Perhitungan Perencanaan Perkerasan Lentur Jalan Batas Kota Kediri – Nganjuk Menggunakan Metode MDPJ 2017

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26740/proteksi.v5n1.p36-43

Keywords:

Jalan, MDPJ 2017, perkerasan lentur

Abstract

Ruas Jalan Batas Kota Kediri - Nganjuk merupakan jalan penghubung antar kabupaten sekaligus sebagai jalur konektivitas antar wilayah. Ruas jalan batas Kota Kediri – Nganjuk menjadi jalan akses menuju Bandara Dhoho Kediri yang rencana beroperasi Juni 2023. Pelebaran jalan ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas masyarakat dan mendukung operasionalnya Bandara Dhoho Kediri, sehingga perlu adanya metode pelaksanaan yang tepat agar tercapainya target mutu, biaya, serta ketepatan waktu. Tujuan pengamatan ini yaitu untuk mengetahui perhitungan tebal perkerasan yang digunakan dalam pekerjaan pelebaran jalan batas Kota Kediri – Nganjuk, dan untuk mengetahui metode pelaksanaan pelebaran jalan yang dilakukan oleh Dinas PU Bina Marga Provinsi Jatim. Metode yang digunakan dalam perencanaan perkerasan lentur yaitu menggunakan metode Manual Desain Perkerasan Jalan (MDPJ 2017), dengan pengumpulan data melalui observasi, literatur, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan data LHR, diperoleh nilai CESA5 dengan umur rencana 10 tahun yaitu sebesar 19.401.953, maka nilai CESA5 berada diantara >10 – 30 juta, berdasarkan Bagan Desain 3B dan didapatkan struktur perkerasan FFF5 dengan ketebalan lapisan perkerasan yang akan digunakan pada perencanaan ruas jalan Batas Kota Kediri – Nganjuk, yaitu : AC WC = 40 mm; AC BC = 60 mm; AC Base = 145 mm ; LPA Kelas A = 300 mm

References

Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga. 2017. “Manual Desain Perkerasan Jalan”. Nomor.04/SE/DB/2017. Jakarta.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Direktorat Jenderal Bina Marga. 2018. “Spesifikasi Umum Bina Marga 2018 untuk Pekerjaan Jalan dan Jembatan (revisi 2)”. Jakarta Selatan.

A Faritzie, Hariman, Bahder Djohan, and Berri Wijaya. 2020. “Pengaruh Volume Kendaraan Terhadap Tingkatkerusakan Jalan Pada Perkerasan Lentur (Flexible Pavement)”. Jurnal Teknik Sipil 9(2):100–107.

Juarsyah, Muhammad, Dikpride Despa, and Trisya Septiana. 2022. “Pengawasan Pekerjaan Pelebaran Jalan Menuju Standar Ruas Kotabumi – Ketapang Di Kabupaten Lampung Utara”. Jurnal Rekayasa Lampung 1(3).

Ardiyana, Rima Rafisa, and Siswoyo Siswoyo. 2019. “Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Dan Anggaran Biaya Di Jalan Pare-Kediri Kota Kediri”. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Konstruksi 7(2):113–24.

Udiana, dkk. 2014. “Analisis Faktor Penyebab Kerusakan Jalan”. Jurnal Teknik Sipil 3(1):13–18.

Imam, Khairul, Sarwono Hardjomuljadi, and Mawardi Amin. 2022. “Pemilihan Penyedia Pekerjaan Konstruksi Oleh Pengguna Jasa Dengan Metode E-Purchasing Di Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta.” Jurnal Konstruksia 13(i):155–68.

Murniati, Sara, Teuku Farizal, and Dewi Purnama Sari. 2022. “Kajian Pelaksanaan Peningkatan Jalan Areal Tugu Parasamya Gampong Ujong Kalak Kabupaten Aceh Barat”. Jurnal Media Teknik Sipil Universitas Samudra Vol 3, No 2., November 2022.

Widayanti, A., Wibisono, R. E., & Sari, C. K. 2020. Tipe Kerusakan Jalan Provinsi dan Penentuan Skala Prioritas Penanganan di Kabupaten Lamongan. Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi), 2(2), 73-83.

Published

2023-06-21
Abstract views: 170 , PDF Downloads: 436 , PDF Downloads: 72