Pelatihan Menulis Hanzi Sederhana untuk siswa kelas XI SMAN 2 Sidoarjo

Authors

  • Hans Yosef Tandra Dasion (SINTA ID 6759028) Universitas Negeri Surabaya Indonesia 0000-0002-8166-708X
  • Mintowati Mintowati Universitas Negeri Surabaya
  • Miftachul Amri Universitas Negeri Surabaya
  • Anas Ahmadi Universitas Negeri Surabaya
  • Cicik Arista Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

menulis, Hanzi, goresan, pelatihan menulis

Abstract

Abstrak

Artikel ini ditulis dengan tujuan mendeskripsikan pemahaman para siswa tentang hanzi, baik asal-usul atau sejarahnya, cara menulis hanzi baik tentang bentuk goresan, jumlah goresan, maupun urutan goresan hanzi; hasil latihan menulis hanzi, dan respon siswa terhadap pelatihan dan pendampingan menulis hanzi sederhana. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan angket. Hasil tes berupa pelatihan dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan hasil angket dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan teknik persentase. Hasil yang diperoleh adalah (1) mitra penelitian, siswa kelas XI SMAN 2 Sidoarjo memahami materi yang disampaikan Tim penelitian; (2) mitra penelitian mampu menulis Hanzi sesuai dengan urutan, jumlah, dan bentuk goresan; (3) mitra penelitian menyatakan latihan menulis Hanzi sangat bermanfaat bagi mereka.

Author Biography

Hans Yosef Tandra Dasion, (SINTA ID 6759028) Universitas Negeri Surabaya Indonesia

References

Ahmadi, A. (2020). Psychowriting: Menulis Perspektif Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Ahmadi, A. (2019). Menulis Fiksi dan Nonfiksi. Sidoarjo: Delima.

Ahmadi, A., & Yulianto, B. (2017). Descriptive-analytical studies of literacy movement

in Indonesia, 2003-2017. International Journal of Humanities and Cultural

Studies, 4(3), 16- 24.

Ahmadi, A. (2015). Psikologi Menulis. Yogyakarta: Ombak.

Cloutier, C. (2016). How I Write: An Inquiry Into the Writing Practices of Academics.

Journal of Management Inquiry, 25(1), 69–84. https://doi.org/10.1177/1056492615585875

De La Paz, S. (2001). Stop and Dare: A Persuasive Writing Strategy. Intervention in School and Clinic, 36(4), 234–243. https://doi.org/10.1177/105345120103600409

Eneste, P. (2009a). Proses Kreatif: Jilid I. Jakarta: KPG. Eneste, P. (2009b). Proses Kreatif: Jilid II. Jakarta: KPG. Eneste, P. (2009c). Proses Kreatif: Jilid III. Jakarta: KPG. Eneste, P. (2009d). Proses Kreatif: Jilid IV. Jakarta: KPG. Mintowati, M. (2003). Membaca. Jakarta: Depdiknas.

Mintowati, M. (2017). Pembelajaran Bahasa Mandarin di Sekolah: Pendekatan dan Metode

Alternatif. Jurnal Cakrawala Mandarin, 1(1), 1-10.

Mintowati, M., & Dasion, H. Y. T. (2019, December). Hate Speech: Forensic Linguistics Study. In Social Sciences, Humanities and Education Conference (SoSHEC 2019)

(pp. 78-80). Atlantis Press.

Yulianto, B. (2008). Mengembangkan Menulis Teknis. Surabaya: Unesa Press. Guzel-Ozmen, R. (2009). Modified Cognitive Strategy Instruction: An Expository

Writing Strategy. Intervention in School and Clinic, 44(4), 216–222. https://doi.org/10.1177/1053451208328829

Published

2023-03-03

How to Cite

Dasion, H. Y. T., Mintowati, M., Amri, M., Ahmadi, A., & Arista, C. (2023). Pelatihan Menulis Hanzi Sederhana untuk siswa kelas XI SMAN 2 Sidoarjo. ABISATYA : Journal of Community Engagement, 1(1), 1–7. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/abisatya/article/view/21619
Abstract views: 182 , PDF Downloads: 294