Besar Sudut Potongan Pada Balok Baja Castella Beam Terhadap Optimalisasi Tegangan Lentur

Authors

  • Berkat Cipta Zega Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
  • Muhammad Imaduddin Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
  • Hakas Prayuda Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/proteksi.v1n1.p30-36

Keywords:

Castella Beam, tegangan lentur, besar sudut potongan (Ø), gaya geser, momen, tegangan, lendutan, dan pergoyangan (buckling)

Abstract

ABSTRAK

Penggunaan baja dalam konstruksi bangunan akhir-akhir ini semakin meningkat. Bahkan baja merupakan material pokok dalam sebuah struktur bangunan. Baja bisa digunakan sebagai balok, kolom, dan konstruksi atap. Dengan semakin banyaknya pengguna baja dalam konstruksi bangunan, maka semakin banyak juga jenis dan bentuk yang ditawarkan oleh pasar. Salah satunya adalah balok yang terbuat dari baja yaitu balok Castella Beam. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui optimalisasi tegangan lentur berdasarkan kuat lenturnya dengan mengubah besar sudut potongannya (Ø). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya penambahan besar sudut pemotongan profil pada balok kastela ada indikasi terjadi kerusakan geser pada penampang balok yang berlubang. Jika besar sudut pemotongan profil lebih dari 400, ada indikasi terjadi rusak geser pada penampang balok yang berlubang, akan tetapi pada besar sudut pemotongan profil kurang dari 400 mengalami pergoyangan (buckling) yang paling besar, dan momen, tegangan serta lendutan yang terjadi paling kecil. Ditinjau dari momen, tegangan, lendutan, dan pergoyangan (buckling) maka besar sudut pemotongan profil mulai dari 500 adalah profil yang memenuhi syarat, akan tetapi pada keadaan ini lemah terhadap gaya geser.

 Kata Kunci      : Castella Beam, tegangan lentur, besar sudut potongan (Ø),gaya geser, momen, tegangan, lendutan, dan pergoyangan (buckling)

References

<p>Amon, Rene dan Knobloch Atanu Mazumder, Bruce.1999<em>.Perencanaan Konstruksi Baja Untuk Insinyur Dan Arsitek 2</em>.Jakarta:PT. AKA</p><p>Dougherty, B.K. <em>Castellated beams: Astate of the art report. Journal of the South African lnstitution of Civil Engineers, 35:2, 2nd Quarter, pp 12-20. 1993.</em></p><p>Hosain.. M.U., and Spiers. W.G. <em>Experiments on castellated steel beams. J. American Welding Society, Welding Research Supplement</em>, 52:8, 329S-342S. 1973.</p><p>Knowles, P.R. <em>Castellated beams. Proc. Institution of Civil Engineers, Part l, Vol. 90, pp 521-536.</em> 1991</p><p>L. Amayreh and M. P. Saka œDepartment of Civil Engineering, University of Bahrain. <em>Failure load prediction of castellated beamsUsing artificial neural networks</em>. 2005.</p><p>Nethercot.. D.A., and Kerdal.. O. Laterai<em>-torsional buckling of castellated beams Struct. </em><em>Engr</em>~ 60B:3, 53-61 . 1983</p><p>Sylvya Anggraini.2008.<em>Modifikasi Perencanaan Hotel Bahtera Balikpapan Menggunakan Hexagonal Castellated Beam. </em>ITS Surabaya : Skripsi (tidak diterbitkan).</p><p>Suprapto. 2005<em>. œPanduan Uji Bahan Bangunan.</em> Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Universitas Negeri Surabaya.</p><p>Suprapto. 2005<em>. œMetode Eksperimen Struktur.</em> Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Universitas Negeri Surabaya.</p><p>Tim Penyusun.2006. œPanduan penulisan dan Penilaian Skripsi Universitas Negeri Surabaya. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.</p>

Published

2019-01-25

Issue

Section

Articles
Abstract views: 550 , PDF Downloads: 586