IbM Strategi Pembuatan Alat Permainan Edukatif Kearifan Lokal Berbasis Teknologi Informasi Bagi Pendidik Anak Usia Dini

Penulis

  • Hanggara Budi Utomo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Veny Iswantiningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Itot Bian Raharjo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • David Rindu Kurniawan Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.26740/abi.v2i2.14022

Abstrak

Tujuan dari program Iptek bagi Masyarakat (IbM) ini adalah agar pendidik dan calon pendidik anak usia dini dapat mengembangkan kreativitas dalam merancang dan membuat alat permainan edukatif berbasis kearifan lokal, serta dapat menggunakan teknologi informasi sebagai sarana untuk mengembangkan secara digital tahapan membuat dan merancang alat permainan edukatif. Target yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian ini adalah membentuk team work yang cukup memahami pengetahuan dalam membuat dan merancang alat permainan edukatif kearifan lokal. Metode penerapan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi, serta evaluasi yang dikemas secara sikron dan asinkronus.  Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara keseluruhan sangat baik. Rancangan pembuatan alat permainan edukatif berbasis kearifan lokal dapat direkomendasikan dan dimplementasikan di taman kanak-kanak sebagai media pembelajaran dalam mengenalkan kearifan lokal. Implikasi dari kegiatan pengabdian ini adalah pendidik harus mampu mendukung pembelajaran muatan lokal dengan mengenalkan kearifan lokal daerah dengan perpaduan dengan teknologi informasi

Biografi Penulis

Hanggara Budi Utomo, Universitas Nusantara PGRI Kediri

PG-PAUD, FKIP

Universitas Nusantara PGRI Kediri

Itot Bian Raharjo, Universitas Nusantara PGRI Kediri

PG-PAUD, FKIP

David Rindu Kurniawan, Universitas Nusantara PGRI Kediri

PG-PAUD, FKIP

Referensi

<p>Asnawi, Riyani, M., &amp; Hanafiah, H. (2020). Pengembangan alat permainan edukatif model peabody berbasis kearifan lokal bagi pendidik paud. <em>Global Science Society (GSS) Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat</em>, <em>2</em>(1), 26852497.</p><p>Guslinda, G., &amp; Kurnia, R. (2018). <em>Media Pembelajaran Anak Usia Dini</em>. Surabaya: Jakad Publishing.</p><p>Hijriati, H. (2017). Peranan dan manfaat APE untuk mendukung kreativitas anak usia dini. <em>Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak</em>, <em>3</em>(2), 5969.</p><p>Karwati, E. (2014). Pengembangan pembelajaran dengan menekankan budaya lokal pada pendidikan anak usia dini. <em>EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar</em>, <em>6</em>(1), 5360.</p><p>Marselina, S. (2018). <em>Perancangan alat permainan edukatif berbasis kearifan lokal sebagai upaya pengembangan motorik bagi anak taman kanak-kanak di Kota Sukabumi</em> [UPI Bandung]. http://repository.upi.edu/36656/3/S_PKK_1405310_ Abstract.pdf</p><p>Ndeot, F., Redy Partus Jaya, P., &amp; Rahayu Anwar, M. (2019). Praktik pembuatan APE verbasis budaya Manggarai di PKG Ca Nai Cibal. <em>Amal Ilmiah¯: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat</em>, <em>1</em>(1), 1723.</p><p>Santrock, J. (2008). <em>Educational psychology</em> (Penerjemah: Tri Wibowo BS (ed.)). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.</p><p>Sukadari, S., Prihono, E. W., Singh, C. K. S., Syahruzah, J. K., &amp; Wu, M. (2020). The implementation of character education through local wisdom based learning. <em>International Journal of Innovation, Creativity and Change</em>, <em>11</em>(4), 389403.</p><p>Sulastri, Y. L., Rahma, A., &amp; Hakim, L. L. (2017). IbM Pembuatan alat permainan edukatif (APE) ramah anak bagi guru Paud di Kota Bandung. <em>Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat</em>, <em>7</em>(2), 84.</p><p>Zaman, B. (2018). <em>Media dan Sumber Belajar TK. In: Esensi Sumber Belajar dalam Pembelajaran Anak Usia Dini</em>. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.</p>

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-13

Cara Mengutip

Utomo, H. B., Iswantiningtyas, V., Raharjo, I. B., & Kurniawan, D. R. (2021). IbM Strategi Pembuatan Alat Permainan Edukatif Kearifan Lokal Berbasis Teknologi Informasi Bagi Pendidik Anak Usia Dini. Abimanyu : Jornal of Community Engagement, 2(2), 36–42. https://doi.org/10.26740/abi.v2i2.14022

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstract views: 732 , PDF Downloads: 1130

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama