Edukasi Cerdas Digital Bagi Perempuan Muslim Daerah Transisi

Authors

  • Mutimmatul Faidah Pendidikan Tata Rias FT Universitas Negeri Surabaya
  • Najlatun Naqiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Mein Kharnolis Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

literasi digital, perempuan, social media, kekerasan berbasis gender online

Abstract

Abstract

Literasi digital penting diberikan kepada perempuan, tak terkecuali di daerah transisi. Transisi merujuk pada situasi desa yang bergeser dari sosial budaya pedesaan ke perkotaan dengan berbagai konsekuensinya. Tulisan ini bertujuan untuk memetakan aset dan potensi Perempuan muslim desa Sidorukun manyar, mendeskripsikan perencanaan aksi edukasi digital, dan mendeskripsikan pelaksanaan aksi dan evaluasi edukasi digital. Metode yang digunakan adalah model pemberdayaan Asset-based Community Development (ABCD). Literasi digital di kalangan perempuan daerah transisi masih minim, dibutuhkan intervensi berbagai pihak dengan beragam program edukasi dan sosialisasi digital. Perempuan daerah transisi sudah aktif di media sosial sebatas sebagai pengguna. Penipuan berbasis online dengan modus kencan online, jasa peminjaman uang, dan belanja online juga ditemukan. Kekerasan berbasis gender lebih banyak pada kasus visual dan verbal. Edukasi ini memberikan pemahaman ragam platform sosial media dan penggunaanya, kemampuan bersosial media dengan bijak, sigap dan tanggap dalam menghadapi berbagai modus penipuan online. Pelaksanaan aksi ini merekomendasikan perlunya aksi yang massif perluasan dan percepatan literasi digital perempuan dengan metode brainstorming, sharing session, dan diskusi.

References

Astutik dan Zulaikha. 2020. Menambah penghasilan keluarga dengan memanfaatkan media sosial di kalangan ibu-ibu rumah tangga. Journal Community Development And Society. Vol 2, No 1 (2020)Volume 2 Ed 1, Juni 2020 Page 41 – 55.

Christian Blickem, et. Al. What is Asset-Based Community Development and How Might It Improve the Health of People With Long-Term Conditions? A Realist Synthesis. SAGE Open July-September 2018: 1–13 © The Author(s) 2018 DOI: 10.1177/2158244018787223.

Duggan M. Brenner J. 2013. Report, The Demographics of Social Media Users 2012. Pew Internet & American Life Project, Washington DC.

Fahmi Anwar. 2017. Perubahan dan Permasalahan Media Sosial. Jurnal Muara: Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni. Vol 1, No 1 (2017).

Intan, Tania, and Sri Rijati Wardiani. "EDUKASI DAN SOSIALISASI ‘INTERNET SEHAT’PADA REMAJA PEREMPUAN (ANALISIS SITUASIONAL DAN RENCANA SOLUSI)." Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5.1 (2022): 29-35.

Kaplan AM, Haenlein M. 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons , 53, 59-68.

Mustaqimah, Nurul, and Annisa Hidaya Rahmah. "Peran Digital Influencer dalam Memberikan Edukasi Pemilihan Produk Kecantikan pada Akun Instagram@ dr. richard_lee." Journal of Communication and Society 1.01 (2022): 1-13.

Pratiwi, Anggi Ayu, Bannan Naelin Najihah, and Hamdan Rizal. "Dakwah Edukasi Digital: Analisis Konten Akun Instagram Mubadalah. Id Dalam Edukasi Keadilan Gender." Journal Of Islamic Social Science And Communication (Jissc) Diksi 1.02 (2022): 121-134.

Rangkuty, Dewi Mahrani, B. Mesra, and Aldi Agustino. "PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN MELALUI EDUKASI KONSEP EKONOMI KREATIF INDUSTRI RUMAH TANGGA DI KECAMATAN BINJAI KOTA." Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat 1.2 (2020): 57-62.

Zakiyyati, Q. Z. 2020. Analisis Praktik Mindring dalam Perspektif Ekonomi Islam di Desa Manyar Sidorukun. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 3(2), 237–249.

https://sidesa.gresikkab.go.id/desa-manyar-sidorukun/

https://mediaindonesia.com/opini/180094/menyiapkan-perempuan-dalam-era-digital.

Published

2023-03-03

How to Cite

Faidah, M., Naqiyah, N., & Kharnolis, M. (2023). Edukasi Cerdas Digital Bagi Perempuan Muslim Daerah Transisi. ABISATYA : Journal of Community Engagement, 1(1), 38–43. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/abisatya/article/view/20083
Abstract views: 92 , PDF Downloads: 83