ANALISIS BENTUK MELODI CANON IN D MAJOR KARYA JOHANN CHRISTOPH PACHELBEL

Authors

  • Agitvian Nur Salsabila UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Keywords:

Kata Kunci: Interpretasi, Bentuk Musik, Canon In D Major, C.J Pachelbel

Abstract

Canon in D Major karya J.C. Pachelbel sebagai salah satu karya musik terbesar periode musik Barok yang ditemukan pada manuskrip Musikalische Ergötzung Jerman. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis bentuk melodi Canon in D sebagaimana yang diperkenalkan J.C. Pachelbel. Metode analisis yang digunakan adalah kualitatif deskriptif berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Kemudian direduksi dan disajikan melalui analisis bentuk musik untuk menghasilkan pembahasan dan kesimpulan. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Canon Pachelbel merupakan karya musik yang memiliki konsep bentuk melodi peniruan atau imitasi, terdapat melodi Leader sebagai melodi utama dan melodi Follower sebagai melodi tiruan dengan ketentuan transformasi interval dan ritme. Melodi Canon bersumber dari instrumen tiga Violin dan Basso Continuo sebagai melodi Bass klasik penentu imitasi melodi, memiliki time signature berjenis Common Time atau 4⁄4 dengan total 57 bar dan bertempo 52 BPM. Kesimpulannya adalah orisinalitas dari bentuk musik Canon in D Major diperkenalkan oleh J.C. Pachelbel memiliki 13 motif melodi Canon yang menampilkan Violin Leader dalam perubahan motif pada bar 1-6; bar 7-10; bar 11-14; bar 15-18; bar 19-22; bar 23-26; bar 27-30; bar 31-34; bar 35-38; bar 39-42; bar 43-46; bar 47-52 dan terakhir pada bar 53-57.

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Banoe, P .2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.

Busroh, Jamalus. 1998. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Bandung: Diterbitkan Untuk Umum.

Karyawanto, H. Y. 2018. Bentuk Lagu dan Ambitus Nada Pada Orkestrasi Mars Unesa. Virtuoso (Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik), 1(1), 8-14.

Moleong, L.J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nailiyah, W. M. 2020. Analisis Interpretasi Musik Jaman Barok Pada Prelude From Suite No. 1 For Violoncello Solo Karya JS Bach. Virtuoso: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik, 1(2), 1-12. https://journal.unesa.ac.id/index.php/Virtuoso/article/view/5205

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Meyer, G. A. (2020). Bentuk Lagu Dan Aransemen Paduan Suara Mars Jawa Timur. Virtuoso: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik, 2(2), 56-62.

Suwahyono, Agus. "Caprice No. 24 Karya Paganini Pada Solo Gitar Aransemen John Williams (Analisis Bentuk M usik)." Virtuoso: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik 1.1 (2018): 24-29.

Prier Sj, K.E. 2009. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta.

Caturono, Y. (2020). Analisis Variasi Melodi dan Struktur Lagu Pada" Konserto Trumpet In Es" Karya Joseph Hydn. Virtuoso: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik, 2(1), 34-40.

Kennedy, Michael. 1994. Canon: The Oxford Dictionary of Music, associate editor, Joyce Bourne. New York: Oxford University Press.

Khoiriyah, N & Sinaga, S. S. 2017. Pemanfaatan Pemutaran Musik Terhadap Psikologis Pasien Pada Klinik Ellena Skin Care Di Kota Surakarta. Jurnal Seni Musik, 6 (2), 81-90.

McNeill, R.J. 1998. Sejarah Musik Jilid 1. Jakarta. PT. BPK Gunung Mulia.

Downloads

Published

2022-10-23

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 1362 , PDF Downloads: 850