Survey Efektivitas Blended Learning pada Materi Pendidikan Jasmani SMA tentang Invasion Games, Net-Games, dan Atletik
PDF (English)
SIMILARITY CHECK (English)

Kata Kunci

pendidikan jasmani; blended learning; sekolah menengah atas

Cara Mengutip

Rahmansyah, S., & Castyana, B. (2023). Survey Efektivitas Blended Learning pada Materi Pendidikan Jasmani SMA tentang Invasion Games, Net-Games, dan Atletik . Indonesian Journal of Kinanthropology (IJOK), 3(1), 42–48. https://doi.org/10.26740/ijok.v3n1.p42-48

Abstrak

Latar Belakang: Perkembangan teknologi menjadi hal yang penting bagi manusia karena memiliki berbagai manfaat untuk memudahkan dalam melakukan pekerjaan, hal tersebut juga menciptakan kebiasaan baru yang terus berkembang tak terkecuali dalam dunia pendidikan, dengan adanya metode Blended Learning mendorong adanya pembelajaran yang efektif dan efisien dengan penggabungan media digital dengan pembelajaran tradisional sehingga menjadikan metode alternatif dalam pembelajaran.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada peserta didik SMA di Kota Semarang dalam Pendidikan Jasmani dengan desain penelitian non-eksperimental deskriptif dengan metode survei. Sumber data primer merupakan hasil survei dari 683 responden dan observasi secara langsung di lapangan. Data kemudian di olah dan di analisis pada Microsoft Excel dan dipaparkan dalam bentuk grafik persentase.

Hasil: Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat adanya efektivitas pada penggunaan metode Blended Learning pada Pendidikan jasmani, yaitu Blended Learning type 2 efektif digunakan pada materi Invasion Games (68,77%) dan Atletik (67,31%) sedangkan pada materi Net-Games (68,38%) efektif menggunakan metode Blended Learning type 3.

Kesimpulan: Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat efektivitas penggunaan Blended Learning pada materi Pendidikan jasmani SMA tentang Invasion Games, Net-Games dan Atletik dengan tipe Blended Learning yang berbeda. Penelitian ini hanya terfokus pada jenjang SMA dan perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk jenjang pendidikan lainnya.

https://doi.org/10.26740/ijok.v3n1.p42-48
PDF (English)
SIMILARITY CHECK (English)

Referensi

Abdullah, W. (2018b). MODEL BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN Walib. 7.

Antikasari, A. N., Partono, P., Bagus, A., & Putra, N. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran Teknik Dasar Didik Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. 4(1).

Boelens, R., Stijn, V. L., Bram, D. W., & Elen, J. (2015). Blended learning in adult education: towards a definition of blended learning. Biblio.Ugent.Be. https://doi.org/10.2307/4022859

Diana, P. Z., Wirawati, D., & Rosalia, S. (2020). Blended Learning dalam Pembentukan Kemandirian Belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 9(1), 16. https://doi.org/10.35194/alinea.v9i1.763

Free, C., Phillips, G., Galli, L., Watson, L., Felix, L., Edwards, P., Patel, V., & Haines, A. (2013). The Effectiveness of Mobile-Health Technology-Based Health Behaviour Change or Disease Management Interventions for Health Care Consumers: A Systematic Review. PLoS Medicine, 10(1). https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1001362

Gultom, N. C., Hasibuan, A., Pd, M., Gultom, C. R., & Pd, M. (2022). Komparasi Efektivitas Edmodo Dengan Google Classroom Sebagai Media Pjj Dalam Penugasan Pelajaran Bahasa Indonesia. Asas : Jurnal Sastra, 11(1).

Irmade, O. K. A. (2020). ANALISIS PERSEPSI PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN JASMANI SECARA MANDIRI MAHASISWA PG-PAUD.

Lubis, M. S. I., & Zuliah, A. (2018). KOMUNIKASI ANTARPRIBADI SEBAGAI ANTISIPASI TIMBULNYA TRAUMA PADA PERNIKAHAN KEMBALI (REMARRIAGE) DI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN, KABUPATEN DELI SERDANG. Warta, 3(2).

Widodo, A. (2017). PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN INVASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA. July.

Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Hak Cipta (c) 2023 Indonesian Journal of Kinanthropology (IJOK)