Pelatihan Menulis Hanzi Sederhana untuk siswa kelas XI SMAN 2 Sidoarjo
Keywords:
menulis, Hanzi, goresan, pelatihan menulisAbstract
Abstrak
Artikel ini ditulis dengan tujuan mendeskripsikan pemahaman para siswa tentang hanzi, baik asal-usul atau sejarahnya, cara menulis hanzi baik tentang bentuk goresan, jumlah goresan, maupun urutan goresan hanzi; hasil latihan menulis hanzi, dan respon siswa terhadap pelatihan dan pendampingan menulis hanzi sederhana. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan angket. Hasil tes berupa pelatihan dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan hasil angket dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan teknik persentase. Hasil yang diperoleh adalah (1) mitra penelitian, siswa kelas XI SMAN 2 Sidoarjo memahami materi yang disampaikan Tim penelitian; (2) mitra penelitian mampu menulis Hanzi sesuai dengan urutan, jumlah, dan bentuk goresan; (3) mitra penelitian menyatakan latihan menulis Hanzi sangat bermanfaat bagi mereka.
References
Ahmadi, A. (2020). Psychowriting: Menulis Perspektif Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Ahmadi, A. (2019). Menulis Fiksi dan Nonfiksi. Sidoarjo: Delima.
Ahmadi, A., & Yulianto, B. (2017). Descriptive-analytical studies of literacy movement
in Indonesia, 2003-2017. International Journal of Humanities and Cultural
Studies, 4(3), 16- 24.
Ahmadi, A. (2015). Psikologi Menulis. Yogyakarta: Ombak.
Cloutier, C. (2016). How I Write: An Inquiry Into the Writing Practices of Academics.
Journal of Management Inquiry, 25(1), 69–84. https://doi.org/10.1177/1056492615585875
De La Paz, S. (2001). Stop and Dare: A Persuasive Writing Strategy. Intervention in School and Clinic, 36(4), 234–243. https://doi.org/10.1177/105345120103600409
Eneste, P. (2009a). Proses Kreatif: Jilid I. Jakarta: KPG. Eneste, P. (2009b). Proses Kreatif: Jilid II. Jakarta: KPG. Eneste, P. (2009c). Proses Kreatif: Jilid III. Jakarta: KPG. Eneste, P. (2009d). Proses Kreatif: Jilid IV. Jakarta: KPG. Mintowati, M. (2003). Membaca. Jakarta: Depdiknas.
Mintowati, M. (2017). Pembelajaran Bahasa Mandarin di Sekolah: Pendekatan dan Metode
Alternatif. Jurnal Cakrawala Mandarin, 1(1), 1-10.
Mintowati, M., & Dasion, H. Y. T. (2019, December). Hate Speech: Forensic Linguistics Study. In Social Sciences, Humanities and Education Conference (SoSHEC 2019)
(pp. 78-80). Atlantis Press.
Yulianto, B. (2008). Mengembangkan Menulis Teknis. Surabaya: Unesa Press. Guzel-Ozmen, R. (2009). Modified Cognitive Strategy Instruction: An Expository
Writing Strategy. Intervention in School and Clinic, 44(4), 216–222. https://doi.org/10.1177/1053451208328829