Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Articles

Vol. 1 No. 2 (2023): ABISATYA: Journal of Community Engagement

Sosialisasi Model Tes Kebugaran Jasmani Pelajar Nusantara untuk SMPN di Kabupaten Nganjuk

Submitted
November 15, 2023
Published
2023-12-26

Abstract

Abstrak

Menjadi pelajar yang profesional merupakan harapan setiap orang tua, guru agar terciptanya proses Pendidikan dan pembelajaran yang kondusif, dan sesuai dengan capaian orang tua dan guru yang diharapkan. Evaluasi kebugaran siswi sangat diperlukan oleh Guru dan orang tua pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Tetapi model evaluasi yang ada tidak menyediakan norma evaluasi yang mencakup semua jenjang usia siswi. Apalagi hasil evaluasi bisa di analisis dan keluaran bisa dilihat dari capaian yang diharapkan agar putri dan anak didiknya hasil dari tingkat kebugaran jasmani memuaskan. Untuk menyikapi permasalahan yang dihadapi oleh Pelajar PJOK yang dikhususkan untuk memberi informasi kepada Pelajar SMPN dalam proses evaluasi kebugaran Pelajar, maka Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini memiliki target memberikan sosialisasi dan edukasi kepada Pelajar SMPN dalam pelaksanaan Tes Kebugaran Jasmani Pelajar nusantara (TKPN) di Sekolah SMPN Wilayah Kabupaten Nganjuk agar tercapainya suatu proses pembelajaran yang diharapkan. Berdasarkan hasil Tes Kebugaran Pelajar Nusantara dapat diketahui hasil tes kebugaran jasmani 8% kategori baik, sedangkan untuk kategori cukup 30%, dan yang paling banyak sebesar 62% adalah rendah. Dengan hasil tes kebugaran jasmani peserta didik putri untuk usia 14 tahun hasilnya rendah.

References

  1. ¹ Astorino, T. A., Bediamol, N., Cotoia, S., Ines, K., Koeu, N., Menard, N., Nguyen, B., Olivo, C., Phillips, G., Tirados, A., & Cruz, G. V. (2019). Verification testing to confirm VO2max attainment in persons with spinal cord injury. Journal of Spinal Cord Medicine, 42(4). https://doi.org/10.1080/10790268.2017.1422890
  2. ² Bahtra, R., Asmawi, M., Widiastuti, & Dlis, F. (2020). Improved vo2max: The effectiveness of basic soccer training at a young age. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 8(3). https://doi.org/10.13189/saj.2020.080304.
  3. ³ Gani, R. A., Winarno, M. E., Achmad, I. Z., & Sumarsono, R. N. (2020). Vo2max Level of Unsika Swimming Athletes. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(1). https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i1.23696.
  4. ⁴ Lundby, C., Montero, D., & Joyner, M. (2017). Biology of VO2max: looking under the physiology lamp. In Acta Physiologica (Vol. 220, Issue 2).
  5. https://doi.org/10.1111/apha.12827
  6. ⁵ Medrano-Ureña, M. D. R., Ortega-Ruiz, R., & Benítez-Sillero, J. de D. (2020). Physical fitness, exercise self-efficacy, and quality of life in adulthood: A systematic review. In International Journal of Environmental Research and Public Health (Vol. 17, Issue 17). https://doi.org/10.3390/ijerph17176343
  7. ⁶ Mendias, C. L., Schwartz, A. J., Grekin, J. A., Gumucio, J. P., & Sugg, K. B. (2017). Changes in muscle fiber contractility and extracellular matrix production during skeletal muscle hypertrophy. Journal of Applied Physiology, 122(3). https://doi.org/10.1152/japplphysiol.00719.2016
  8. ⁷ Prashant, P., & Rohilla, R. (2019). Study of Cardiovascular Endurance in Newly Admitted Medical Students. International Journal of Advanced Research, 6, 205–210. https://doi.org/10.21474/IJAR01/8132
  9. ⁸ Rebollo-Ramos, M., Velázquez-Díaz, D., Corral-Pérez, J., Barany-Ruiz, A., Pérez-Bey, A., Fernández- Ponce, C., García-Cózar, F. J., Ponce-González, J. G., & Cuenca-García, M. (2020). Aerobic fitness, Mediterranean diet and cardiometabolic risk factors in adults. Endocrinologia, Diabetes y Nutricion, 67(2). https://doi.org/10.1016/j.endinu.2019.04.004
  10. ⁹ Reigal, R. E., Moral-Campillo, L., Mier, R. J. R. de, Morillo-Baro, J. P., Morales-Sánchez, V., Pastrana, J. L., & Hernández-Mendo, A. (2020). Physical Fitness Level Is Related to Attention and Concentration in Adolescents. Frontiers in Psychology, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00110.
  11. ¹⁰ Rodriguez-Ayllon, M., Cadenas-Sanchez, C., Esteban-Cornejo, I., Migueles, J. H., Mora-Gonzalez, J., Henriksson, P., Martín-Matillas, M., Mena-Molina, A., Molina-García, P., Estévez-López, F., Enriquez, G. M., Perales, J. C., Ruiz, J. R., Catena, A., & Ortega, F. B. (2018). Physical fitness and psychological health in overweight/obese children: A cross-sectional study from the ActiveBrains project. Journal of Science and Medicine in Sport, 21(2). https://doi.org/10.1016/j.jsams.2017.09.019
  12. ¹¹ Sandstedt, E., Fasth, A., Eek, M. N., & Beckung, E. (2013). Muscle strength, physical fitness and well- being in children and adolescents with juvenile idiopathic arthritis and the effect of an exercise programme: A randomized controlled trial. Pediatric Rheumatology, 11(1). https://doi.org/10.1186/1546-0096-11-7
  13. ¹² Wouters, M., Evenhuis, H. M., & Hilgenkamp, T. I. M. (2020). Physical fitness of children and adolescents with moderate to severe intellectual disabilities. Disability and Rehabilitation, 42(18). https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1573932
  14. ¹³ Zainudin, N. I., Athar, A., & Kahri, M. (2019). Analisis Komponen Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Di Lihat Dari Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Kelas V Usia 10 – 12 Tahun Kota Banjarbaru. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i1.6570