Analisis Interpretasi Musik Jaman Barok Pada Prelude From Suite No.1 For Violoncello Solo Karya J.S. Bach
Main Article Content
Abstract
Peneliti menganalisis interpretasi musik Jaman Barok pada lagu Prelude from Suite No.1 for Violoncello dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman banyak orang terutama para pemain dan mahasiswa musik tentang bagaimana penginterpretasian musik Jaman Barok yang tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif karena tidak menggunakan angka-angka sebagai sumber datanya. Objek penelitian difokuskan pada interpretasi dari lagu tersebut dengan menerapkan beberapa teori diantaranya bentuk musik, struktur musik, aturan-aturan interpretasi musik Jaman Barok, dan ekspresi musik dari Jaman Barok. Hasil penelitiannya diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prelude from Suite No.1 for Violoncello Solo karya J.S. Bach ini memiliki bentuk dual yang terdiri dari bagian satu dan bagian dua. Analisis dari interpretasinya dianalisis melalui aturan-aturan interpretasi musik Jaman Barok yang terdiri dari metrik, slur, detached notes, unequal notes, dan dinamika. Dengan metrik C atau 4/4 maka Prelude dimainkan dengan tempo yang lambat mulai dari adagio hingga allegro. Terdapat slur yang beragam yang akhirnya memengaruhi interpretasi dari lagu ini yang menonjolkan pedal pointnya. Detached notes juga banyak muncul seperti ciri khas dari lagu Jaman Barok. Unequal notes dan diamika juga saling memengaruhi bagaimana seseorang memainkan lagu tersebut. Melalui beberapa aspek tersebut akhirnya dihasilkan bagaimana cara memainkan lagu Prelude dengan interpretasi musik Jaman Barok yang tepat.
Kata Kunci: Musik Jaman Barok, Interpretasi, Prelude.
Downloads
Article Details
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
References
Banoe, P.2003. Kamus Musik. Yogyakarta. Kanisius
Donington, R. 1963. The Interpretation of Early Music. London. Faber and Faber
Hermeren, G. 2001. The full voicd quire: tipe of interpretation of music. In Krausz, M. (eds). The Interpretation of Music. New York: Oxfod University Press.
Karyawanto, H. Y.2018.Bentuk Lagu dan Ambitus Nada Pada Orkestrasi Mars Unesa. Virtuoso (Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik), 1(1), 8-14.
Mary, C. 1992. Performing Baroque Music. Amadeus Press. New York. USA
McNeill, R.J. 1998. Sejarah Musik Jilid 1. Jakarta. PT. BPK GunungMulia
Moleong, L.J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Prier, K.E. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta. Pusat Musik Liturgi
Prier, K.E.2007. Sejarah Musik Jilid 2. Yogyakarta. Pusat Musik Liturgi
Prier K.E.2011. Kamus Musik. Yogyakarta. Pusat Musik Liturgi
Stein, Leon. 1979. Structure & Style: The Study and Analysis of Musical Forms Expanded Edition. United State of America: Summy Birchard.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono.2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syafiq, M. 2003. Ensiklopedia Musik Klasik. Yogyakarta. Adi Cita
Tambajong, J. 1992. Ensiklopedi Musik. Jakarta. PT. Cipta Adi Pustaka
Tambajong. 1998. Ensiklopedi Nasional Indonesia. Jakarta: PT. Cipta Adi Pustaka
Tim Penyusun. 2014. Panduan Penulisan dan Penilaian Skripsi. Surabaya. Unesa
Veilhan, J.C. 1979. The Rules of Musical Interpretation in TheBaroque Era. Paris.Alphonse Leduc