Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Bahasa Mandarin

Authors

  • Cicik Arista Universitas Negeri Surabaya
  • Subandi Subandi Universitas Negeri Surabaya
  • Mintowati Mintowati Universitas Negeri Surabaya
  • Tiffany Qorie Universitas Negeri Surabaya
  • Iffa Mar'atus Shohibbul Birri Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Perangkat Pembelajaran, Pendampingan, Bahasa Mandarin

Abstract

Perangkat permbelajaran merupakan perangkat yang digunakan dalam proses pembelajaran, oleh sebab itu penting bagi guru untuk menyusun perangkat pembelajaran sebelum proses belajar mengajar berlangsung. Baru-baru ini perangkat pembelajaran terdapat perubahan karena adanya kurikulum merdeka, jadi perlu diadakan kegiatan pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran berorientasi kurikulum merdeka belajar bagi guru bahasa Mandarin tingkat SLTA di Surabaya dan sekitarnya sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian ini penting dilaksanakan agar proses pembelajaran bahasa Mandarin dapat berlangsung lebih baik. PKM ini menggunakan 3 metode yaitu workshop, pendampingan, dan projek. dimulai dengan sosialisasi dan pemberian materi kepada guru tentang bagaimana langkah-langkah menyusun perangkat pembelajaran berorientasi kurikulum merdeka, lalu dilanjutkan dengan pendampingan penyusunan instrumen dan terakhir pemberian tugas kepada guru untuk membuat modul ajar dan asesmen. Hasil kegiatan ini menunjukkan peserta memberikan umpan balik bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi mereka, dapat memberikan motivasi mereka untuk terus berinovasi dan perbaikan dalam membuat perangkat pembelajaran khususnya modul ajar dan asesmen untuk mata pelajaran bahasa Mandarin. Selain itu, peserta juga telah mengumpulkan modul ajar dan asesmen yang telah mereka kerjakan saat workshop, jadi, kegiatan pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran ini perlu dilakukan untuk membantu para guru menyusun perangkat pembelajaran berorientasi kurikulum merdeka, karena masih banyak guru yang masih awam terhadap kurikulum merdeka.

References

Adisusilo, Sutarjo, J.R. 2011. Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter. Yokyakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02),56-67.

Fahrurozi & Mohzana. 2020. Pengembangan Perangkat Pemblejaran: Tinjauan Teoretis dan Praktik. Lombok: Universitas Hanzandi Press.

Febriani, Eka Asih. 2019. Mudah Merancang Perangkat Pembelajaran. Surabaya: Pustaka Media Guru.

Habibi, A., & Prastowo, A. (2021). "Panduan Praktis Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam Konteks Kurikulum Merdeka."

Kemendikbud. (2022). Panduan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar.Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80-86.

Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara.

Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17-26.

Zulaiha, S., Meisin, M., & Meldina, T. (2022). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163-177.

Published

2024-11-28

How to Cite

Arista, C., Subandi, S., Mintowati, M., Qorie, T., & Birri, I. M. S. (2024). Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Bahasa Mandarin. ABISATYA : Journal of Community Engagement, 2(2), 1–7. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/abisatya/article/view/35211
Abstract views: 8 , PDF Downloads: 9