Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Articles

Vol. 1 No. 2 (2023): ABISATYA: Journal of Community Engagement

Model Aktifitas Dalam Menjaga Kebugaran Jasmani Dan Kesehatan Ibu-Ibu PKK Masyarakat Desa Randegan

Submitted
November 15, 2023
Published
2023-12-26

Abstract

Abstrak

Rendahnya tingkat aktivitas fisik dan screen time menjadi perhatian global saat ini, sehingga menjadi prioritas dalam kebijakan kesehatan masyarakat. Padahal, aktif secara fisik merupakan hal penting yang dapat dilakukan individu dari segala usia karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Peneliti lain mengungkapkan bahwa gaya hidup dengan melaksanakan aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan kesehatan, memberikan efek positif pada perkembangan dan kekuatan tulang, mencegah penyakit cardiovascular, osteoporosis, dan berbagai penyakit lainnya. Di sisi lain seiring dengan adanya perubahan iklim memberikan konsekuensi dramatis bagi kesehatan manusia dan mengancam perilaku aktivitas fisik.. Tes Kebugaran Jasmani dengan menggunakan 30 second chair stand test dapat diketahui hasil tes kebugaran jasmani 7 orang 23% kategori baik, sedangkan untuk kategori cukup 14 orang 47%, dan 9 orang sebesar 30% adalah kurang. Peningkatan kebugaran jasmani ibu-ibu PKK untuk usia 40-50 tahun hasil keseluruhan rata-rata untuk penilaian kebugaran masuk kategori cukup bugar.

References

  1. ¹ Antonio, T. A., Granero. (2014). Verification testing to confirm VO2max attainment in persons with spinal cord injury. Journal of Spinal Cord Medicine, 42(4). https://doi.org/10.1080/10790268.2017.1422890
  2. ² Bakar, Ramli. (2020). The Effect of Learning Motivation on Student’s Productive Compentencies in Vocational High School, West Sumatera Indonesia : University of Padang. International Journal of Asian Social Science, 2014, 4(6): 722-732.
  3. ³ Gani, R. A., Winarno, M. E., Achmad, I. Z., & Sumarsono, R. N. (2020). Vo2max Level of Unsika Swimming Athletes. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(1). https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i1.23696.
  4. ⁴ Lundby, C., Montero, D., & Joyner, M. (2017). Biology of VO2max: looking under
  5. the physiology lamp. In Acta Physiologica (Vol. 220, Issue 2).
  6. https://doi.org/10.1111/apha.12827
  7. ⁵ Medrano-Ureña, M. D. R., Ortega-Ruiz, R., & Benítez-Sillero, J. de D. (2020). Physical fitness, exercise self-efficacy, and quality of life in adulthood: A systematic review. In International Journal of Environmental Research and Public Health (Vol. 17, Issue 17). https://doi.org/10.3390/ijerph17176343
  8. ⁶ Mendias, C. L., Schwartz, A. J., Grekin, J. A., Gumucio, J. P., & Sugg, K. B. (2017). Changes in muscle fiber contractility and extracellular matrix production during skeletal muscle hypertrophy. Journal of Applied Physiology, 122(3). https://doi.org/10.1152/japplphysiol.00719.2016
  9. ⁷ Prashant, P., & Rohilla, R. (2019). Study of Cardiovascular Endurance in Newly Admitted Medical Students. International Journal of Advanced Research, 6, 205–210. https://doi.org/10.21474/IJAR01/8132
  10. ⁸ Rebollo-Ramos, M., Velázquez-Díaz, D., Corral-Pérez, J., Barany-Ruiz, A., Pérez-Bey, A., Fernández- Ponce, C., García-Cózar, F. J., Ponce-González, J. G., & Cuenca-García, M. (2020). Aerobic fitness, Mediterranean diet and cardiometabolic risk factors in adults. Endocrinologia, Diabetes y Nutricion, 67(2). https://doi.org/10.1016/j.endinu.2019.04.004
  11. ⁹ Reigal, R. E., Moral-Campillo, L., Mier, R. J. R. de, Morillo-Baro, J. P., Morales-Sánchez, V., Pastrana, J. L., & Hernández-Mendo, A. (2020). Physical Fitness Level Is Related to Attention and Concentration in Adolescents. Frontiers in Psychology, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00110.
  12. ¹⁰ Rodriguez-Ayllon, M., Cadenas-Sanchez, C., Esteban-Cornejo, I., Migueles, J. H., Mora-Gonzalez, J., Henriksson, P., Martín-Matillas, M., Mena-Molina, A., Molina-García, P., Estévez-López, F., Enriquez, G. M., Perales, J. C., Ruiz, J. R., Catena, A., & Ortega, F. B. (2018). Physical fitness and psychological health in overweight/obese children: A cross-sectional study from the ActiveBrains project. Journal of Science and Medicine in Sport, 21(2). https://doi.org/10.1016/j.jsams.2017.09.019
  13. ¹¹ Sandstedt, E., Fasth, A., Eek, M. N., & Beckung, E. (2013). Muscle strength, physical fitness and well- being in children and adolescents with juvenile idiopathic arthritis and the effect of an exercise programme: A randomized controlled trial. Pediatric Rheumatology, 11(1). https://doi.org/10.1186/1546-0096-11-7
  14. ¹² Suherman. (2018). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Kemendikbud.
  15. ¹³ Wouters, M., Evenhuis, H. M., & Hilgenkamp, T. I. M. (2020). Physical fitness of children and adolescents with moderate to severe intellectual disabilities. Disability and Rehabilitation, 42(18). https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1573932
  16. ¹⁴ Yakup, Koc. (2019). The effect of “Physical Education and Sport Culture” Course on the atitudes of preservice Classroom Teachers Toward Physical Education and Sport. Turkey: Erzincan University. Vol. 6, No. 4:2017. https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i1.6570
  17. ¹⁵ Zainudin, N. I., Athar, A., & Kahri, M. (2019). Analisis Komponen Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Di Lihat Dari Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Kelas V Usia 10 – 12 Tahun Kota Banjarbaru. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i1.6570