Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Articles

Vol. 1 No. 2 (2023): ABISATYA: Journal of Community Engagement

Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Santri Pondok Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo

Submitted
October 9, 2023
Published
2023-12-26

Abstract

Abstrak

Beberapa pondok pesantren di Indonesia mewajibkan santrinya menguasai bahasa asing selain Bahasa Arab. Salah satu pondok pesantren yang mendorong dan mendukung santrinya untuk menguasai bahasa asing adalah Pondok Pesantren Bumi Sholawat (PPBS) Sidoarjo. Melalui penguasaan Bahasa Inggris santri di PPBS diharapkan memiliki wawasan internasional dan bekal untuk menghadapi tantangan masa depan. Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris dilaksanakan secara baik di PPBS. Meskipun demikian, santri PPBS harus tetap meningkatkan keterampilan berbahasa Inggrisnya. Salah satu cara untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbahasa adalah melalui pembelajaran, pelatihan, pendampingan, dan tes. Tes yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah tes yang mirip dengan tes kemahiran Bahasa Inggris internasional yang akan diikuti oleh santri ketika mereka sudah berada di kelas XII SMA. Hasil tes menunjukkan bahwa 40% santri atau 16 santri mencapai tingkat advance atau mahir yang merupakan tingkatan tertinggi dalam tes ini. Selanjutnya 43% santri atau 17 santri berada pada tingkatan high intermediate. Lalu, sekitar 17% santri masih belum memenuhi standar minimal skor yang harus dicapai. Dengan demikian 83% atau 33 santri dari 40 santri yang mengikuti kegiatan ini telah memenuhi standar minimal skor yang ditetapkan. Bahkan ada santri yang bisa mencapai tingkat mahir atau advance.

References

  1. ¹ Syafe’I, I. PONDOK PESANTREN: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. 2017. 8(1), 85-103.
  2. ² Komariah, N. Pondok Pesantren Sebagai Role Model Pendidikan Berbasis Full Day School. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam. 2016. 5 (2). 183-198.
  3. ³ Fitri, R., Syarifuddin Ondeng. Pesantren di Indonesia:Lembaga Pembentukan Karakter. Al Urwatul Wutsqa:Kajian Pendidikan Islam. 2022. 2(1), 42-54. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul
  4. ⁴ Al Furqon. Konsep Pendidikan Islam Pondok Pesantren dan Upaya Pembenahannya. Padang: UNP Press. 2015.
  5. ⁵ Fahham, A.M. Pendidikan Pesantren: Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter dan Perlindungan Anak. Jakarta: PUBLICA INSTITUTE. 2020.
  6. ⁶ Risdianto, F. Model Pembelajaran Bahasa Inggrisdi Ponpes Ta’mirul Islam Surakarta. LEKSEMA. 2016. (1), 47-48.
  7. ⁷ Warohma, E., M. Ilham Abdillah, Siti Mei Arini. Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Pada Santri Pondok Pesantren Nurul Huda(PPNH) Sukaraja. Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. 2020. 9(2), 81-89 https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/manhaj
  8. ⁸ Rosyada, A., Agustina Ramadhianti. Implementasi Pembelajaran English-Speaking pada Pondok Pesantren Tradisional Al Mustaqim: Tantangan untuk Dakwah Global. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 2021. 12(3), 428-437 http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas428
  9. ⁹ Fahrur, R., Ilmi Mustafidhah Rokhimah, Rafika Wahyuni Melina. Gesture of Agoes Ali Masyhuri in Islamic Congregational Study in Bumi Shalawat Progressive Islamic Boarding School. 2019. Proceedings of International Conference on Da’wa and Communication. 1(1), 562-579.
  10. ¹⁰ Rachmania, L., Fa’iqo Kumalasari, Muhammad Abdurrozaq Purnama Zain. Dakwah Persuasif KH. Agoes Ali Masyhuri Pengasuh Pondok Bumi Sholawat dalam Channel Youtube Kajian Progresiftv. Al Ittishol. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. 2022. 3(2). 135-146. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/542/302