Kajian Peningkatan Keselamatan Pada Simpang Dengan Menerapkan Ruang Henti Khusus Sepeda Motor (Studi Kasus Simpang Empat Bersinyal Srikandi Kabupaten Pasuruan)

Authors

  • Dwi Muryanto Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Yordan Suryoatmojo Universitas Dr. Soetomo Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/proteksi.v2n1.p1-8

Keywords:

kinerja simpang, simpang empat srikandi, ruang henti khusus

Abstract

Pasuruan merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur yang saat ini mengalami pertumbuhan penduduk dan ekonomi yang cukup tinggi. Salah satu simpang yang terpengaruh adalah Simpang Empat Srikandi yang berlokasi di Kecamatan Pandaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja simpang dengan menggunakan perhitungan MKJI 1997 serta menghitung luasan Ruang Henti Khusus (RHK) sepeda motor yang mengacu pada Pedoman Perancangan RHK Sepeda Motor Pada Simpang Bersinyal Di Kawasan Perkotaan. Lengan simpang empat Srikandi yang dikaji adalah Jalan R.A. Kartini dan Jalan A. Yani yang merupakan lengan pendekat terpadat. Metode yang digunakan untuk merencanakan RHK sepeda motor ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan metode deskriptif kualitatif. Hasil kinerja simpang untuk kondisi eksisting adalah kapasitas pendekat Utara (Jalan Urip Sumoharjo) sebesar 252 smp/jam, panjang antrian 131 m, derajat kejenuhan 0,85. Kapasitas pendekat Timur (Jalan Pahlawan Sunaryo) 265 smp/jam, panjang antrian 146 m, derajat kejenuhan 0,85. Kapasitas pendekat Selatan (Jalan R.A. Kartini) 579 smp/jam, panjang antrian 134 m, derajat kejenuhan 0,85. Kapasitas pendekat Barat (Jalan A. Yani) 730 smp/jam, panjang antrian 104 m, derajat kejenuhan 0,85, sedangkan tundaan rata-rata simpang adalah 59,10 detik/smp. Panjang RHK sepeda motor untuk Jalan R.A. Kartini sepanjang 11,5 meter, sedangkan untuk Jalan A. Yani sepanjang 10,3 meter.

References

<p>Amelia, Sri. (2016). œKebijakan Penerapan Ruang Henti Khusus Sepeda Motor, <em>Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT)</em>, Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan, April, Bandung.</p><p>Astuti, Naomi, Purba dan Jeluddin Daud. (2013). Perencanaan Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor Pada Persimpangan Bersinyal Di Medan (Studi Kasus : Persimpangan Jl. Ir. H. Juanda Jl. Brigjend Katamso), Jurnal Purba, Vol.3, No.1, 2014, Jurusan Teknik Sipil USU, Medan.</p><p>Ayu, Reska, Yuniar, dkk. (2016). œAnalisis Efektivitas Ruang Henti Khusus Sepeda Motor Pada Simpang Bersinyal Di Kota Semarang, Jurnal Karya Teknik Sipil, Vol.5, No.2, 2016, Hal 128-137, Jurusan Teknik Sipil UNDIP, Semarang.</p><p>Balai Teknik Lalu Lintas dan Lingkungan Jalan. (2012)<em>. œModul Pelatihan Perancangan RHK.</em> Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan. Bandung.</p><p>Departemen Perhubungan. (2004). œ<em>Undang-Undang</em><em> Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan</em>.<em> </em>Jakarta.</p><p>Departemen Perhubungan. (2009).<em> œUndang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan</em>.<em> </em>Jakarta.</p><p>Direktorat Jendral Bina Marga. (1997). œ<em>Manual Kapasitas Jalan Indonesia.</em> Jakarta.</p><p>Idris, M. (2007). œPengaruh Ruang Henti Khusus Sepeda Motor Terhadap Konflik Lalu Lintas Pada Satu Persimpangan Bersinyal Di Bandung, Tesis, Teknik, Teknik Sipil, ITB, Bandung.</p><p>Idris, M. (2007). œ<em>Pengembangan Standar Lajur Sepeda Motor Pada Ruas Jalan dan Persimpangan</em>, Puslitbang Jalan dan Jembatan, Departemen Pekerjaan Umum, Bandung.</p><p>Idris, M. (2010). œ<em>Kriteria Sepeda Motor Untuk Ruas Jalan Arteri Sekunder</em>, Puslitbang Jalan dan Jembatan, Departemen Pekerjaan Umum Bandung.</p><p>Nainggolan, Jesicha, dkk. (2018). œStudi Efektivitas Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor Pada Simpang Bersinyal. Jurnal JRSDD, Vol.6, No.3, September 2018, Hal 259-271. Jurusan Teknik Sipil UNILA, Bandar Lampung.</p><p>Ratnaningsih, Dwi. (2013). œAnalisis Kinerja Simpang Ciliwung Kota Malang. Jurnal PROKONS, Vol.10, No.2, Agustus 2013, Hal 127-131, Jurusan Teknik Sipil POLINEMA, Malang.</p><p>Riantara, Youngky, Putra dan Ervina Ahyudanari. (2016). œSimulasi Perencanaan Ruang Henti Khusus Pada Simpang Bersinyal Jalan Dr.Ir.H. Soekarno-Jalan Kertajaya Indah Surabaya Ditinjau Dari Nilai Tundaan, Jurnal Teknik ITS, Vol.5, No.1, 2016, Hal E10-E16, Jurusan Teknik Sipil ITS, Surabaya.</p>Roesdyningtyas, Ayu, dkk. (2016). œKajian Rencana Penerapan Ruang Henti Khusus Sepeda Motor Di Persimpangan Bersinyal (Studi Kasus Kota Malang), Jurnal, Vol.14, No.2, Agustus 2016, Hal 123-129, Jurusan Teknik Sipil UB, Malang.

Downloads

Published

2020-06-11

Issue

Section

Articles
Abstract views: 235 , PDF Downloads: 296