Pengaruh Mendengarkan Musik Bagi Kenyamanan Pengendara Mobil Angkutan Umum di Gresik

Main Article Content

Muhammad Burhanudin Ganda Saputra

Abstract

Kenyamanan bekerja menjadi aspek penting bagi pengemudi angkutan umum. mereka rentan mengalami stress sebagai dampak dari kemacetan, pola makan tidak teratur dan target setoran. Salah satu cara yang digunakan untuk menghindari stress yaitu mendengarkan musik. Musik memberikan stimulus tertentu dengan menawarkan bentuk emosi lain dimana mampu meredakan stress. Berdasarkan pada latarbelakang tersebut, peneliti mencoba untuk meneliti apakah mendengarkan musik juga berpengaruh pada kenyamanan pengendara mobil angkutan umum di Gresik. Musik merupakan karya seni bunyi sebagai bentuk pengaktualisasian pikiran dan perasaan penciptanya melalui komposisi atau unsur unsur tertentu seperti harmoni, irama, melodi, atau struktur lagu dan unsur unsur ekspresi yaitu tempo, dinamika dan warna nada yang mana merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Hasil dari kolaborasi komposisi dan unsur unsur musik tersebut menghasilkan beberapa jenis genre atau pengelompokkan jenis musik. Terdapat beberapa jenis  genre diantaranya musik populer, jazz, Gospel, Blues, Rhytm and blues, funk, rock, metal hardcore, elekronic, ska/reggae/dub, dan hip hop/rap/rapcore.berbagai jenis genre musik tersebut dapat menciptakan suatu kenyamanan bagi manusia sehingga berpengaruh pada emosial. Sifat dan jenis penelitian ini yaitu kuantitatif eksplanatif dengan metode pengambilan sampel purposive sampling sehingga membutuhkan instrumen penelitian berbentuk kueisoner sebagai alat pengumpulan data. Kemudian, obyek penelitian ini yaitu pengemudi bus angkutan umum di Terminal Bunder Kota Gresik. Sedangkan teknik pengambilan data yang digunakan untuk data primer yaitu dengan cara observasi, wawancara dan untuk data sekunder menggunakan data yang sudah ada seperti buku, jurnal dan artikel online. Data yang ditemukan diolah dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan pada temuan data dilapangan, dari 10 responden seluruhnya mendengarkan musik. 90% diantaranya menyukai genre musik dangdut dan 10% yang mendengarkan musik selain dangdut rata  rata responden mendengarkan musik karena dapat meredakan stress. Dengan menggunakan rating scale, ditemukan bahwa mendengarkan musik berpengaruh pada kenyamanan pengemudi angkutan umum di Kota Gresik. Yaitu sebesar 71,2% dan tergolong kuat pengaruhnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mendengarkan musik bagi pengendara angkutan umum di Kota Gresik berpengaruh pada kenyamanan mereka saat mengemudi karena dapat meredakan stress dan meningkatkan fokus.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ganda Saputra, M. B. (2020). Pengaruh Mendengarkan Musik Bagi Kenyamanan Pengendara Mobil Angkutan Umum di Gresik. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 2(1), 47–55. https://doi.org/10.26740/vt.v2n1.p47-55
Section
Articles

References

Bonoe, P. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta: Best Publisher

Depdikbud, (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia

Diener, Ed. (2009). Social Indicators Research Series: Assesing Subjective Well-Being London: Springer.

Djohan, (2005). Psikologi Musik. Yogyakarta: Penerbit Buku Baik

Marzuki, Latifah K. (1995). Istilah-istilah Musik. Jakarta: Djambatan

Moleong, L.J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya

Prier, Karl-Edmund, SJ. (2014). Kamus Musik. Yogyakarta: Pusat Liturgi Musik

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Satwiko. (2009). Fisika Bangunan. Yogyakarta: Andi

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Syafiq, M. (2003). Ensiklopedia Musik Klasik. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa

Tzanetakis, G. & Cook, P. (2002). Musical Genre Classification of Audio Signals. IEEE Transactions on Speech and Audio Processing.