Perencanaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) UPT Laboratorium Kesehatan dan Kalibrasi Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah

Authors

  • Muhammad Iqbal Maulana Rusmadi Universitas Palangka Raya
  • Hendro Suyanto Universitas Palangka Raya
  • Allan Restu Jaya Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.26740/proteksi.v5n1.p7-12

Keywords:

IPAL, laboratorium, perencanaan

Abstract

Laboratorium merupakan wadah untuk membuktikan sesuatu yang harus dilakukan melalui suatu percobaan, yang menghasilkan limbah cair maupun limbah padat yang seharusnya diolah di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) terlebih dahulu sebelum dibuang kembali. Limbah yang tidak tertangani dengan baik akan mencemari lingkungan di sekitar Laboratorium tersebut. Laboratorium ini sudah memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang dibangun tahun 2021, namun pengolahan tidak optimal dikarenakan aliran debit air limbah di laborarotium terlalu rendah sehingga perlunya perencanaan ulang pada IPAL. Tahapan perencanaan ini meliputi pada analisis perhitungan air bersih, perhitungan air limbah yang dikeluarkan, perhitungan desain kapasitas Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), dan perhitungan rencana anggaran biaya. Dari hasil perencanaan didapat kapasitas Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sebesar 3 m3/hari, dilakukan perbandingan dengan kondisi eksisting, sedangkan untuk biaya yang telah direncanakan sebesar Rp.88.680.000,00 dengan perencanaan ini diharapkan hasil olahan dapat memenuhi standar baku mutu yang telah ditetapkan.

References

Anonim. 1996. Kriteria Perencanaan Pengelolaan Air. Ditjen. Cipta karya Dinas Pekerjaan Umum.

Anonim. 1996. Kriteria Perencanaan Pengelolaan Air. Ditjen. Cipta karya Dinas Pekerjaan Umum.

Anonim. 2017. Tata Cara Perencanaan Tangki Septik. SNI 2398-2017. Badan Standarisasi Nasional.

Arvin, E., P. Harremoes. “Concepts and Models For Biofilm Reactor Performance”. Water Science and Technology. Vol. 22, No. ½.P.171-192. 1990.

Herlambang, A, dkk. 2002. Teknologi Pengolahan Limbah Cair Industri. Jakarta Pusat: Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Noerbambang, SM, Morimura, T. 1993. Perancangan dan Pemeliharaan Sistem Plambing. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Todar, E. Y. T., Nomeritae, N., & Kamiana, I. M. (2021). Perubahan Parameter Hidrolis Pada Drainase Primer Dengan Dinding Alami Akibat Sampah Padat. Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi), 3(2), 71-76.

Said, INI, Wudayat, W. 2013. Teknologi Pengolahan air Limbah Rumah Sakit dengan Proses Biofilter Anaerob-aerob. Jakarta Pusat: Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Said, INI, Widayat, W. 2019. Teknologi dan Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah Domestik dengan Proses Biofilter Anaerob-Aerob. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Yenti, 2022. Evaluasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Rumah Sakit ST Carolus Jakarta. Depok : Jakarta.

Published

2023-06-21
Abstract views: 479 , PDF Downloads: 1874 , PDF Downloads: 82