Estetika Paduan Suara Drama Musikal Abu Dzar Al Ghifari

Main Article Content

Welly Suryandoko

Abstract

Unsur Drama Musikal terdiri dari drama tari dan musik. Masing-masing variabel tersebut menjadi dimensi penguat dalam pertunjukan Drama Musikal. Termasuk musik, selain instrumen yang dapat menghasilkan musik ilustrasi pada adegan tertentu atau suasana adengan tertentu. Paduan suara dalam Drama Musikal Abu Dzar Al Ghifari sebagai penggerak plot. Peranan paduan suara dalam pertunjukan ini adalah a) Dimensi peran paduan suara terbagi menjadi empat hal 1) paduan suara sebagai aktor, 2) paduan suara sebagai penguat peristiwa, 3) paduan suara sebagai penonton ideal, 4) paduan suara dan gerak tari. b) Estetika paduan suara terbagi menjadi lima hal 1) solois dalam paduan suara, 2) lagu pembuka paduan suara, 3) lagu adengan suasana, 4) lagu klimaks, dan 5) lagu penutup drama musikal. Perspektif diatas dikaji menggunakan kajian estetika untuk menganalisis Paduan Suara Drama Musikal Abu Dzar Al Ghifari yang menceritakan kisah heroik tokoh dimasa Rosulullah Muhammad SAW. Melalui analisis tersebut akan dihasilkan spektrum estetika Paduan Suara dalam Drama Musikal.

Kata kunci: estetika, paduan suara, drama musikal

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Suryandoko, W. (2020). Estetika Paduan Suara Drama Musikal Abu Dzar Al Ghifari. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 1(2), 25–31. https://doi.org/10.26740/vt.v1n2.p25-31
Section
Articles

References

El Saptaria, Rikrik. 2006. Panduan Praktis Akting untuk Film dan Teater. Bandung: Rekayasa Sains.

Hestyono, M. 1997. Sekelumit Tentang Paduan Suara. Bandung: Tidak diterbitkan.

Jamalus. 1991. Pendidikan Kesenian I (Musik). Jakarta: Bumi Aksara.

Joseph, Wagiman. 2004. Teori Musik II. Semarang : Sendratasik, FBS, UNNES.

Kurnianingsih, Widhi. 2013. Pembelajaran Vokal di Purwacaraka Musik Studio Semarang. Semarang: Tidak diterbitkan

Riantiarno, N, 2003, Menyentuh Teater, MU:3 Books, Jakarta

Sahid, Nur, 2004, Semiotika teater, Lembaga penelitian ISI Yogyakarta.

Soedarsono, RM. 1972. Djawa Dan Bali DuaPusatPerkembanganSeni Drama Tradisional Di Indonesia.Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Yudiarini, M.A Drs; 2002.Panggung Teater Dunia. Pustaka Gendho Suli. Jogjakarta.