Evaluasi Risiko Likuifaksi Berdasarkan Karakteristik Ukuran Butir Tanah dan Hasil Tahanan Standart Penetration test (N-SPT) Studi kasus Bandara Yogyakarta Internasional Airport

Authors

  • Nur Ayu Diana Universitas Janabadra
  • Ria Asih Aryani Soemitro Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Januarti Jaya Ekaputri Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Trihanyndio Rendy Satrya Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Dwa Desa Warnana Institut Teknologi Sepuluh Nopember

DOI:

https://doi.org/10.26740/proteksi.v6n1.p51-58

Keywords:

CRR, CSR, Likuifaksi, N-SPT, YIA

Abstract

Salah satu bentuk kerusakan pada struktur tanah adalah likuifaksi, di mana tanah berubah dari keadaan padat menjadi cair karena tekanan air pori meningkat dan tekanan efektif tanah menurun akibat beban siklis dinamis. Efeknya bisa sangat signifikan terutama pada tanah berpasir yang sudah jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemungkinan likuifaksi berdasarkan data N-SPT serta mengidentifikasi hubungan antara karakteristik tanah dan gempa terhadap risiko likuifaksi. Penelitian dilakukan di area Yogyakarta International Airport (YIA). Metode analisis potensi likuifaksi dimulai dengan menggunakan persamaan dari National Center For Earthquake Engineering Research (NCEER) USA, yang menggunakan data N-SPT untuk menilai potensi likuifaksi secara deterministik menggunakan rasio tahanan siklik tanah (CRR), rasio tekanan siklik beban gempa (CSR), dan koefisien variansi dari kedua rasio tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa area penelitian memiliki potensi tinggi untuk likuifaksi terdapat pada permukaan tanah hingga pada kedalaman data SPT 15 m . Korelasi antara parameter tanah menunjukkan bahwa peningkatan nilai N-SPT berhubungan dengan peningkatan nilai CRR, namun peningkatan nilai CRR. Selain itu, peningkatan magnitudo gempa berhubungan dengan peningkatan potensi likuifaksi, dimana pada magnitudo gempa 6,5 SR, nilai CRR lebih besar dibandingkan pada magnitudo 7,5 SR dan 8,5 SR. Semakin besar nilai CRR, semakin kecil potensi likuifaksi.

References

Andajani, N., & Risdianto, Y. (2022). Penambahan Kapur Sebagai Stabilisasi Tanah Ekspansif untuk Lapisan Tanah Dasar (Subgrade). Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi), 4(2), 90-95.

Ansori, A. latiful. 2020. Analisis Potensi Likuifaksi Akibat Gempa Bumi Berdasarkan Data Insitu Test Menggunakan Metode Probabilitas ( Analysis Of Liquifaction Potential Due To Earthquake Based on Insitu Test using Probability Method). 1–27.

Atangana Njock, P. G., Shen, S. L., Zhou, A. & Lyu, H. M. 2020. Evaluation of soil liquefaction using AI technology incorporating a coupled ENN / t-SNE model. Soil Dynamics and Earthquake Engineering, 130(December 2019), 105988. https://doi.org/10.1016/j.soildyn.2019.105988

Diana, N. A., Ekaputri, J. J., Satrya, T. R. & Warnana, D. D. 2024. Biocementing Process to Improve the Physical and.

Emanuela, Y. 2019. Analisis Potensi Likuifaksi Tanah dengan Data SPT dan Data CPT (Studi Kasus Underpass Jalan Brigjen. Katamso–AH Nasution Medan). Jurnal Sipil Usu Repository.

García, M., Manzanal, D., B , Carvajal-Díaz, E., Slu, C. & Madrid, S. (n.d.). Liquefaction analysis of undrained cyclic tests by calibration of constitutive models.

Gautam, D., de Magistris, F. S. & Fabbrocino, G. 2017. Soil liquefaction in Kathmandu valley due to 25 April 2017 Gorkha, Nepal earthquake. Soil Dynamics and Earthquake Engineering, 97(February), 37–47. https://doi.org/10.1016/j.soildyn.2017.03.001

Hakam, A. & Suhelmidawati, E. 2018. Liquefaction due to September 30th 2009 earthquake in Padang. Procedia Engineering, 54, 140–146. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2013.03.013

Hasibuan, D. H. & Ismaili, A. F. 2019. Bumi Berdasarkan Data Standard Pentration Test ( SPT ) Studi Kasus Proyek Bandara Baru Yogyakarta International Airport. 06(150), 1–9.

Hsein Juang, C., Shen, M., Wang, C. & Chen, Q. 2018. Random field-based regional liquefaction hazard mapping — data inference and model verification using a synthetic digital soil field. Bulletin of Engineering Geology and the Environment, 77(3), 1273–1286. https://doi.org/10.1007/s10064-017-1071-y

Hutagalung, M. & Tarigan, S. D. 2019. Analisis Potensi Likuifaksi Akibat Gempa (Studi Kasus : Reklamasi Pelabuhan Kontainer Belawan Fase-2). Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil (JRKMS), 2(1), 15–34. https://doi.org/10.54367/jrkms.v2i1.433

Ikhsan, R. 2019. Analisis Potensi Likuifaksi dari Data CPT dan SPT dengan Studi Kasus PLTU Ende Nusa Tenggara Timur. Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 117.

Pramono, P. P., Widjaja, D. B. & Herina, D. S. 2016. Kajian Geoteknik Untuk Infrastruktur Kota Padang Menghadapi Ancaman GEMPA dan TSUNAMI. Research Report - Engineering Science, Iii, 1–67. http://journal.unpar.ac.id/index.php/rekayasa/article/view/1300

Prayitno, P. & Artati, H. K. 2021. Analisis Potensi Likuifaksi Berdasarkan Distribusi Ukuran Butir Tanah dan Data Cone Penetration Test (CPT). Media Komunikasi Teknik Sipil, 27(2), 242–249.

Tandirerung, R. 2017. Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Universitas Gadjah Mada Program Pascasarjana Fakultas Teknik Program Studi S-2 Teknik Geologi Tesis.

Tijow, K. C., Sompie, O. B. A. & Ticoh, J. H. 2018. Analisis Potensi Likuifaksi Tanah Berdasarkan Data Standart Penetration Test (SPT), Studi Kasus : Dermaga Bitung, Sulawesi Utara. Jurnal Sipil Statik, 6(7), 491–500.

Yudi, H. 2021. Analisis Potensi Likuifaksi Berdasarkan Data SPT dan CPT (Studi Kasus Pembangunan Jalur KA Bandara New Yogyakarta International Airport). 1–148.

Published

2024-06-14
Abstract views: 20 , PDF Downloads: 19 , PDF Downloads: 6