Analisis Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten Jembrana
DOI:
https://doi.org/10.26740/proteksi.v6n1.p59-66Keywords:
Black site, Black spot, Karakteristik, Kecelakaan, Upper control limitAbstract
Kecelakaan yang tinggi di Kabupaten Jembrana memerlukan analisis untuk mengetahui karakteristik kecelakaan, daerah rawan kecelakaan dan lokasi rawan kecelakaan, yang bertujuan untuk memutuskan titik dimana diperlukan solusi untuk menekan angka kecelakaan. Data yang dipergunakan pada penelitian ini adalah data dari Polres Jembrana dari tahun 2015 sampai dengan 2017. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan metode Angka Ekuivalensi Kecelakaan dan metode Z-score, yang teridentifikasi dari kedua metode tersebut digunakan sebagai lokasi black site. Lokasi black site yang didapat dianalisis kembali untuk mencari black spot menggunakan metode Upper Control Limit (UCL). Untuk karakteristik kecelakaan yang ditinjau meliputi : Jumlah peristiwa kecelakaan dimana , Kendaraan dan orang yang terlibat, Korban Manusia, Kerugian Material, Tipe tabrakan, Hari terjadinya kecelakaan, Waktu terjadinya kecelakaan, dan Usia terjadi kecelakaan. Hasil analisis menunjukan lokasi yang teridentifikasi black site adalah Jalan Denpasar-Gilimanuk dan Jalan Ngurah Rai. Sedangkan untuk black spot tertinggi setiap ruas jalan, yaitu: Jalan Denpasar – Gilimanuk Sta 121 – Sta 122. Dari survei di lapangan, belum terdapatnya rambu peringatan lokasi rawan kecelakaan, penerangan jalan, dan juga kebanyakan kecelakaan terjadi karena tipe tabrakan depan belakang, sehingga diperlukan pemasangan rambu peringatan lokasi rawan kecelakaan, lampu penerangan jalan, dan pembatasan kecepatan untuk dapat terhindar dari tabrakan depan belakang.
References
Anonim, 1993. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 1993 Tentang Jalan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Anonim, 2009. Undang-undang Republik Indonesia No.22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Arthaguna, S. (2006). Analisis Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten Gianyar. Tugas Akhir Universitas Udayana.
Badan Pusat Statistik (BPS). 2023. Kabupaten Jembrana Dalam Angka 2023. Kabupaten Jembrana.
Bismoko. (2004). Analisis Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Denpasar. Tugas Akhir Universitas Udayana.
Clarkson H. Oglesby dan R. Gary Hicks, 1999, Teknik Jalan Raya (ahli bahasa), Edisi Keempat Jilid Satu.
Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. 2004. Pedoman Penanganan Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas (Pd T-09-2004-B). Jakarta.
Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.
Goesman, V. K., Rahardjo, B., & Pranoto, P. 2021. Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Studi Kasus Jalan Raya Pantura Tuban – Widang Km 0,00 – Km 29,00. Jurnal Bangunan, 26(1), 45. https://doi.org/10.17977/um071v26i12021p45 - 62.
Gunawan, A., Azwansyah, H., & Erwan, K. (2015). Identifikasi Lokasi Titik Rawan Kecelakaan (Black Spot) Pada Ruas Jalan Adi Sucipto. Jelast : Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, 3(2).https://doi.org/10.26418/JELAST.V3I2.1356
Harahap, G. 1995. Masalah Lalu Lintas dan Pembagian Jalan (DPU). Bandung.
Isa Al Qurni. 2013. Analisis Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Nasional Kabupaten Kendal.
Muryanto, D., & Suryoatmojo, Y. 2020. Kajian Peningkatan Keselamatan Pada Simpang Dengan Menerapkan Ruang Henti Khusus Sepeda Motor (Studi Kasus Simpang Empat Bersinyal Srikandi Kabupaten Pasuruan). Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi), 2(1), 1-8.
Pradana, H. (2017). Analisis Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten Karangasem. Tugas Akhir Universitas Udayana.
Soesantiyo, 1985. “Teknik Lalu Lintas, Traffict Engineering “ Jilid I. Jakarta
Sukirman, S. 1999. Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Edisi ke 3. Bandung: Nova.
Transport Research Laboratory. 1997. Engineering Approach to Accident Prevention & Reduction, RRDP, Report No RRDP 19. Institute of Road Engineering. Bandung.
Warpani, S.P. 2001. Rekayasa Lalu Lintas. Jakarta: Bharata.
Wedasana A.S. 2011. Analisis Daerah Rawan Kecelakaan dan Penyusunan Database Berbasis Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus Kota Denpasar). Tesis S-2 Program Magister Program Studi Teknik Sipil, Program Pascasarjana Universitas Udayana.
Wells G.R. 1993. Rekayasa Lalu Lintas. Cetakan ke 3. Diterjemahkan oleh: Warpani. Jakarta: Bhratara.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Gede Fery Surya Tapa Fery, Dewa Ayu Trisna Adhiswari Wedagama, Decky Cipta Indrashawara, I Nyoman Indra Kumara
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)