Analisis Interpretasi Musik Jaman Barok Pada Prelude From Suite No.1 For Violoncello Solo Karya J.S. Bach

Main Article Content

Wildany Mafazatin Nailiyah

Abstract

Peneliti menganalisis interpretasi musik Jaman Barok pada lagu Prelude from Suite No.1 for Violoncello dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman banyak orang terutama para pemain dan mahasiswa musik tentang bagaimana penginterpretasian musik Jaman Barok yang tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif karena tidak menggunakan angka-angka sebagai sumber datanya. Objek penelitian difokuskan pada interpretasi dari lagu tersebut dengan menerapkan beberapa teori diantaranya bentuk musik, struktur musik, aturan-aturan interpretasi musik Jaman Barok, dan ekspresi musik dari Jaman Barok. Hasil penelitiannya diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prelude from Suite No.1 for Violoncello Solo karya J.S. Bach ini memiliki bentuk dual yang terdiri dari bagian satu dan bagian dua. Analisis dari interpretasinya dianalisis melalui aturan-aturan interpretasi musik Jaman Barok yang terdiri dari metrik, slur, detached notes, unequal notes, dan dinamika. Dengan metrik C atau 4/4 maka Prelude dimainkan dengan tempo yang lambat mulai dari adagio hingga allegro. Terdapat slur yang beragam yang akhirnya memengaruhi interpretasi dari lagu ini yang menonjolkan pedal pointnya. Detached notes juga banyak muncul seperti ciri khas dari lagu Jaman Barok. Unequal notes dan diamika juga saling memengaruhi bagaimana seseorang memainkan lagu tersebut. Melalui beberapa aspek tersebut akhirnya dihasilkan bagaimana cara memainkan lagu Prelude dengan interpretasi musik Jaman Barok yang tepat.

Kata Kunci: Musik Jaman Barok, Interpretasi, Prelude.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nailiyah, W. M. (2020). Analisis Interpretasi Musik Jaman Barok Pada Prelude From Suite No.1 For Violoncello Solo Karya J.S. Bach. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.26740/vt.v1n2.p1-12
Section
Articles

References

Banoe, P.2003. Kamus Musik. Yogyakarta. Kanisius

Donington, R. 1963. The Interpretation of Early Music. London. Faber and Faber

Hermeren, G. 2001. The full voicd quire: tipe of interpretation of music. In Krausz, M. (eds). The Interpretation of Music. New York: Oxfod University Press.

Karyawanto, H. Y.2018.Bentuk Lagu dan Ambitus Nada Pada Orkestrasi Mars Unesa. Virtuoso (Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik), 1(1), 8-14.

Mary, C. 1992. Performing Baroque Music. Amadeus Press. New York. USA

McNeill, R.J. 1998. Sejarah Musik Jilid 1. Jakarta. PT. BPK GunungMulia

Moleong, L.J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Prier, K.E. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta. Pusat Musik Liturgi

Prier, K.E.2007. Sejarah Musik Jilid 2. Yogyakarta. Pusat Musik Liturgi

Prier K.E.2011. Kamus Musik. Yogyakarta. Pusat Musik Liturgi

Stein, Leon. 1979. Structure & Style: The Study and Analysis of Musical Forms Expanded Edition. United State of America: Summy Birchard.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono.2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syafiq, M. 2003. Ensiklopedia Musik Klasik. Yogyakarta. Adi Cita

Tambajong, J. 1992. Ensiklopedi Musik. Jakarta. PT. Cipta Adi Pustaka

Tambajong. 1998. Ensiklopedi Nasional Indonesia. Jakarta: PT. Cipta Adi Pustaka

Tim Penyusun. 2014. Panduan Penulisan dan Penilaian Skripsi. Surabaya. Unesa

Veilhan, J.C. 1979. The Rules of Musical Interpretation in TheBaroque Era. Paris.Alphonse Leduc