Pembelajaran Objektivikasi Musikal Melalui Penguasaan Musik Instrumental Bagi Anak Sekolah Dasar

Main Article Content

Yohanes Hernawan Pratama

Abstract

Berdasar kurikulum 2013, pembelajaran musik di SD Marsudirini Semarang Indonesia, terdiri dari pembelajaran musik instrumental dan vokal. Dalam hasil penelitian terhadap pembelajaran, ditemukan bahwa pembelajaran musik instrumental di sekolah dapat meningkatkan kemampuan solfegio siswa sehingga dapat mendukung pembelajaran vokal maupun musik instrumental itu sendiri.

Kata kunci: pendidikan, musik, instrumental, objektifikasi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pratama, Y. H. (2018). Pembelajaran Objektivikasi Musikal Melalui Penguasaan Musik Instrumental Bagi Anak Sekolah Dasar. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 1(1), 34–40. https://doi.org/10.26740/vt.v1n1.p34-40
Section
Articles

References

A.J. Soehardjo. 2011. Pendidikan Seni jilid 1. Malang: Bayumedia Publishing.

_______. 2012. Pendidikan Seni jilid 2. Malang: Bayumedia Publishing.

Kennedy, Michael. 1990. The Oxford Dictionary of MUSIC. New York: Oxford University Press.

Maudina, Lifara Aidlika. 2015. Proses Pembelajaran Artikulasi Lagu Dalam Pembelajaran Vokal Untuk Anak Usia 7 Tahun (Studi Kasus di All Mozart Music Course & Studio Kudus). Skripsi. Semarang: UNNES.

Moleong, J.Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pamadhi, Hajar. 2015. Materi Perkuliahan: Teori Pendidikan Seni. Yogyakarta.

Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Sumaryanto, F. Totok. 2007. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Seni. Semarang: Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni UNNES.

Wagiman, Joseph. 2011. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP): Peranan Guru Dalam Pembelajaran Seni Musik di SMA CITISCHOOL Semarang. Tesis. Semarang: UNNES.

Wullner, Franz. Chorubungen. Jepang