Pembelajaran Objektivikasi Musikal Melalui Penguasaan Musik Instrumental Bagi Anak Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Berdasar kurikulum 2013, pembelajaran musik di SD Marsudirini Semarang Indonesia, terdiri dari pembelajaran musik instrumental dan vokal. Dalam hasil penelitian terhadap pembelajaran, ditemukan bahwa pembelajaran musik instrumental di sekolah dapat meningkatkan kemampuan solfegio siswa sehingga dapat mendukung pembelajaran vokal maupun musik instrumental itu sendiri.
Kata kunci: pendidikan, musik, instrumental, objektifikasi
Downloads
Article Details
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
References
A.J. Soehardjo. 2011. Pendidikan Seni jilid 1. Malang: Bayumedia Publishing.
_______. 2012. Pendidikan Seni jilid 2. Malang: Bayumedia Publishing.
Kennedy, Michael. 1990. The Oxford Dictionary of MUSIC. New York: Oxford University Press.
Maudina, Lifara Aidlika. 2015. Proses Pembelajaran Artikulasi Lagu Dalam Pembelajaran Vokal Untuk Anak Usia 7 Tahun (Studi Kasus di All Mozart Music Course & Studio Kudus). Skripsi. Semarang: UNNES.
Moleong, J.Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pamadhi, Hajar. 2015. Materi Perkuliahan: Teori Pendidikan Seni. Yogyakarta.
Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.
Sumaryanto, F. Totok. 2007. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Seni. Semarang: Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni UNNES.
Wagiman, Joseph. 2011. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP): Peranan Guru Dalam Pembelajaran Seni Musik di SMA CITISCHOOL Semarang. Tesis. Semarang: UNNES.
Wullner, Franz. Chorubungen. Jepang