Korelasi Antara Parameter Indeks Plastisitas dengan Sudut Geser Tanah Dengan Penambahan Kapur Terhadap Stabilisasi Daya Dukung Pondasi Dangkal

Authors

  • Nur Andajani Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
  • Arik Triarso Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/proteksi.v2n1.p21-26

Keywords:

Indeks plastis, sudut geser, stabilitas daya dukung

Abstract

Tanah di salah satu daerah di Mojokerto tepatnya di wilayah kecamatanœDawarblandong mempunyai kecenderungan memiliki sifat yang kurang baiksehingga diperlukan adanya stabilisasi yaitu dengan memberikan material tambahan untuk meningkatkan daya dukungnya. Material kapur dapat digunakan sabagai bahan campuran untuk stabilisasi. Pengujian tanah dilakukan untuk mengetahui karakteristik tanah adalah uji konsistensi tanah yang menghasilkan parameter batas cair (LL), batas plastis (PL), dan indeks plastisitas (IP). Uji directh shear dan unconfineddilakukan menghasilkan sudut geser tanah (ɸ), dan cohesi (c). Hubungan atau korelasi antara parameter plastisitas tanah dengan parameter sudut geser tanah dan cohesidapat diperoleh dari hasil analisa pengujian tersebut. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa semakin besar Indeks Plastisitas tanah (IP), maka akan semakin kecil nilai kohesi tanahnya (C) dan  akan semakin besar pula harga sudut geser tanahnya (ɸ).Pada penambahan 10% kapur nilai LL menurun sebesar 13.03%. Demikian pula semakin besar persentase kapur yang ditambahkan, maka nilai Indeks Plastisitas (IP) semakin menurun. Pada penambahan 10% kapur nilai IP menurun sebesar 24.52%.Adanya stabilisasi dengan 10% kapur pada tanah lempung ekspansif di daerah mojokerto menyebabkan nilai kohesi dari tanah meningkat , maka hal ini dapat mengakibatkan stabilitas daya dukung pondasi dangka di daerah Mojokerto tersebut juga akan meningkat.

References

<p>Bowles, Joseph E, 1989, œAnalisis Dan Disain Pondasi, Airlangga, Jakarta</p><p>CUR,1996, œBuilding on Soft Soil, A.A. Balkema, Rotterdam Netherlands.</p><p>Costet. J, Sangrelat. G, 1981, Cours Pratique de Mecanique des Sols, DUNOD, Paris.</p><p>Das, Braja M. 1995. Mekanika Tanah Jilid 1. Terjemahan Noor Endah Mochtar dan Indrasurya B. Mochtar. Jakarta: Erlangga.</p><p>Das Braja, M. 2004, œEngineering Foundation McGraw-Hill International Editions, Washington New York London.</p><p>Hardiyatmo, Hary Christady. 2010. œStabilisasi Tanah untuk Perkerasan Jalan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.</p><p>Mitchell, James K., 1976, œFundamental of Soil Behavior, John Wiley &amp; Sons, Inc, New York.</p>Wahyudi, H., (2002) œSwelling Soil  Ditinjau Dari Aspek Mikroskopis, Makalah disampaikan pada PIT Geoteknik tanggal 30-31 Oktober 2002 di Surabaya.

Downloads

Published

2020-06-11

Issue

Section

Articles
Abstract views: 684 , PDF Downloads: 870