani, S., & Yulsyofriend, Y. (2020). Permainan Meniup Cat Poster dapat Meningkatkan Perkembangan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1091–1100.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.
Wibisono, G., Subandi, S., Wedawati, M. T., Masrur, M. F., & Fanani, U. Z. (2023). Pembentukan Kompetensi Menulis Hanzi Siswa SMAN 2 Sidoarjo Melalui Mentoring Learning Model dengan Menggunakan Penulisan Kaligrafi sebagai Media. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 10(1), 128–147.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 27
,
PDF Downloads: 3

