Pelatihan Implementasi Sekolah Ramah Anak di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang

Authors

  • syafiul anam Universitas Negeri Surabaya
  • Abdul Hafidz Universitas Negeri Surabaya
  • Abdur Rosyid Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Sekolah Ramah Anak, Kekerasan pada anak, Pesantren

Abstract

Abstrak

Beberapa waktu belakangan ini, banyak diberitakan kasus kekerasan seksual dan fisik pada anak, tak terkecuali di sekolah, tempat mereka menimba ilmu. Oleh sebab itu, perlu adanya pelatihan implementasi sekolah ramah anak dalam mencegah terjadinya kekerasan seksual dan fisik di sekolah yang dianggap aman untuk anak-anak belajar. Tujuan pelatihan ini adalah terwujudnya pendidikan yang ramah anak di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar, Jombang. Dengan adanya pelatihan diharapkan akan mampu mewujudkan kualitas pendidikan yang baik di madrasah berbasis pesantren. Metode pelatihan yang digunakan adalah dengan metode pendekatan ceramah bervariasi dan praktek implementasi sekolah ramah anak. Hasil dari pelatihan ini menunjukan bahwa peserta menganggap bahwa materi pelatihan disajikan dengan baik, jelas dan sistematis. Peserta juga menganggap materi pelatihan sangatlah mendalam dan pemateri memberikan contoh-contoh yang nyata sehingga membantu mereka lebih mudah memahami materi. Selanjutnya, guru juga menyampaikan bahwa pelatihan sekolah ramah anak ini memberi manfaat dalam banyak hal, karena mampu meningkatkan pemahaman tentang pencegahan kekerasan seksual dan perundungan, seperti untuk meningkatkan kesadaran pentingnya pencegahan kekerasan seksual dan perundungan di sekolah berbasis pesantren, serta untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat program pencegahan kekerasan seksual dan perundungan.

References

Published

2023-03-03

How to Cite

anam, syafiul, Hafidz, A., & Rosyid, A. (2023). Pelatihan Implementasi Sekolah Ramah Anak di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang. ABISATYA : Journal of Community Engagement, 1(1), 49–55. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/abisatya/article/view/20073
Abstract views: 411 , PDF Downloads: 316