PKM Pengasuhan Positif Anak Usia Dini Di Desa Kedak Kabupaten Kediri

Authors

  • Hanggara Budi Utomo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ridwan Ridwan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Epritha Kurniawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Linda Dwiyanti Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.26740/abi.v2i1.7926

Abstract

Pola asuh orang tua selama ini masih cenderung melakukan pengasuhan negatif untuk anaknya yang masih usia dini, dan orang tua belum memahami tentang pengetahuan dan kesadaran orang tua tentang pengasuhan positif. Tujuan dilakukan kegiatan adalah untuk mensosialisasikan model pengasuhan positif anak usia dini pada masyarakat. Metode yang diterapkan adalah metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi, serta evaluasi. Adapun hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, antara lain: dukungan yang besar dari perangkat desa dimana hal ini terbukti dari keterlibatan dalam memberikan fasilitas penyelenggaraan sosialisasi; antusiasme warga masyakarakat untuk berpartisipasi aktif mengikuti kegiatan sosialisasi pengasuhan positif anak usia dini sampai selesai dan adanya kemauan dari peserta untuk belajar dan berbagi pengalaman terkait pola asuh; permasalahan yang diajukan dan ditemukan merupakan permasalahan yang sesuai dengan arah pengembangan dan hasil diskusi dengan pendidik PAUD di desa Kedak Kecamatan Semen Kabupaten Kediri; harapan selanjutnya, kegiatan sosialisasi maupun parentinf khususnya yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini dapat dilaksanakan kembali dikemudian hari, dikarenakan selama ini baru pertama kali dilaksanakan kegiatan tersebut. Kegiatan pengasuhan ini memberikan pengetahuan dan kesadaran kepada masyarakat Desa Kedak Kecamatan Semen Kabupaten Kediri akan pentingnya pengasuhan positif untuk anak usia dini.

Author Biographies

Hanggara Budi Utomo, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Pendidikan Guru PAUD

Ridwan Ridwan, Universitas Nusantara PGRI Kediri

PG-PAUD Department

Epritha Kurniawati, Universitas Nusantara PGRI Kediri

PG-PAUD Department

Linda Dwiyanti, Universitas Nusantara PGRI Kediri

PG-PAUD Department

References

<p>American Psychological Association. <em>Parenting</em>. Retrieved from http://apa.org/topics/parenting/index.aspx, diakses 19 Maret 2020.</p><p>Barlow, J., Smailagic, N., Huban, M., Roloff, V., &amp; Bennett, C. (2012). Parent-training programmes for improving parental psychosocial health. <em>Campbell Systematic Reviews</em><em>, 15</em>.</p><p>Berns, R. M. (2012). <em>C</em><em>hild, family, school, community socialization and support ninth edition</em>. United States: Wadsworth, Cengage Learning</p><p>Brooks, J.B. (2001). <em>Parenting</em>. California: Mayfield Publishing Company.</p><p>Byrne, S. (2010). <em>Evaluación del programa de apoyo personal y familiar para familias en riesgo psicosocial en la Comunidad de Castilla y León</em>. Universidad de la Laguna.</p><p>Dewanggi, M., Hastuti, D., &amp; Hernawati, N. (2012). Pengasuhan orang tua dan kemandirian anak usia 3-5 tahun berdasarkan gender di kampung adat urug. <em>Jurnal Ilmu Keluarga &amp; Konsumen, 5</em>(1), 19-28.</p><p>Hasal, M. A. (2003). <em>Pedoman hidup berumah tangga</em>. Jakarta: Pernada Media</p><p>Hurlock. E. (2000). <em>Perkembangan </em><em>a</em><em>nak: Edisi </em><em>k</em><em>eenam</em>. Jakarta: Erlangga</p><p>Kahraman, H., Irmak, T.Y., &amp; Basokcu, T.O. (2017). Parenting practices scale: Its validity and reliability for parents of school-aged children. <em>Educational Sciences: Theory &amp; Practice, 17</em>(3), 745-769.</p><p>Kemendikbud. (2018). <em>Pengasuhan </em><em>p</em><em>ositif.</em> Jakarta: Kemdikbud</p><p>Kemendikbud. (2019). <em>Modul </em><em>p</em><em>engasuhan </em><em>p</em><em>ositif</em>. Jakarta: Kemendikbud</p><p>Kurniawan, H., &amp; Sikhah. (2018). <em>Cara terbaik mendidik anak</em>. Sidoarjo: Media Cerdas.</p><p>OConnor, T.G. (2002). Annotation: The `effects' of parenting reconsidered: findings, challenges, and applications. <em>The Journal of Child Psychology and Psycchiatry, 43</em>(5), 555-572</p><p>Pastor, C., Ciurana, A., Navajas., Cojocaru., &amp; Vazquesz, N. (2015). Positive parenting : Lesson from research. <em>Revista De Cercetare Si Interventie Sociala</em>, <em>51</em>, 227-239</p><p>Rodrigo, M. J., Byrne, S., &amp; Rodriguez, B. (2014). Parenting styles and child well-being. In BenArieh, A., Casas, F., Frønes, I., &amp; Korbin, J.E. <em>Handbook of child well-being Theories, Methods and Policies in Global Perspective</em>.</p><p>Shaw, D. S., Dishion, T. J., Supplee, L., Gardner, F., &amp; Arnds, K. (2006). Randomized trial of a family-centered approach to the prevention of early conduct problems: 2- year effects of the family check-up in early childhood. <em>Journal of Consulting and Clinical Psychology, 74</em>(1), 1-9.</p><p>Shochib, M. (2002). <em>Pola asuh orang tua: </em><em>D</em><em>alam membantu mengembangkan disiplin diri</em>. Jakarta: Rineka Cipta.</p><p>Sutanto, A, V &amp; Andriyani, A. (2018). <em>Positive </em><em>p</em><em>arenting: </em><em>M</em><em>embangun karakter positif </em><em>a</em><em>nak. </em>Yogyakarta: Pustaka Baru.</p>

Published

2021-02-01

How to Cite

Utomo, H. B., Ridwan, R., Kurniawati, E., & Dwiyanti, L. (2021). PKM Pengasuhan Positif Anak Usia Dini Di Desa Kedak Kabupaten Kediri. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.26740/abi.v2i1.7926
Abstract views: 506 , PDF Downloads: 438