Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Jalur Penyeberangan Orang (JPO) pada Central Business District (CBD) Surabaya

Authors

  • Amanda Ristriana Pattisinai Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
  • Fitri Rohmah Widayanti Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
  • Feriza Nadiar Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

DOI:

https://doi.org/10.26740/proteksi.v1n2.p43-47

Keywords:

JPO, Kepuasan, IPA, Matrix, Pejalan Kaki, CBD

Abstract

Berjalan sangat penting untuk mengakses transportasi umum. Sebelumnya, menyelidiki kepuasan berjalan dilakukan dengan skema nyata. Tetapi sekarang pejalan kaki tidak hanya dilihat sebagai orang yang menggunakan fasilitas ini setiap hari. Melalui penilaian pengguna Jalur Penyeberangan Orang (JPO), kita dapat memahami faktor mana yang lebih (atau kurang) penting dan signifikan. Elemen-elemen yang dibahas dalam penelitian ini adalah elemen kepuasan berjalan, yaitu keselamatan, keamanan, kenyamanan, kontinuitas, kenyamanan, koherensi sistem, dan daya tarik. Untuk mengeksplorasi ini, kami mensurvei Jalan Basuki Rahmad, Surabaya, Indonesia sebagai Central Business District (CBD) (N = 120). Metode yang digunakan adalah Importance - Performance Analysis (IPA) yang merupakan ukuran tingkat kepuasan layanan yang masuk kuadran pada peta Importance Performance Matrix. Dalam metode ini, perlu untuk mengukur tingkat kesesuaian untuk mengetahui seberapa besar pengguna merasa puas dengan kinerja jembatan penyeberangan. Faktor yang paling membuat pengguna tidak puas adalah B2 yaitu lampu yang menyala di malam hari, diikuti oleh D1 (pegangan tangan di Jembatan Pedestrian yang mudah dijangkau dan tidak berkarat) dan D5 (Bangunan yang dapat mengurangi getaran saat kendaraan melaju kencang) diatasnya.

References

<p>Peng, Le-Fang et. all., 2020,  œPlanning and implementation of underground space in Chinese central business district (CBD): Acase of Shanghai Hongqiao CBD. Tunnelling and Underground Space Technology œ, <em>Tunnelling and Underground Space Technology</em>. Vol. 95 January 2020.</p><p>Birch, E. L., 2009, œDowntown in the œnew American city. <em>Annal. Am. Acad. Politic. Soc. Sci</em>.626(1),134153.</p><p>Wachs, M., 2013, œTurning cities inside out: transportation and there surgence of down-towns in North America œ.<em>Transportation</em>. Vol 40 No. 6 ,11591172.</p><p>Wagner, P., 2014, œNew life for American Downtowns?. The 1958 international seminar on urban renewal and the travel of planning ideas in the North Atlantic World. <em>Planning</em><em> </em><em>Perspectives.</em> Vol. 29 No. 2,189208.</p><p>Giusti, C., Maraschin, C., 2017, œDowntown revitalization and urban space: acase study in downtown Bryan, Texas. <em>Citie</em><em> </em><em>s</em>Vol 60, 5063.</p><p>Filion, P., Hoernig, H., Bunting, T., Sands, G., 2004, œThe successful few: healthy downtowns of small metropolitan regions. <em>J. Am. Plann. Associat.</em> Vol 70 No. 3,328343.</p><p>Park, S., 2007. Prescriptive plans for a healthy central business district: seattle downtown design,19561966. Pacific North west Quart. Vol 98 No.3,107114.</p><p>W. Dong, X. Cao, X. Wu, and Y. Dong, œLandscape and Urban Planning Examining pedestrian satisfaction in gated and open communities¯: An integration of gradient boosting decision trees and impact-asymmetry analysis, Landsc. Urban Plan., vol. 185, no. February, pp. 246257, 2019.</p><p>I. Mateo-babiano, œPedestrian s needs matters¯: Examining Manila s walking environment, vol. 45, pp. 107115, 2016.</p><p>I. Mateo-babiano, H. Tang, S. Conejos, and E. H. W. Chan, œA63 Is an Active City a Healthier City for the Elderly¯? Examining Hong Kong s Active Transport Planning and SOT-14 Active Travel &amp; Health, J. Transp. Heal., vol. 3, no. 2, pp. S42S43, 2016.</p><p>S. Lakhotia, S. Lassarre, K. R. Rao, and G. Tiwari, œPedestrian accessibility and safety around bus stops in Delhi, IATSS Res., 2019.</p><p>G. Yannis, J. Golias, and E. Papadimitriou, œModeling Crossing Behavior and Accident Risk of Pedestrians, no. November, pp. 634644, 2007.</p><p>W. E. M. P. E, N. Coppola, and Y. Golombek, œResearch in Transportation Business &amp; Management Urban clear zones , street trees , and road safety, Res. Transp. Bus. Manag., no. August, pp. 18, 2018.</p><p>S. Kim, S. Park, and J. Seung, œMeso- or micro-scale¯? Environmental factors influencing pedestrian satisfaction, Transp. Res. PART D, vol. 30, pp. 1020, 2014.</p><p>J. Golias, G. Yannis, E. Papadimitriou, S. Lassarre, and A. Banos, œMODELLING CROSSING BEHAVIOR AND ACCIDENT RISK Crossing behavior model, no. June, 2004.</p><p>D. PeÅ¡ic, N. Milutinovic, and M. Maslac, œPedestrian behaviours¯: Validation of the Serbian version of the pedestrian behaviour scale, 2016.</p><p>P. Iamtrakul and J. Zhang, œMEASURING PEDESTRIANS SATISFACTION OF URBAN ENVIRONMENT UNDER TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT ( TOD ): A CASE STUDY OF BANGKOK, vol. 16, no. 2, pp. 125134, 2015.</p><a href="https://www.itdp.org/2019/10/01/pedestrian-bridges-make-cities-less-walkable-why-do-cities-keep-building-them/">https://www.itdp.org/2019/10/01/pedestrian-bridges-make-cities-less-walkable-why-do-cities-keep-building-them/</a>diakses tanggal 10 Oktober 2019).<p> </p>

Downloads

Published

2019-12-14

Issue

Section

Articles
Abstract views: 226 , PDF Downloads: 360