Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Articles

Vol. 2 No. 1 (2024): ABISATYA: Journal of Community Engagement

Peningkatan Karakter Santri dan Kesehatan di Pondok Pesantren Al Hikmah Sumobito Melalui Olahraga Petanque

Submitted
May 7, 2024
Published
2024-06-05

Abstract

Abstrak

Pesantren harus menjalankan peran, fungsi, dan potensinya untuk meningkatkan kehidupan dan menguatkan keberadaan masyarakat, sehingga masyarakat Indonesia memiliki adab, rasa adil, makmur, dan demokratis. Salah satu tujuan utama yang dikejar oleh pesantren dalam mendidik para santri dan santriwati ialah pembentukan karakter atau akhlak yang mulia. Selain peningkatan karakter para santri dan santriwati, peningkatan kesehatan juga menjadi hal yang krusial bagi pesantren sebagai lembaga pendidikan. Salah satu upaya yang bisa digunakan untuk mewujudkan itu semua adalah melalui olahraga, termasuk olahraga petanque. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan karakter santri dan kesehatan di pondok pesantren melalui olahraga petanque, di mana tempat pelaksanaannya di Pondok Pesantren Al Hikmah Sumobito Metode pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang digunakan ada empat tahap: perencanaan, survei kebutuhan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari pelaksanaan PKM ini menunjukkan: adanya pemahaman pentingnya hidup sehat dengan berolahraga, salah satunya dengan olahraga petanque: lingkungan pesantren mengoptimalkan kebiasaan hidup sehat dan menjadi bagian dari peningkatan karakter santri; dan pondok pesantren memahami perlunya peningkatan prestasi olahraga dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, termasuk pada cabang olahraga petanque.

References

  1. Ellyas, S. I., Gontara, S. Y., Sunardi, S., Maryanto, M., Lelono, S., Margono, A., & Kristiyanto, A. (2023). Edukasi Cabang Olahraga Petanque sebagai Olahraga Permainan bagi Lansia. Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat, 4(2), 82–91. https://doi.org/10.26877/JPOM.V4I2.16616
  2. Fatmah, N. (2018). Pembentukan Karakter dalam Pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 369–387. https://doi.org/10.33367/TRIBAKTI.V29I2.602
  3. Fuad, A. J. (2013). Pendidikan Karakter Dalam Pesantren Tasawuf. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 23(1). https://doi.org/10.33367/TRIBAKTI.V23I1.13
  4. Hafidh, Z., Nurjaman, I. M., Baits, A., & Goffary, I. (2023). Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren. Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 15–30. https://doi.org/10.51729/81100
  5. Ilham, I., Saputra, E., Munar, H., Oktadinata, A., & Daya, W. J. (2018). Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Melalui Kegiatan Mengolahragakan Masyarakat dan Memasyarakatkan Olahraga di Desa Panca Mulya dan Tanjung Harapan Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 7(2), 70–77. https://doi.org/10.22437/CSP.V7I2.6218
  6. Juniarto, M., Sujarwo, S., & Subandi, O. U. (2022). Edukasi Olahraga Dalam Upaya Meningkatkan Kebugaran dan Kesehatan Masyarakat Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 20(1), 16–23. https://doi.org/10.33369/DR.V20I1.18759
  7. Nasution, A. F., Alinur, A., Herlina, H., Elfina, H., Siregar, I., & Daulay, D. E. (2022). Sosialisasi Budaya Olahraga bagi Siswa dan Siswi di Pesantren Darussalam Guntur Batubara. Journal Liaison Academia and Society, 2(4), 57–62. https://doi.org/10.58939/J-LAS.V2I4.429
  8. Nizarani, N., Kristiawan, M., & Sari, A. P. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 9(1), 37–44. https://doi.org/10.19109/INTELEKTUALITA.V9I1.5432
  9. Putra, M. F. P., Setyo, G. T., Putra, I. P. E. W., Kurdi, K., Sinaga, F. S. G., Sinaga, E., Hidayat, R. R., Muhammad, J., Wandik, Y., Womsiwor, D., & Mantiri, G. J. M. (2022). Memasyarakatkan Olahraga Petanque di Tingkat Pelajar Papua. Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.26877/JPOM.V3I1.11891
  10. Rusip, G., & Boy, E. (2020). Edukasi Olah Raga di Rumah Saja Sebagai Upaya Memelihara Kebugaran Fisik dan Kesehatan Mental di Masa Pandemi Covid 19 bagi Mahasiswa Fakultas Kedokteran. JURNAL IMPLEMENTA HUSADA, 1(2), 152–161. https://doi.org/10.30596/JIH.V1I2.5035
  11. Samani, M., & Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya.
  12. Suwarno, S. (2017). Pondok Pesantren Dan Pembentukan Karakter Santri (Studi Tentang Pengembangan Potensi-Potensi Kepribadian Peserta Didik Pondok Pesantren Terpadu Almultazam Kabupaten Kuningan). Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 2(1), 79–91. https://doi.org/10.24235/OASIS.V2I1.1732
  13. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).