Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Sejarah Berbasis Lumio Bagi Guru Sejarah Jawa Timur
Keywords:
Lumio, Literasi Digital, TPCK, Pembelajaran SejarahAbstract
Keberadaan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru.Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, seorang guru harus memahami dan memiliki kemampuan Pengetahuan Pedagogi Konten Teknologi (TPCK) di dalam dirinya. Berkaitan dengan Pengetahuan Konten Pedagogis (PCK), yang terdiri dari pengetahuan konten dan pengetahuan pedagogis yang seharusnya dimiliki oleh seorang guru, pemerintah Republik Indonesia sebenarnya telah mengatur hal tersebut melalui Peraturan Pemerintah Nomor.74 tahun 2008. Pada rumusan Peraturan Pemerintah tersebut, salah satunya adalah bahwa seorang guru harus menguasai dan menggunakan teknologi dalam pembelajarannya. Kompetensi tersebut ditingkatkan melalui Kurikulum Merdeka yang telah mewajibkan penggunaan sumber-sumber belajar digital dalam pembelajaran yang disusun oleh para guru. Berdasarkan hal tersebut, sudahkah para guru menggunakan aplikasi digital dalam pembelajarannya? Oleh karena sangat pentingnyaa, penguatan literasi digital dalam hal pemanfaatan aplikasi digital untuk pembelajaran sejarah, maka pelatihan penggunaan ekosistem Lumio untuk mengembangkan inovasi pembelajaran sejarah bermanfaat secara signifikan meningkatkan ketrampilan guru dalam penggunaan tehnologi digital.Habituasi guru dalam penggunaan tehnologi cukup tinggi yaitu 85,4, tetapi dalam hal penggunaan aplikasi pembelajaran terintegrasi hampir tidak ada. Karena itu untuk lebih menguatkan literasi digital guru sejarah maka dilakukan pelatihan pemanfaatan aplikasi Lumio untuk pembelajaran sejarah. Pelatihan dirancang dengan menggunakan model hybrid (in-house/off-site training dan online/virtual training), yang terdiri dari dua sesi pertemuan dan satu sesi penugasan. Sesi pertama dilakukan tes diagnostic ekosistem digital untuk mengetahui seberapa jauh literasi digital guru. Kemudian dilanjutkan pemaparan materi pemahaman konsep dan materi ekosistem digital. Pertemuan kedua diisi dengan perancangan penyusunan inovasi perangkat pembelajaran digital. Dan sesi ketiga berupa kegiatan penugasan yang dilaksanakandibawah bimbingan, dengan hasil akhir berupa inovasi perangkat pembelajaran digital yang terintegrasi dengan platform Lumio. Hasil pelatihan menunjukkan, para guru sejarah berhasil menyusun perangkat pembelajaran digital yang inovatif secara mandiri. Para guru mencapai keberhasilan dalam membuat desain kelas dan pembelajaran sejarah di aplikasi Lumio dengan cara mengisi perpustakaan Lumio dengan bahan ajar, materi ajar, dan asesmen. Dengan demikian para guru sejarah berhasil memanfaatkan aplikasi Lumio untuk pembelajaran sejarah.
References
Asari, A. 2018. "Literacy Based Sharing Knowledge on The Community." isllac: Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture No 2/Vol 2, hal 92-98.
Juharis R. Teknologi informasi dan komunikasi, Edisi Pertama. Jakarta: Quadra 2008
Kolb, David A & Alice Y. Kolb. 2005. “Learning Styles and Learning Spaces: Enhancing Experiential Laerning in Higher Education” dalam Jurnal Academy of Management Learning and Education. No. 2/Vol 4, hal 192-196
Kompas. 2023 “Peran TIK dalam Kurikulum Merdeka dan Persiapan SDM Digital” dalam http://www.kompas.com/edu/
Kompas. 2023 “Peran Guru dalam Meningkatkan Literasi Digital di Sekolah” dalam http://www.kompas.com/edu/
Microsoft Education, 2020. “The Future of Learning in the Age of Digital Transformation” dalam http://www.microsoft.com/education
Mishra, P., & Koehler, M. J. 2006. “Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Integrating Technology in Teachers’ Knowledge” dalam Teachers College Record. No 108/Vol 6, hal 1017– 1054
Purfitasari, Septi dkk. 2019. Digital Pedagogy sebagai Pendekatan Pembelajaran di Era Industri 4.0, Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Semarang, 10 Oktober
Suryati, dkk. 2021. “Penguatan Ekosistem Pembelajaran Digital di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Aplikasi Edmodo”, dalam Wahana Dedikasi Jurnal PKM Ilmu Kependidikan, No.1/Vol 4, hal 107-113
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

