Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pengembangan LKS Literasi Sejarah Tingkat SMA/MA Surabaya

Authors

  • Sri Mastuti Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Suprijono Universitas Negeri Surabaya
  • Corry Liana Universitas Negeri Surabaya
  • Riyadi Riyadi Universitas Negeri Surabaya
  • Dinar Rizky L Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

instrumen penilaian, lks, literasi sejarah

Abstract

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) di Prodi Pendidikan Sejarah FISH Unesa. Peserta luring sebanyak 30 orang merupakan alumni Prodi Pendidikan Sejarah yang mengajar mata pelajaran Sejarah di SMA/MA di Surabaya dan Sidoarjo, sementara 40 peserta yang mengikuti secara daring merupakan alumni yang berdomisili di kota-kota Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Madura. Materi yang diberikan adalah pengembangan instrumen penilaian non tes berupa LKS yang berliterasi sejarah. Pelatihan ini berguna bagi guru mata pelajaran sejarah dalam melatihkan dan menumbuhkan kesadaran sejarah siswa serta untuk mengembangkan penilaian non kognitif siswa. Melalui LKS berliterasi sejarah akan menumbuhkan minat dan ketertarikan belajar sejarah. Dengan demikian guru dapat memantau kendala yang dihadapi siswa dan melakukan upaya untuk mengatasinya. Dampak yang diperoleh guru dari kegiatan tersebut adalah meningkatnya kompetensi guru dalam mengembangkan penilaian non tes (LKS) yang berliterasi sejarah.

References

Bennet, 2014.“Teachers’ beliefs and implementation of historical literacy pedagogy in three Advanced Placement United States History classrooms”.The Georgia Social Studies Journal.Fall 2014, Volume 4, Number 2, pp. 53-67. https://www.researchgate.net/publication/304940421

ABISATYA: Journal of Community Engagement

Vol. 1 No. 1 April 2023

https://journal.unesa.ac.id/index.php/abisatya

Hendra Kurniawan, 2018. Literasi Dalam Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Gava Media

Maposa, Marshall dan Johan Wassermann. 2020. Conceptualising Historical Literacy – A Review Of The

Literature. https://www.researchgate.net/publication/262617581

National History Education Clearinghouse. 2012. Historical thinking-what is it?. Retrieved from

http://teachinghistory.org/historical-thinking-intro

OECD. 2006. Pisa 2006 Technical Report

Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti dalam Berita Negara Republik

Indonesia Tahun 2015 No. 1072

Putra, Oki W dan Aisiah. 2021. “Pengembangan E-LKPD Berlandaskan Nasionalisme pada

Pembelajaran Sejarah (Materi: Pergerakan Nasional sampai Sumpah Pemuda). Kronologi.Vol. 3 No. 1

Santoso, Yusuf Budi P. 2017. “Problematika Dalam Pelaksanaan Pendidikan Sejarah di Sekolah

Menengah Atas Kota Depok”. Jurnal Candrasangkala Vol. 3 No. 1

Sari, Yuli Ifana, and Dwi Kurniawati. "Keterampilan Merancang Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Learning Cycle 5E Di MA Khairuddin Gondanglegi." Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat2.02 (2019).

Wibowo, Tubagus USH. 2017. “Membangun Literasi Sejarah Lokal di Kalangan Siswa melalui Pembelajaran Sejarah Berbasis Keunikan Toponimi Kawasan Banten Lama. The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching. Surakarta, 4-5 April ISSN 2549-5607

Published

2023-03-03

How to Cite

Mastuti, S., Suprijono, A., Liana, C., Riyadi, R., & Rizky L, D. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pengembangan LKS Literasi Sejarah Tingkat SMA/MA Surabaya. ABISATYA : Journal of Community Engagement, 1(1), 32–37. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/abisatya/article/view/20081
Abstract views: 84 , PDF Downloads: 69