Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Fruity Loops Untuk Meningkatkan Pembelajaran Mata Kuliah Tata Suara

Main Article Content

Yunanto Tri Laksono

Abstract

Teknologi seni merupakan bidang ilmu yang berkaitan dengan era 4.0, melalui software dan hardware seni berupaya mengikuti pola dan bentuk dalam penciptaan maupun pengaransemen ulang dalam proses produksi seni. Keterkaitan seni tidak jauh dari pengembangan metode pada pembelajaran yang berkaitan dengan sistem dan cara pengajaran, beberapa Institusi/Universitas pada sistem pembelajaran seni musik khsusunya sudah mengembangkan komposisi dan aransemen menggunakan software. Permasalahan yang muncul pada proses kegiatan belajar dan mengajar masih dialamai baik dari segi metode yang diajarkan maupun dari segi materi yang diberikan, sehingga proses belajar dan mengajar kurang bisa berkembang. Tujuan dari pengembangan metode pembelajaran ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswa khsusunya yang mengampu mata kuliah tata suara. Bentuk komposisi dan aransemen lebih menarik, berkembang dan juga lebih inovatif dalam penciptaannya. Metode yang digunakan adalah analisis deskiptif, yang mengambil dari beberapa sampel data tentang mata kuliah ini, dinilai dari sistem pembelajaran, metode yang digunakan pada pembelajaran, serta aspek-aspek yang kurang menunjang pada pembelajaran sehingga perlu adanya kajian metodologi.             

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Peningkatan Pembelajaran, Tata Suara.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Laksono, Y. T. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Fruity Loops Untuk Meningkatkan Pembelajaran Mata Kuliah Tata Suara. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 2(1), 41–46. https://doi.org/10.26740/vt.v2n1.p41-46
Section
Articles

References

Sutikno, Sobry. (2014). Metode dan Model-Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Lombok: Holistica.

B. Hamzah dan Nurdin. (2011). Belajar Dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Komalasari, Kokom. (2013). Pembelajaran Kontekstul: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Adiatama.

Gaspersz, Vincent. (2004). Production Planning and Inventory Control, Cetakan Keempat. Jakarta: Gramedia.

Sarwono, S.W. (2002). Psikologi Remaja. Edisi Revisi 8. Jakarta: Raja Gravindo Pustaka.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Komalasari, Kokom. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama Bandung.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yunanto Tri Laksono. (2017). Penerapan Aplikasi Fruity Loops Sebagai Media Pembelajaran Penciptaan Komposisi dan Aransemen Tata Suara. Volume 1 No. 3, 253-261. Jurnal Studi Komunikasi.

Yunanto Tri Laksono. (2017). Sibelius Software Sebagai Media Aransemen Pada Kelompok Musik Keroncong Kurmunadi di Surabaya. Volume 7, No 2. Jurnal Terob.

Yunanto Tri Laksono. (2018). Song Arrangement Can You Fell The Love Tonight Using Sibelis On Movie