Evaluasi Tingkat Pelayanan Jalan Pada Ruas Jalan Desa Gumawang Kecamatan Belitang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur

Authors

  • Gian Singgih Universitas Indo Global Mandiri
  • Sartika Nisumanti Universitas Indo Global Mandiri
  • Khodijah Al Qubro Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.26740/proteksi.v6n1.p39-44

Keywords:

Tingkat pelayanan jalan, Kapasitas jalan, Ruas jalan

Abstract

Ruas Jalan Desa Gumawang Kecamatan Belitang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur sebagai Jalan lintas Kota Terpadu Mandiri (KTM) dimana di sekitar daerah tersebut terdapat aktivitas pasar, dan pertokoan di sepanjang ruas jalan tersebut yang memiliki panjang kurang lebih 2 km. Ruas jalan ini sering mengalami kemacetan disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat dalam berkendara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan jalan menggunakan metode MKJI (1997). Dari hasil Analisa Nilai kapasitas dengan rumus Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 untuk ruas jalan Desa Gumawang Kabupaten Oku Timur pada titik AB sebesar 1927,363 smp/jam , sedangkan nilai kapasitas untuk ruas jalan Desa Gumawang Kabupaten Oku Timur pada titik CD sebesar 1969,262 smp /selai. Dari hasil penelitian juga dapat tingkat pelayanan ruas jalan Desa Gumawang Kabupaten Oku Timur pada titik AB dengan nilai rasio V/C = 0,26 termasuk dalam kategori tingkat pelayanan jalan arteri kelas B, sedangkan pelayanan tingkat ruas jalan Desa Gumawang Kabupaten Oku Timur pada titik CD dengan nilai rasio V/C = 0,12 termasuk dalam kategori tingkat pelayanan jalan arteri kelas A

Kata Kunci: Tingkat Pelayanan Jalan ; Kapasitas Jala ; , Ruas Jalan

References

Jalan di Wilayah Perkotaan No.010/T/BNKT/1990. Direktorat Jendral Bina Marha Direktorat Pembinaan Jalan Kota, Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum. 2005. Modul RDE – 10 : Perencanaan Geometrik Jalan.

Direktorat Jendral Bina Marga.1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta.

Firdaus, O. (2013). “Analisis Tingkat Pelayanan Jalan pada Ruas Jalan Utama Kota PangkalPinang”. FROPIL (Forum Profesional Teknik Sipil), 1(1), 55936. https://doi.org/10.33019/fropil.v1i1.255.

Poerwadarminta,W.J.S. 1993. Kamus Umum Bahasa Indonesia.

Nisumanti, S., & Krisna, E. 2020. “Evaluasi Kinerja Jalan Nasional Terhadap Karakteristik Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Nasional Kota Palembang”. Jurnal Tekno Global, 9(1). https://doi.org/10.36982/jtg.v9i1.108.

Ningrum, E. R. S., Nisumanti, S., & Qubro, K. A. 2023. “Evaluasi Kemacetan Lalu Lintas Di Ruas Jalan Doktor Muhammad Isa Kota Palembang”. Jurnal Deformasi, 8(1),45–57. https://doi.org/10.31851/deformasi.v8i1.9541

Syaputra, R. 2015. Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Jalan Nasional. Bandarjaya

Rahman, Abdul. 2016. “Analisis Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus : Jalan Waturenggong Di Kota Denpasar)”. Denpasar: Universitas Warmadewa - Jurusan Teknik Sipil, Denpasar.

Undang – Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan

Peraturan Menteri Perhubungan, (2006). Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan.

Widari, L. A., Akbar, S. J., & Fajar, R. (2021). “Analisis Tingkat Pelayanan Jalan (Studi Kasus Jalan Medan–Banda Aceh km 254+800 s.d km 256+700)”. TERAS JURNAL,5(2).https://doi.org/10.29103/tj.v5i2.11.

Published

2024-06-14
Abstract views: 15 , PDF Downloads: 8 , PDF Downloads: 4