Pendampingan Penyusunan Instrumen Penilaian Mata Pelajaran Bahasa Mandarin bagi Guru Bahasa Mandarin di Surabaya dan Sekitarnya

Authors

  • Tiffany Qorie Universitas Negeri Surabaya
  • Subandi Universitas Negeri Surabaya
  • Mintowati Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Farhan Masrur Universitas Negeri Surabaya
  • Cicik Arista Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Instrumen Penilaian, Bahasa Mandarin, Pendampingan

Abstract

Abstrak

Evaluasi belajar adalah proses pendidik untuk menentukan nilai belajar yang dilaksanakan melalui kegiatan penilaian atau instrumen tertentu. Berdasarkan hasil pengamatan penulis, masih banyak guru bahasa Mandarin yang kurang memahami bagaimana menyusun instrumen penilaian sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tujuan pendampingan ini adalah membantu, menuntun dan memberikan saran-saran agar guru bisa menyusun instrumen dengan baik, yang bisa digunakan secara praktis pada proses kegiatan belajar mengajar. Instrumen yang baik akan meningkatkan kualitas evaluasi pembelajaran, mempermudah guru mengukur keberhasilan siswa dan membantu mengembangkan program pembelajaran, sehingga diharapkan bisa meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendorong peningkatan keterampilan masing-masing siswa.

References

Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag: Jakarta. 2012

Asrul, Rusydi Ananda, dkk. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media: Bandung. 2014.

Kartono, Giri. “Kedudukan dan Fungsi Bahasa Asing di Indonesia” dalam Politik Bahasa Nasional 2. Jakarta: Balai Pustaka. Hlm. 121-130. 1984.

Mahirah. Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Jurnal Idaarah, Vol. 1 (2): 257-267. doi:https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4269. 2017.

Rahman, Arif, Narysha, Cut. Evaluasi Pembelajaran. Uwais: Jawa Timur. 2019.

Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam, Kalam Mulia: Jakarta. 2002.

Renstra Universitas Negeri Surabaya (UNESA). 2020-2014.

Retmono. “Pengajaran Bahasa Asing dalam Rangka Politik Bahasa Nasional” dalam Politik Bahasa Nasional 2. Jakarta: Balai Pustaka. Hlm. 131-142. 1984.

Statuta Unesa. Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan tinggi Republik Indonesia Nomor 79. 2017.

Sutami, Hermina. Fungsi dan Kedudukan Bahasa Mandarin di Indonesia. Paradigma Jurnal Kajian Budaya 2(2):212. doi:10.17510/paradigma.v2i2.28. 2016.

Thoha, M. Chabib. Teknik Evaluasi Pendidikan, PT. Raja Grafindo: Jakarta. 1990.

Downloads

Published

2023-12-26

How to Cite

Qorie, T., Subandi, Mintowati, Masrur, M. F., & Arista, C. (2023). Pendampingan Penyusunan Instrumen Penilaian Mata Pelajaran Bahasa Mandarin bagi Guru Bahasa Mandarin di Surabaya dan Sekitarnya. ABISATYA : Journal of Community Engagement, 1(2), 23–27. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/abisatya/article/view/27732
Abstract views: 62 , PDF Downloads: 55