Skip to main navigation menu Skip to main content Skip to site footer

Articles

Vol. 1 No. 1 (2023): ABISATYA: Journal of Community Engagement

Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pengembangan LKS Literasi Sejarah Tingkat SMA/MA Surabaya

Submitted
November 23, 2022
Published
2023-03-03

Abstract

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) di Prodi Pendidikan Sejarah FISH Unesa. Peserta luring sebanyak 30 orang merupakan alumni Prodi Pendidikan Sejarah yang mengajar mata pelajaran Sejarah di SMA/MA di Surabaya dan Sidoarjo, sementara 40 peserta yang mengikuti secara daring merupakan alumni yang berdomisili di kota-kota Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Madura. Materi yang diberikan adalah pengembangan instrumen penilaian non tes berupa LKS yang berliterasi sejarah. Pelatihan ini berguna bagi guru mata pelajaran sejarah dalam melatihkan dan menumbuhkan kesadaran sejarah siswa serta untuk mengembangkan penilaian non kognitif siswa. Melalui LKS berliterasi sejarah akan menumbuhkan minat dan ketertarikan belajar sejarah. Dengan demikian guru dapat memantau kendala yang dihadapi siswa dan melakukan upaya untuk mengatasinya. Dampak yang diperoleh guru dari kegiatan tersebut adalah meningkatnya kompetensi guru dalam mengembangkan penilaian non tes (LKS) yang berliterasi sejarah.

References

  1. Bennet, 2014.“Teachers’ beliefs and implementation of historical literacy pedagogy in three Advanced Placement United States History classrooms”.The Georgia Social Studies Journal.Fall 2014, Volume 4, Number 2, pp. 53-67. https://www.researchgate.net/publication/304940421
  2. ABISATYA: Journal of Community Engagement
  3. Vol. 1 No. 1 April 2023
  4. https://journal.unesa.ac.id/index.php/abisatya
  5. Hendra Kurniawan, 2018. Literasi Dalam Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Gava Media
  6. Maposa, Marshall dan Johan Wassermann. 2020. Conceptualising Historical Literacy – A Review Of The
  7. Literature. https://www.researchgate.net/publication/262617581
  8. National History Education Clearinghouse. 2012. Historical thinking-what is it?. Retrieved from
  9. http://teachinghistory.org/historical-thinking-intro
  10. OECD. 2006. Pisa 2006 Technical Report
  11. Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti dalam Berita Negara Republik
  12. Indonesia Tahun 2015 No. 1072
  13. Putra, Oki W dan Aisiah. 2021. “Pengembangan E-LKPD Berlandaskan Nasionalisme pada
  14. Pembelajaran Sejarah (Materi: Pergerakan Nasional sampai Sumpah Pemuda). Kronologi.Vol. 3 No. 1
  15. Santoso, Yusuf Budi P. 2017. “Problematika Dalam Pelaksanaan Pendidikan Sejarah di Sekolah
  16. Menengah Atas Kota Depok”. Jurnal Candrasangkala Vol. 3 No. 1
  17. Sari, Yuli Ifana, and Dwi Kurniawati. "Keterampilan Merancang Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Learning Cycle 5E Di MA Khairuddin Gondanglegi." Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat2.02 (2019).
  18. Wibowo, Tubagus USH. 2017. “Membangun Literasi Sejarah Lokal di Kalangan Siswa melalui Pembelajaran Sejarah Berbasis Keunikan Toponimi Kawasan Banten Lama. The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching. Surakarta, 4-5 April ISSN 2549-5607